Selasa, 25 Januari 2022

Telkomsel dan Unpad Hadirkan Solusi Digital dalam Gelaran Unpad Hackathon

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Bandung,- The NextDev Telkomsel dan Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar hackathon perdana untuk memunculkan inovasi bagi pengembangan mahasiswa dan karier.

Dengan tema ‘Innovations in Career Development’, ajang bertajuk Respectacular Unpad Hackathon Weekend ini diadakan pada tanggal 22-23 Maret 2019 di Kampus Unpad Jatinangor, Soreang untuk memfasilitasi kolaborasi antara pelaku teknologi digital dan para developer aplikasi untuk mengembangkan produk digital baru yang dapat menjadi solusi inovatif di bidang pengembangan karir.

1. Melahirkan Solusi Digital Inovatif

Loading...

Hackathon ini berhasil melahirkan solusi digital inovatif bernama WorkaLoka yang diproyeksikan dapat berkontribusi terhadap pengembangan mahasiswa dan kariernya. WorkaLoka merupakan sebuah platform pemesanan career-based workshop/seminar sebagai media edukasi pelajar dan mahasiswa. Produk digital ini memungkinkan mahasiswa untuk memilih workshop, seminar, dan pelatihan di segala bidang sesuai minat dan cita-cita karier mereka.

General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin mengatakan Kolaborasi The NextDev Telkomsel bersama Unpad dalam Hackathon Weekend ini menantang para peserta untuk dapat menjawab kebutuhan dunia akademis akan pengembangan mahasiswa dan karier dalam jangka panjang.

BACA YUK:  Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

“Dengan menghadirkan aplikasi yang dapat memberikan kualitas dan manfaat yang nyata bagi masyarakat akademis, seperti WorkaLoka, kami harap hackathon ini dapat pula turut memajukan sektor pendidikan di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima About Cirebon, Senin (25/3/2019).

“Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai digital telco company untuk membangun ekosistem digital di Indonesia,” imbuhnya.

2. Kriteria Pemenang

Pemenang Unpad Hackathon Weekend ditentukan berdasarkan beberapa kriteria penilaian, mulai dari inovasi ide dan konsep, kreativitas dan desain aplikasi, nilai tambah atau manfaat bagi pengguna, penggunaan teknologi, manfaat bagi masyarakat akademis, hingga potensi implementasi aplikasi dalam 1-2 tahun ke depan.

BACA YUK:  Perkuat Ekonomi Digital Indonesia, Telkomsel Bentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital

“WorkaLoka sebagai produk digital terbaik berhak mendapatkan dana bantuan pengembangan aplikasi sebesar 100 juta Rupiah,” jelas Denny.

Selain itu, Telkomsel bersama Unpad dan Kejora Venture Capital juga menganugerahkan Honorable Mention Award dan dana pengembangan aplikasi sebesar 50 juta Rupiah untuk platform Nusantara yang menghubungkan BUMDes dengan talent lokal agar dapat tumbuh dan berkembang bersama.

UNPAD Hackathon Weekend berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, 100 peserta dengan berbagai keahlian akan dibagi menjadi 10 kelompok agar tercipta kolaborasi yang sinergis dalam membangun produk digital dari nol hingga tahap prototype atau minimum viable product (MVP).

3. Kick-off The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2019

Selama kegiatan hackathon berlangsung, peserta mendapatkan pengajaran, bimbingan, dan konsultasi dengan beberapa mentor ahli di industri kreatif digital, seperti CEO Inagri Muhammad Shiddiq Azis, CEO iGrow Andreas Senjaya, dan Kejora Ventures Investment Officer Emil Reven.

Pada hari kedua, setiap kelompok mempresentasikan prototype atau MVP yang mereka ciptakan kepada dewan juri yang terdiri dari mentor-mentor ahli tersebut, serta perwakilan manajemen UNPAD dan Telkomsel.

Menurut Denny, Pada penghujung acara hackathon weekend ini, Telkomsel juga sekaligus mengadakan kick-off The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy 2019.

“Dengan semboyan ‘Making Social Impact through Technology’, The NextDev dirancang khusus untuk memperkuat dampak sosial yang dihasilkan oleh early stage startup dengan cara melengkapi kemampuan dan kapabilitas mereka dari segi bisnis, soft skill, dan hard skill, mulai dari skalabilitas, riset dan pengembangan, desain, branding, hingga model bisnis dan kualitas produk,” ungkap Denny.

4. Ajang Pencarian Startup

The NextDev Talent Scouting merupakan sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Program yang telah berlangsung selama lima tahun ini mewadahi potensi dan mendorong kontribusi positif generasi muda yang memanfaatkan teknologi secara tepat guna untuk berkreasi menghasilkan aplikasi digital yang mampu mengatasi masalah di masyarakat.

BACA YUK:  Libur Natal 2021, Konsumsi BBM Jenis Pertamax Naik 17 Persen
BACA YUK:  Perkuat Ekonomi Digital Indonesia, Telkomsel Bentuk PT Telkomsel Ekosistem Digital

Sementara itu, The NextDev Academy 2019 merupakan sebuah ajang untuk mengasah dan mempertajam kualitas aplikasi yang diciptakan startup yang menjadi finalis The NextDev 2018.

“Dengan berpartisipasi dalam akademi ini, para peserta akan memperoleh insight yang tepat dan bermanfaat sehingga mampu mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif, sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi,” tutup Denny. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Rayakan Hari Jadi yang Pertama, GH Kopi Cirebon Gelar Event GH Jazz Day

Cirebon,- Green House (GH) Kopi Cirebon yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No. 113, Kedungjaya, Kabupaten Cirebon menggelar...

SMKN 2 Kota Cirebon Luncurkan SMK Pusat Keunggulan dan Le Zaat Bake House

Cirebon,- SMKN 2 Kota Cirebon meluncurkan SMK Pusat Keunggulan program keahlian kuliner tahun 2022, Senin (25/1/2022). Selain itu, acara yang berlangsung di SMKN 2...

Kementerian PUPR Targetkan Seluruh Seksi Tol Cisumdawu Rampung Tahun 2022

Bandung,- Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 baru saja diresmikan Senin 24 Januari 2022, selanjutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan seluruh proyek selesai...

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara Cileunyi dan Pamulihan. Adapun tarif tol...

More Articles Like This