Tingkatkan Imunitas, DKPPP Kota Cirebon Berikan Vitamin untuk Hewan Ternak

Cirebon,- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon melakukan pelayanan rutin kesehatan hewan di salah satu peternakan di Jalan Pramuka, Kota Cirebon, Selasa (24/5/2022). Pelayanan kesehatan ini, untuk meningkatkan tingkat imunitas hewan.

Dalam pelayanan kesehatan rutin tersebut, DKPPP Kota Cirebon memberikan vitamin dan juga obat cacing kepada semua hewan ternak sapi. Selain itu, pelayanan kesehatan hewan ini juga untuk mengantisipasi adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Sub Koordinator Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon, Kukuh Gunatama mengatakan pelayanan kesehatan hewan ini rutin dilakukan oleh DKPPP Kota Cirebon. Layanan ini, lanjut Kukuh, untuk meningkatkan imunitas pada hewan.

BACA YUK:  Sosialisasi Keadaan Perairan Cirebon kepada Pemangku Kepentingan

“Kita memberikan obat cacing dan juga vitamin kepada semua hewan ternak. Dari hasil pantauan, hewan yang ada di peternak Pak Hamid ini semuanya sehat,” ujar Kukuh kepada About Cirebon.

Selain itu, kata Kukuh, pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap dua peternakan di Kota Cirebon untuk mengantisipasi wabah PMK. Dari hasil pengecekan yang dilakukan, tidak ditemukan atau negatif dari wabah PMK.

“Dari hasil pemeriksaan di dua peternakan di Kota Cirebon, tidak ditemukan atau negatif dari wabah PMK,” katanya.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling P3DW Ciledug Kabupaten Cirebon, 4 Juli - 9 Juli 2022

Menurut Kukuh, menjelang idul adha ada prosedur-prosedur yang dilakukan sesuai dengan surat edaran Kementerian Pertanian. Selain itu, DKPPP Kota Cirebon juga sudah mengeluarkan surat edaran.

“Dalam surat edaran tersebut, proses penerimaan hewan dari daerah asal itu harus atau wajib disertai dengan SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan). Kami juga sementara ini menolak untuk menerima hewan dari asal wabah,” beber Kukuh.

“Dan kita juga memberikan sosialisasi kepada peternak untuk selalu melaksanakan pembersihan kandang hewan dengan cara memberikan kandang dan diberikan cairan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran wabah PMK,” sambungnya. (HSY)

BACA YUK:  Gali Informasi Upah Tenaga Perawat, Komisi III DPRD Kota Cirebon Fasilitasi Mahasiswa ke Direksi RSD Gunung Jati
(Dilihat: 61 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.