Tingkat Hunian Hotel di Kota Cirebon Pada Libur Natal dan Tahun Baru Alami Peningkatan

Cirebon,- Tingkat hunian hotel atau okupansi pada Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kota Cirebon mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki mengatakan okupansi hotel pada periode libur natal dan tahun baru 2019 lebih baik dibanding tahun 2018 yang lalu.

“Terlihat dari tamu-tamu pariwisata yang datang ke Cirebon semakin meningkat,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Hotel Grand Tryas, Jalan Tentara Pelajar Kota Cirebon, Jumat (27/12/2019).

Lanjut Kiki sapaan akrabnya menjelaskan bahwa kenaikan okupansi terjadi sebelum Hari Natal, hari Natal dan sampai hari ini okupansi hotel rata-rata 80 sampai 90 persen.

BACA YUK:  Prakiraan Cuaca Kota Cirebon, 17 Mei 2022

“Insyaallah sampai akhir tahun, okupansi bisa di atas 80 sampai 90 persen. Bahkan hari ini sampai Sabtu dan Minggu besok reservasi dari hotel-hotel di Kota Cirebon sudah diangka 70 persen dan mudah-mudahan sampai tahun baru bisa mencapai 100 persen,” harapnya.

Menurut Kiki, hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Cirebon ada 25 hotel. Hotel yang tergabung dalam PHRI berharap untuk Kota Cirebon yang sedang dijadikan pariwisata unggulan di Jawa Barat bisa menghadirkan kalender event di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Saung Raos, Warung Makan Khas Sunda di Tengah Kota Cirebon

“Jadi, dampak pariwisata ini sangat besar, bukan saja untuk hotel, tetapi bisa kuliner, batik, hingga UMKM yang memang berjualan oleh-oleh. Sehingga di tahun depan Kota Cirebon bisa lebih memfokuskan pariwisata,” ungkapnya.

“Bisa jauh lebih mengembangkan lagi terutama kalender event. Karena itu yang bisa kami bantu jual kepada para tamu adalah event. Dari kalender event ini tamu-tamu bisa memprediksi event-event yang ada di Kota Cirebon,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Hotel Santika Cirebon, Suhardianto saat ditemui About Cirebon secara terpisah mengatakan bahwa okupansi libur natal dan tahun baru kali ini lebih baik.

BACA YUK:  Kopi Gincu Hadirkan Sabyan untuk Menghibur Pengunjung

“Dibanding tahun lalu, okupansi tahun ini lebih bagus pada tahun ini. Kalau dibandingkan dengan Desember tahun lalu, tahun ini ada peningkatan sampai 20 persen,” ujarnya.

Lanjut Suhardianto, pada bulan Desember 2019 kamar di Hotel Santika Cirebon sudah terisi penuh sejak tanggal 16 hingga 31 Desember 2019.

“Kalau tahun lalu, pada periode tanggal yang sama, masih ada kamar kosong. Tapi Desember tahun ini sudah penuh,” tandasnya. (AC212)

(Dilihat: 23 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.