Tingkatkan Ekonomi Warga, BUMDes Desa Dawuan Hadirkan Saung Beringin

Cirebon,- Saung Beringin yang terletak di Jalan Pahlawan – Dawuan, Desa Dawuan, Kecamatan Tengah Tani tepatnya depan Kantor Kecamatan Tengah Tani resmi dibuka, Jumat (1/7/2022) malam. Dengan mengusung konsep Tradisional Kekinian ini memiliki tempat yang Instagrammable.

Sesuai dengan namanya, Saung Beringin berada di bawah pohon beringin. Selain itu, pengunjung yang datang disuguhkan juga dengan pemandangan sawah di sampingnya.

Ir. H. Bastoni, S.Pt., M.Sc., IPM, pemilik Saung Beringin mengatakan Saung Beringin ini seperti food court dengan konsep tradisional, kekinian dan instagrammable. Terdapat berbagai menu makanan tradisional dan kekinian yang ditawarkan di Saung Beringin.

BACA YUK:  Harga Merakyat, Warung Titik Kumpul Cirebon Sediakan Masakan Khas Indonesia

“Saung Beringin ini seperti food court, kios-kios yang ada kita sewakan kepada warga Desa Dawuan. Tujuannya untuk pemulihan ekonomi dan meningkatkan ekonomi warga sekitar,” ujar Bastoni kepada About Cirebon.

Saung Beringin ini, kata Bastoni, dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Berkah Maju Bersama Desa Dawuan, Kecamatan Tengah Tani. Terdapat 6 kios yang diisi oleh warga sekitar.

“Kios disini ada 6, satu untuk kios minuman dan lima untuk makanan. Setiap kiosnya tidak boleh menjual makanan yang sama. Jadi setiap kios memiliki makanan yang berbeda-beda tidak boleh sama dengan yang lainnya,” katanya.

BACA YUK:  Shafira Kenalkan Busana Terbaru Khusus Umroh di Cirebon

Menu-menu yang tersedia di Saung Beringin ini bervariasi, mulai dari ayam goreng, ayam bakar, docang, ketoprak, aneka rujak tradisional, mie ayam, baso, nasi goreng, sosis bakar, mie goreng, hingga burger.

“Jadi menu yang ditawarkan ada menu-menu tradisional dan menu kekinian,” jelasnya.

Setiap hari, Saung Beringin buka dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Soal harga, menu-menu yang ditawarkan sangat kompetitif dan sangat terjangkau untuk semua kalangan, sehingga bisa menjadi daya tarik khususnya di Cirebon.

Terkait penamaan ‘Saung Beringin, menurut Bastoni, kebetulan di area saung ini memiliki pohon beringin. Sehingga dengan penamaan Saung Beringin ini bisa dikenal luas.

BACA YUK:  Program Literasi Budaya dan Profesi Kota Cirebon Bisa Jadi Gambaran Cita-Cita Anak

Pihaknya berharap dengan hadirnya Saung Beringin, bisa meningkatkan ekonomi warga sekitar. Apalagi tempat tersebut bisa sebagai tempat sarana keluarga. (HSY)

(Dilihat: 1.747 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.