Rabu, 19 Januari 2022

Tiket KA Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Daop 3 Cirebon Tambah 8 Perjalanan

Populer

Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi...

Awal Tahun, Manulife Mulia Putri Agency Mulai dengan Peduli Dunia Pendidikan

Cirebon,- Awal tahun, Manulife Mulia Putri Agency menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan paket sembako. Bantuan itu diberikan kepada...

Tiga Prodi Memulai Kegiatan Perkuliahan di Kampus ITB Cirebon

Cirebon,-:Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), telah memulai program multikampus sebagai wujud pengembangan institusi...

Polresta Cirebon Berkomitmen Menindak Tegas Geng Motor yang Meresahkan Masyarakat

Cirebon,- Seluruh jajaran Polresta Cirebon berkomitmen keras untuk pemberantasan geng motor di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal ini dilakukan untuk...

TPID Kota Cirebon Akan Gelar Pasar Murah Pekan 18 – 20 Januari 2022

Cirebon,- Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon akan menggelar operasi pasar murah. Rencananya, operasi pasar murah akan berlangsung...

Cirebon,- Perjalanan  menggunakan moda transportasi kereta api masih menjadi  primadona pada masa angkutan lebaran tahun 2019, hal tersebut terbukti dengan habisnya kereta api favorit untuk mudik untuk keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya.

Sedangkan untuk arus balik, keberangkatan H2+2 dan H2+3 lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik.

1. 50 Kereta Api Tambahan Lebaran

Loading...

Kuswardojo, Manager Humas Daop 3 Cirebon mengatakan untuk pejualan tiket kereta api tambahan angkutan lebaran sudah mulai dijual hari ini (6/4) dari pukul 00.01 WIB dini hari.

“Secara nasional PT. KAI menjalankan 50 kereta api tambahan lebaran dengan total seat tersedia sebanyak 29.456 seat kereta api tambahan,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Stasiun Kejaksan, Kota Cirebon, Sabtu (6/4/2019).

Lanjut Kuswardojo, kereta api tambahan tersebut disediakan untuk berbagai rute favorite masyarakat seperti dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

BACA YUK:  Bea Cukai Cirebon Musnahkan Ratusan " Alat Mainan "

2. KA Tambahan Daop 3 Cirebon

Sementara itu, lanjut Kuswardojo, dari total 50 kereta api tambahan lebaran secara nasional, untuk keberangkatan dari Daop 3 Cirebon melayani penjualan tiket 4 kereta api tambahan atau 8 perjalanan.

“Dari empat kereta api tambahan, Daop 3 Cirebon saja menyiapkan sebanyak 3.820 seat,” terangnya.

Kuswardojo memaparkan, daftar kereta api tambahan lebaran dari Daop 3 Cirebon diantaranya dua KA Argojati Fakultatif relasi Gambir – Cirebon sebanyak 800 seat.

Kemudian dua KA Argojati tambahan relasi Gambir-Cirebon sebanyak 900 seat, dua KA Cirebon Ekspres Fakultatif relasi Gambir-Cirebon sebnyak 1.080 seat, dan dua KA Cirebon Ekspres Fakultatif relasi Pasar Senen-Cirebon sebanyak 1.040 seat.

3. Diperediksi 2-3 Hari Kedepan

KA tambahan lebaran 2019, kata Kuswardojo, dari data yang didapat sampai saat ini masih belum begitu banyak yang terjual, karena memang baru saja dibuka pada 00.01 WIB.

BACA YUK:  Persiapan Hadapi Dunia Kerja, Mahasiswa Politeknik Pariwisata Prima Internasional Dibekali Praktek Integrated

“Untuk mekanismenya pun, apabila satu jam tidak segar dibayar, maka tiket tersebut akan terlepas sendiri,” terangnya.

Sementara itu, untuk mekanisme pembelian tiket KA tambahan angkutan lebaran sama seperti pembelian tiket reguler, bisa dibeli di chanel-chanel resmi PT. KAI ataupun melakui aplikasi KAI Access.

Menurut Kuswardojo, prediksi tiket KA tambahan angkutan lebaran biasanya diprediksi akan habis dua sampai tiga hari.

Sehingga, Kuswardojo menyarankan kepada calon pengguna jasa kereta api agar mengatur jadwal keberangkatan seefesien mungkin.

4. Arus Balik Lebaran Lebih Banyak Terjual

Perjalanan reguler kereta api yang melintas di Daop 3 Cirebon menurut Kuswardojo ada 94 perjalanan kereta api penumpang dengan seat rata-rata dalam satu hari sebanyak 6.500.

“Kalau dihari-hari biasa saja, Daop 3 Cirebon menjual rata-rata sebanyak 3.500 sampai 4.000 seat dalam satu hari,” jelasnya.

Sedangkan untuk tiket KA angkutan lebaran 2019, khususnya tiket arus mudik ke Daop 3 Cirebon sudah terjual 65 persen dari total seat yang disediakan.

“Untuk tiket arus baliknya justru lebih banyak terjual. Jadi untuk H2+2 hingga H2+7 tiket itu sudah terjual habis sekitar 76 persen, dimana pada umumnya ke arah Jakarta dan Bandung,” jelasnya.

BACA YUK:  Beginilah Cara Sally Giovanny Dalam Memaknai Hari Ibu

5. Meningkat 8 persen

Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat KA tambahan per hari. Seat tersebut dijual mulai 6 April dini hari.

“Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan,” tandas Kuswardojo. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Forum Pengada Layanan Apresiasi Atas Diresmikan RUU TPKS

Cirebon,- DPR RI resmi menetapkan Rancangan Undang-undang (RUU) TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual) yang menjadi inisiator DPR. Dengan diresmikan...

Dua Hari ke Depan Vaksinasi Anak di Kota Cirebon Tercapai

Cirebon,- Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. Bariza Sulfi meninjau langsung vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Cirebon. Kegiatan vaksinasi dengan tema vaksinasi merdeka...

Pemkot Cirebon Targetkan Vaksin Anak Selesai Sebelum Akhir Januari 2022

Cirebon,- Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon meminta rumah sakit untuk melakukan kesiapsiagaan. Vaksinasi Covid-19 juga terus digenjot khususnya untuk anak...

Komitmen Dukung Gerakan Zakat, Wali Kota Cirebon Terima Penghargaan Baznas Award 2022

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H. dianugerahi penghargaan Baznas Award 2022 pada kategori Kepala Daerah Pendukung Gerakan Zakat Indonesia. Penganugerahan tersebut diberikan...

More Articles Like This