Tingkatkan Kebudayaan Cirebon, Disbudpar Siapkan Program Sedina Nyerbon

Cirebon,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon akan menghadirkan program Sedina Nyerbon atau sehari Nyerbon. Program tersebut sebagai implementasi dari visi misi Pemerintah Kota Cirebon, yang mewujudkan kota kreatif berbasis budaya dan sejarah.

Kepala Disbudpar Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tengah menyiapkan program untuk mengimplementasikan visi misi Kota Cirebon yang kreatif berbasis budaya dan sejarah. Bagaimana, lanjut Agus, visi misi itu secara kasat mata bisa terlihat dan secara rasa bisa dirasakan.

BACA YUK:  Semarak HUT Republik Indonesia ke-77, Aston Bogor Menyajikan Hidangan Khas Nusantara

“Kami sedang mempersiapkan salah satu program yang namanya Sedina Nyerbon. Program ini, akan dimulai dari institusi di lingkungan Pemerintah Daerah seperti dinas-dinas dan sekolah,” ujar Agus kepada About Cirebon, Rabu (11/5/2022).

“Program Sedina Nyerbon ini, ada satu hari dalam seminggu yang semua kita menggunakan bahasa Cirebon dan juga menggunakan kostum khas Cirebon,” tambah Agus.

Tahap sampai ke arah sana, kata Agus, sedang disusun perencanaan untuk beberapa riset dan FGD (Focus Group Discussion) dengan mengundang tokoh profesional akademisi, maupun budayawan.

BACA YUK:  Kunjungan Kerja Wali Kota Bontang ke Kota Cirebon, ini Tujuannya

“Sehingga mudah-mudahan, secara lambat laun bisa mengedukasi dan bisa meningkatkan kebanggaan warga Cirebon terhadap budayanya. Itu sangat tercermin dari aktivitas keseharian seperti berkomunikasi,” ungkapnya.

Terkait detail pelaksanaan maupun kostum yang digunakan nanti, Agus menambahkan, perlu membutuhkan pembahasan yang cukup panjang. Tetapi, program ini harus dimulai dari sekarang.

“Ini program percepatan yang kami sodorkan kepada pimpinan daerah, yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata. Ini memang belum tercover di program Renja (Rencana Kerja) tahun 2022 maupun 2023,” kata Agus.

BACA YUK:  Mulai Rabu Malam, Jalan Siliwangi Kota Cirebon Ditutup Sementara

“Tetapi, program ini bagian dari sebuah percepatan pencapaian visi misi Pemerintah Daerah Kota Cirebon. Dan kita harus mulai dari sekarang, jadi tahun 2023 bisa kita implementasikan,” pungkasnya. (HSY)

(Dilihat: 85 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.