Tergerus Aliran Sungai Ciwaringin, 6 Rumah Dikosongkan Hindari Longsor

Cirebon – Sebanyak 6 rumah warga RT 02/01 Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon rusak akibat tergerus aliran sungai Ciwaringin.

Menurut Didi (45) menceritakan, tanah bergerak sudah sering terjadi, bahkan menjadi kewaspadaan masyarakat setiap tahun, ketika musim hujan.

“Sekitar ada 6 rumah, tapi sebagian masih tanda-tandanya saja, ada yang sudah ambruk, tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya,” tambahnya, Senin (07/03/2022).

Dari 6 rumah yang ambruk tercatat 7 KK yang menghuni rumah tersebut. Saat kejadian berlangsung warga sudah lebih dulu mengungsi.

BACA YUK:  1 – 8 Juni 2022, Gegesik Creartive Fest Digelar di Alun-alun Gegesik

“Tidak ada korban jiwa, karena sudah ada tanda-tanda seminggu sebelumnya, sekarang penguhi rumahnya mengungsi ke rumah saudara masing-masing,” jelasnya.

Kuwu Ciwaringin, Wawan Kurniawan, menambahkan tanah bergeser sudah sering dikeluhkan warganya.

“Sejak saya belum jadi kuwu juga disini permasalahannya itu tanah bergeser, sempat meminta kepada kuwu yang lama untuk diberi penyanggah, tapi tidak terealisasikan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan mengupayakan pemindahan rumah yang layak untuk warganya.

“Kalo dilihat, kerugiannya sekitar 600 jutaan per rumah, kalo dari desa sedang diupayakan untuk memindahkan keluarganya terlebih dulu,” jelasnya. (*)

BACA YUK:  Tingkatkan Kapasitas Jurnalistik, Diskominfo Kabupaten Cirebon dan BI Cirebon Gelar Bimtek dan Capacity Building
(Dilihat: 66 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.