Tingkatkan Literasi Digital, PNM Cabang Cirebon Gelar PKU Akbar

Cirebon,- Permodalan Mardani Nasional (PNM) cabang Cirebon menggelar program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar di Convention Hall Universitas Muhammadiyah Cirebon, Kamis (13/7/2023). Kegiatan tersebut diikuti seribu nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Dengan tema “Nabung Lan Digitalisasi Hade, Langka Padane” itu bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan membantu masyarakat untuk menghadapi tantangan ekonomi di era digital. Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Kepala PNM Cabang Cirebon, Wakil Bupati Cirebon, Perwakilan Pegadaian, BRI, dan tamu undangan lainnya.

Kepala PNM Cabang Cirebon, Muhammad Komar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pelatihan agar nasabah PNM Mekaar ini melek terhadap digitalisasi. Sekaligus dikolaborasikan dengan BRI dan Pegadaian sebagai satu kesatuan dari folding.

BACA YUK:  Tawarkan Program UMKM dan Pendidikan, Anton Octavianto Blusukan di Kelurahan Larangan

“Acara ini dihadiri oleh seribu nasabah PNM Mekaar di wilayah Kabupaten Cirebon. Dari kegiatan ini kami ingin meningkatkan literasi dan membantu nasabah menghadapi tantangan ekonomi digital,” ujar Komar.

Sampai semester pertama di tahun 2023, kata Komar, nasabah PNM Cabang Cirebon mengalami peningkatan yang cukup baik. Dimana, jumlah nasabah PNM Cabang Cirebon sudah mencapai 270 ribu nasabah.

“Alhamdulillah sampai saat ini di PNM Cabang Cirebon ini terjadi peningkatan untuk penambahan nasabah. Sekarang kita sudah menembus 270 ribu nasabah yang meliputi wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan,” katanya.

PKU, kata Komar, merupakan wujud nyata pemberdayaan kepada pelaku usaha ultra mikro dan kecil. PNM selalu membuka diri untuk berkolaborasi dengan pihak eksternal dan juga pemerintah, sehingga kolaborasi itu bisa terus berkembang dan UMKM bisa naik kelas.

BACA YUK:  Tinjau Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024, Pj Wali Kota Cirebon Sebut Prioritas

“PNM memiliki dua produk unggulan yaitu ULaMM yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku Usaha Ultra Mikro,” jelasnya.

PNM tambah Komar akan terus berkomitmen dan mendorong percepatan bagi pengembangan usaha mikro, mikro dan kecil untuk bisa naik kelas. Termasuk sinergi dan Kolaborasi dengan BRI dan Pegadaian, sehingga akan mempercepat perkembangan ekonom kerakyatan dan memberikan layanan yang lengkap, serta terintegrasi.

Untuk di Kabupaten Cirebon, menurut Komar, nasabah PNM Mekaar sudah mencapai 177 ribu yang tersebar di 49 unit. Artinya hampir disetiap Kecamatan di Kabupaten Cirebon terdapat nasabah PNM Mekaar.

BACA YUK:  Ketua DPRD Kota Cirebon Ingatkan Pemda Soal Kelayakan Infrastruktur Jalan

“Kami berharap dengan kegiatan PKU ini dapat memberikan pengetahuan terhadap nasabah terkait digitalisasi. Sehingga nantinya, kegiatan usaha mereka akan berkembang dan kesejahteraan nasabah akan meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon, Hj, Wahyu Tjiptaningsih menyambut baik dengan adanya program PKU dari PNM Cabang Cirebon. Pihaknya juga berharap PNM Cabang Cirebon bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

“Agar masyarakat Kabupaten Cirebon bisa lebih maju, lebih sejahtera lagi. Mudah-mudahan nasabah yang hadir ini menjadi ibu-ibu yang hebat, maju, mandiri dan tangguh,” singkatnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *