Tidak Memenuhi Persyaratan Vaksin Petugas dan Penumpang KA Berselisih, ini Kronologisnya

Cirebon,- Sejak 3 Agustus 2022, seluruh pengguna jasa Kereta Api (KA) usia 18 tahun ke atas diwajibkan sudah melakukan vaksin ketiga atau booster. Sedangkan untuk usia 6 – 17 tahun wajib sudah melakukan vaksinasi kedua.

Jika belum melakukan vaksin karena alasan medis maka pengguna wajib memiliki surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang ditunjukan saat pemeriksaan tiket di Stasiun keberangkatan. Persyaratan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

Perihal ramainya video penumpang KA yang yang berselisih dengan petugas terkait belum melakukan vaksinasi booster dan memaksa naik pada hari Jumat (10/3/2023) di Stasiun Pegadenbaru, pihak KAI Daop 3 Cirebon membenarkan dan memberikan penjelasan

BACA YUK:  Hindari Pemalsuan, Polri Akan Pasang Chip dan QR Code di Plat Nomor Kendaraan

“Terkait kejadian di Stasiun Pegadenbaru itu benar. Kejadian pada hari Jumat (10/3/2023) di Stasiun Pegadenbaru sekitar pukul 22.00 WIB oleh penumpang KA Airlangga tujuan Pasar Senen,” ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Ayep Hanapi, Senin (13/3/2023).

Saat itu ada tiga penumpang yang akan naik kereta api Airlangga. Satu penumpang laki-laki dewasa memiliki vaksin ketiga, kedua penumpang wanita dewasa baru melakukan vaksinasi kedua, dan ketiga penumpang di bawah umur 12 tahun belum melakukan vaksin.

“Penumpang wanita ini belum memenuhi persyaratan perjalanan KA. Intinya petugas boarding ini menyampaikan bahwa tidak bisa naik KA Airlangga tersebut, sehingga petugas menyarankan untuk membatalkan tiket tersebut, karena masih ada waktu,” kata Ayep.

BACA YUK:  Indomilk Gelar Coffeepreneur, Ajang Dukung Ekonomi Kreatif dan UMKM Lebih Berkelanjutan

Tetapi, tambah Ayep, penumpang tersebut memaksa naik KA akhirnya terjadi cekcok antara petugas boarding di Stasiun Pegadenbaru dengan penumpang. Atas kejadian tersebut, pihak KAI memohon maaf atas ketidaknyamanannya.

“Kami mohon maaf dengan kejadian tersebut dan ketidaknyamanan atas pelayanan petugas yang kurang menyenangkan. Kami akan melakukan pembinaan kembali kepada petugas atau security agar penyampaian aturan kepada penumpang bisa lebih humanis,” tambahnya.

Menurut Ayep, persyaratan perjalanan berdasarkan kelengkapan data vaksin, saat ini menjadi syarat yang wajib dipenuhi oleh calon pengguna jasa kereta ppi. Oleh karena itu, pihaknya menghimbau kepada calon pengguna jasa KA untuk memperhatikan persyaratan.

BACA YUK:  Inilah Daftar Harga Ice Cream Mixue Cabang Sindang Laut Cirebon

“Seluruh calon pengguna jasa KA yang akan membeli tiket dan akan berangkat juga dihimbau agar memperhatikan kembali persyaratan terbaru yang tercantum pada ketentuan saat akan melakukan proses transaksi tiket. Bagi pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan diarahkan untuk melakukan pembatalan tiket di loket stasiun,” pungkas Ayep. (HSY)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *