Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Cirebon Sasar Kaum Perempuan

0
15

Cirebon,- Dalam rangka Pemilihan Umum tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon melakukan sosialisasi kepada Darma Wanita Kota Cirebon, yang berlangsung di Gedung PKK Kota Cirebon, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Selasa (8/1/2019).

Sosialisasi tersebut guna memperkenalkan jenis-jenis surat suara untuk Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta teknis lainnya.

Aston Hotel

Komisioner KPU Kota Cirebon yang juga Ketua Divisi Sosialisasi dan SDM, Dedi Khaerudi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan lima jenis surat suara, tata cara mencoblos dan pindah memilih sesuai syarat yang ditentukan.

1. Kenalkan 5 Jenis Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum Kota Cirebon memperkenalkan kepada ibu-ibu PKK Kota Cirebon terkait jenis-jenis surat suara untuk Pemilu tahun 2019.

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Seperti kita ketahui, Pemilihan Presiden tahun ini bersamaan dengan Pemilihan Legislatif untuk DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Dedi menjelaskan, 5 jenis surat suara dibedakan oleh warna, untuk surat suara berwarna Abu-abu untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Warna Kuning untuk memilih DPRD RI, surat suara Merah untuk memilih DPD RI, Biru untuk memilih DPRD Provinsi, dan Hijau untuk memilih DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Dedi.

2. Pemilih Wanita sangat Tinggi

Kegiatan sosialisasi yang menyasar kepada kaum perempuan, menurut Dedi, karena prestasi pemilih perempuan sangat tinggi.

Pada pelaksanaan Pilkada tahun yang lalu saja partisipasi perempuan sangat tinggi mencapai sekitar 116.603 pemilih dan laki-laki sekitar 113.843 pemilih.

“PKK ini terdapat 11 basis, salah satunya yakni disabilitas, perempuan, pemilih pemula, warga interner dan marjinal,” beber Dedi.

3. Partisipasi Pemilih di Kota Cirebon Ditargetkan 75 Persen

KPU RI dalam Pemilihan Umum tahun 2019 menargetkan partisipasi pemilih dalam skla nasional sebanyak 77,5 persen.

Namun, KPU Kota Cirebon menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum tahun 2019 ini sebesar 75 persen. Pada Pilkada tahun lalu, KPU Kota Cirebon menargetkan 72 persen.

“Kami ambil tengah-tengahnya dari target yang ditetapkan oleh KPU RI pada tahun 2019 ini,” ungkapnya.

“Dan, target 75 persen kami kira sangat realistis, namun kami masih akan terus melakukan sosialisasi secara masif ke 11 basis terutama,” imbuhnya.

4. Disambut Baik Penggerak PKK Kota Cirebon

Penggerak PKK Dharma Wanita Kota Cirebon menyambut baik dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Cirebon.

Ketua Tim Penggerak PKK Dharma Wanita Kota Cirebon, Win Mulyarti sangat mengapresiasi, karena sosialisasi ini dipandang perlu untuk kesuksesan Pemilihan Umum tahun 2019.

“ Secara teknis, kaum perempuan perlu mengetahui hal-hal Pemilihan nanti, agar partisipasi pemilih bisa meningkat,” tandasnya. (AC212)