Tingkatkan Kompetensi Bidan dan Perawat, RS Sumber Kasih Gelar Seminar Pijat Medik Pediatric

Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon bersama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Cirebon menggelar seminar. Dengan mengangkat tema Pengenalan Pijat Medik Pediatric, kegiatan berlangsung di Swiss-Belhotel Cirebon, Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon, Sabtu (18/6/2022).

Seminar pengenalan Pijat Medic Pediatric dibahas tuntas oleh dr. Jaya Sjamsoedin, beliau merupakan seorang praktisi Akupuntur. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bidan dan Perawat dari wilayah III Cirebon, pesertanya begitu antusias mencapai 200 peserta.

Direktur RS Sumber Kasih dr. Lucia Dewi Puspitasari, MM mengatakan kegiatan seminar ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap sesama tenaga kesehatan, dalam hal ini bidan dan perawat untuk bisa meningkatkan kompetensi terkait tema yang jarang di kupas yakni Pijat Medic Pediatric.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Cirebon, Bulan Mei - Juni 2022

“Mudah-mudahan tema yang kita angkat ini bisa menjadi sebuah teori ataupun ilmu yang bermanfaat untuk kawan-kawan. Ini juga sebagai sporting therapy untuk diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari,” ujar Lucia kepada About Cirebon.

Seminar Pijat Medic Pediatric, kata Lucia, ber-SKP baik itu IDI maupun PPNI. Sehingga, bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan untuk kepentingan perpanjangan STR (Surat Tanda Registrasi).

“Peserta seminar ini diikuti oleh Bidan dan Perawat se-Wilayah III Cirebon, memang terbatas karena keterbatasan tempat. Dan kami akan melakukan secara rutin dan reguler, sehingga bisa bergantian para perawat dan bidan untuk mengikuti kegiatan seperti ini,” katanya.

Pihaknya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan seperti ini bisa memberikan arti lebih kehadiran RS Sumber Kasih dimata masyarakat. Sehingga, kami bukan hanya menjadi tempat pelayanan kesehatan semata, tapi menjadi salah satu sahabat keluarga bagi semua lapisan.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Ajak Warga Jaga Pola Hidup Sehat

“Dengan silaturahmi yang baik, tentunya hubungan kinerja antara teman-teman sejawat, bidan, dan perawat bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Ditempat yang sama, Yeni Fitrianingsih SST M.Kes, Ketua IBI Kota Cirebon sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang digagas oleh RS Sumber Kasih dengan mengangkat tema Pijat Medik Pediatric. Menurutnya, tema ini sangat bermanfaat bagi para bidan, karena para bidan ini menjadi ujung tombak dari pelayanan kesehatan dasar.

“Sehingga dengan tema ini, para bidan sebelum merujuk ke rumah sakit mungkin bisa menangani ini dengan tepat,” ujarnya.

BACA YUK:  Tingkatkan Kinerja Outlet, Telkomsel Apresiasi Mobil Kepada Outlet

Sementara itu Praktisi Akupuntur yang menjadi pembicara pada seminar, dr Jaya Syamsudin menuturkan bahwa Pijat Medik Pediatric bukanlah ilmu baru, dimana pijat ini dikenal oleh kita sebagai tenaga Paraji yang sudah ada sejak zaman dahulu secara turun temurun.

Hanya saja, kata dr Jaya, di Indonesia belum terstruktur menjadi sebuah ilmu. Sehingga saat ini, kata Jaya, sistem pijat ini sudah diuji dan dipastikan aman untuk menangani pasien.

“Bukan ilmu baru, sudah lama, di Jabar, para dukun pijat sudah melaksanakan, cuma tidak terorganisir dan terstruktur. Sedangkan Medik Pediatric ini, sudah terstruktur, dan caranya diseragamkan, fungsinya, selain untuk kesehatan anak dan bayi secara umum, juga menghadapi persoalan bayi sehari-hari, seperti demam,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 16 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.