Tiket KA Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Daop 3 Cirebon Tambah 8 Perjalanan

Cirebon,- Perjalanan  menggunakan moda transportasi kereta api masih menjadi  primadona pada masa angkutan lebaran tahun 2019, hal tersebut terbukti dengan habisnya kereta api favorit untuk mudik untuk keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya.

Sedangkan untuk arus balik, keberangkatan H2+2 dan H2+3 lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik.

1. 50 Kereta Api Tambahan Lebaran

Kuswardojo, Manager Humas Daop 3 Cirebon mengatakan untuk pejualan tiket kereta api tambahan angkutan lebaran sudah mulai dijual hari ini (6/4) dari pukul 00.01 WIB dini hari.

“Secara nasional PT. KAI menjalankan 50 kereta api tambahan lebaran dengan total seat tersedia sebanyak 29.456 seat kereta api tambahan,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Stasiun Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (6/4/2019).

Lanjut Kuswardojo, kereta api tambahan tersebut disediakan untuk berbagai rute favorite masyarakat seperti dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

BACA YUK:  Ribuan Masyarakat Hadiri Cirebon Bersholawat dan Haul Syekh Syarif Hidayatullah

2. KA Tambahan Daop 3 Cirebon

Sementara itu, lanjut Kuswardojo, dari total 50 kereta api tambahan lebaran secara nasional, untuk keberangkatan dari Daop 3 Cirebon melayani penjualan tiket 4 kereta api tambahan atau 8 perjalanan.

“Dari empat kereta api tambahan, Daop 3 Cirebon saja menyiapkan sebanyak 3.820 seat,” terangnya.

Kuswardojo memaparkan, daftar kereta api tambahan lebaran dari Daop 3 Cirebon diantaranya dua KA Argojati Fakultatif relasi Gambir – Cirebon sebanyak 800 seat.

Kemudian dua KA Argojati tambahan relasi Gambir-Cirebon sebanyak 900 seat, dua KA Cirebon Ekspres Fakultatif relasi Gambir-Cirebon sebnyak 1.080 seat, dan dua KA Cirebon Ekspres Fakultatif relasi Pasar Senen-Cirebon sebanyak 1.040 seat.

BACA YUK:  Test Driver All New Ertiga Hybrid Telusuri Jalur Cirebon - Kuningan

3. Diperediksi 2-3 Hari Kedepan

KA tambahan lebaran 2019, kata Kuswardojo, dari data yang didapat sampai saat ini masih belum begitu banyak yang terjual, karena memang baru saja dibuka pada 00.01 WIB.

“Untuk mekanismenya pun, apabila satu jam tidak segar dibayar, maka tiket tersebut akan terlepas sendiri,” terangnya.

Sementara itu, untuk mekanisme pembelian tiket KA tambahan angkutan lebaran sama seperti pembelian tiket reguler, bisa dibeli di chanel-chanel resmi PT. KAI ataupun melakui aplikasi KAI Access.

Menurut Kuswardojo, prediksi tiket KA tambahan angkutan lebaran biasanya diprediksi akan habis dua sampai tiga hari.

Sehingga, Kuswardojo menyarankan kepada calon pengguna jasa kereta api agar mengatur jadwal keberangkatan seefesien mungkin.

4. Arus Balik Lebaran Lebih Banyak Terjual

Perjalanan reguler kereta api yang melintas di Daop 3 Cirebon menurut Kuswardojo ada 94 perjalanan kereta api penumpang dengan seat rata-rata dalam satu hari sebanyak 6.500.

BACA YUK:  Kapolda NTB, YTBN, dan Bupati Lombok Barat Resmikan Fasilitas Air Bersih Untuk Masyarakat Dusun Aik Mual

“Kalau dihari-hari biasa saja, Daop 3 Cirebon menjual rata-rata sebanyak 3.500 sampai 4.000 seat dalam satu hari,” jelasnya.

Sedangkan untuk tiket KA angkutan lebaran 2019, khususnya tiket arus mudik ke Daop 3 Cirebon sudah terjual 65 persen dari total seat yang disediakan.

“Untuk tiket arus baliknya justru lebih banyak terjual. Jadi untuk H2+2 hingga H2+7 tiket itu sudah terjual habis sekitar 76 persen, dimana pada umumnya ke arah Jakarta dan Bandung,” jelasnya.

5. Meningkat 8 persen

Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Seat tersebut dijual mulai 6 April dini hari.

“Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan,” tandas Kuswardojo. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.