Tingkatkan Minat Baca, Dispusip Kota Cirebon Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Cirebon,- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon menggelar perlombaan bercerita tingkat SD/MI se-Kota Cirebon, Senin (19/9/2022). Kegiatan lomba tersebut dalam rangka meningkatkan minat baca anak

Lomba bercerita yang diselenggarakan di Aula Dispusip Kota Cirebon, diikuti sebanyak 40 peserta. Pelaksanaan lomba bercerita tingkat SD/MI ini akan berlangsung selama empat hari, 19 – 22 September 2022.

Kepala Dispusip Kota Cirebon, DR. H. Jaja Sulaeman, M.Pd, menjelaskan aktivitas bercerita kemungkinan anak akan membaca terlebih dahulu. Setelah membaca, kemudian anak menyampaikan pokok pikiran melalui bercerita.

BACA YUK:  Sambil Survey Harga Komoditi, DKUKMPP Kota Cirebon Hadirkan Program Berbagi

“Hal ini dinilai efektif untuk menggugah minat baca anak sejak usia dini,” ujarnya.

Pihaknya juga mendorong agar anak selalu dikenalkan dengan aktivitas membaca, tidak hanya untuk orang tua di rumah melainkan di lingkungan sekolah juga harus diberi rangsangan agar mereka mau membaca.

“Di lingkungan rumah, orang tua juga perlu mengajak dan mengenalkan anak dengan membaca. Barangkali di sekitar rumah ada pojok membaca. Hal serupa di sekolah, ada perpustakaan,” jelasnya.

Selain meningkatkan minat baca, kata Jaja, lomba bercerita juga sebagai ajang bagi pelajar untuk berprestasi. Sebuah reward atau penghargaan, menurut Jaja, bagi pelajar juga ini sangat penting.

BACA YUK:  Metland Hotel Cirebon Hadirkan Minuman Kombucha, ini Khasiatnya

“Selama ini tim Perpustakaan 400 juga kerap berkeliling menyambangi ke sejumlah sekolah. Selain mengajak anak-anak suka membaca, tim juga melakukan koordinasi dengan pihak sekolah terkait minat baca anak,” tuturnya.

Pada lomba bercerita ini, peserta akan dinilai oleh tiga juri. Penguasaan materi dan panggung, teknik bercerita dan lainnya. Tiga juri tersebut akan menilai penampilan setiap anak. (HSY)

(Dilihat: 33 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.