Sabtu, 8 Mei 2021

Telkomsel dan Kemenkop UKM Dorong Pemulihan UKM di Masa Pandemi melalui 99% Usahaku

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Jakarta,- Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi digital terdepan yang dapat membantu perkembangan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Komitmen tersebut kini diwujudkan dalam bentuk kolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk mendukung program UKM Go Digital.

Upaya kolaboratif ini ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (29/4) lalu.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan Saat ini, kita melihat realitas yang tak bisa dimungkiri bahwa pandemi COVID-19 memukul sektor UKM. Padahal, sektor UKM merupakan penggerak roda perekonomian yang berkontribusi besar terhadap PDB dan pembukaan lapangan pekerjaan.

Loading...

Maka dari itu, Telkomsel menyambut positif kolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar bisa go digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini perilaku dan gaya hidupnya menjadi serba digital.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong sektor UKM untuk mengadopsi teknologi digital dengan cepat agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan,” ujar Dharma.

BACA YUK:  Tingkatkan Kemampuan Gamer Indonesia, Telkomsel Kembali Gelar Dunia Games League 2021

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Hanung Harimba Rachman mengatakan melalui kerja sama ini, kami menatap optimis untuk memulai gebrakan-gebrakan baru agar para pelaku UKM dapat berlari cepat dan lincah menuju UKM Go Digital. Hal tersebut pun didukung dengan pembekalan ilmu yang relevan seperti digitalisasi kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi.

“Harapannya, kerja sama ini juga dapat menjadi daya dongkrak dan batu pijakan dari pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar dapat berjalan lebih optimal,” terang Hanung.

BACA YUK:  Saung Kopi Gowes Akan Kembangkan Wisata Sawah⁣

Upaya kolaboratif antara Telkomsel dengan Kemenkop UKM meliputi sejumlah inisiatif strategis yang ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas digital para pelaku UKM. Inisiatif tersebut meliputi pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia UKM, sinergi perluasan pasar nasional bagi produk UKM, serta pengembangan pengelolaan usaha dan sistem pembayaran digital.

Selain itu, Telkomsel mendukung Kemenkop UKM dalam menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas 120 UMKM dari berbagai wilayah di Jawa Barat dengan memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

Pada kolaborasi ini, Telkomsel melibatkan 99% Usahaku sebagai solusi digital yang dapat mengakselerasi pelaku usaha UKM untuk go digital. 99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang akan sangat membantu para pelaku usaha UKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online. 99% Usahaku memiliki lima fitur andalan dalam menjalankan fungsinya itu.

Pertama adalah fitur Edukasi yang menghadirkan berbagai konten pelatihan digital, forum diskusi, hingga kisah inspiratif penuh pembelajaran dari sesama pelaku UKM. Kedua, fitur Solusi Bisnis yang dapat membantu para pelaku UKM dalam meningkatkan produktivitas bisnisnya. Melalui fitur tersebut, pelaku UKM akan diuntungkan dengan beberapa hal, di antaranya Paket Data Khusus UKM dengan harga terjangkau, dimudahkan dalam membuat laporan keuangan secara digital, hingga memperluas jangkauan pemasaran ke toko online.

Ketiga, fitur Pembiayaan yang berfungsi memberikan akses permodalan kepada para pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya, khususnya di masa pandemi saat ini. Keempat, fitur Pemasok yang dapat membantu para pelaku UKM menemukan produk yang dibutuhkan oleh bisnisnya dan dapat terhubung dengan beragam supplier. Kelima, fitur Pemasaran atau Hyperlocal Marketing yang mampu menghubungkan pelaku UKM dengan calon konsumen di area sekitar daerahnya.

Kolaborasi bersama Kemenkop dan UKM dalam mendukung Program UKM Go Digital ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia.

BACA YUK:  Toko Kharisma Panjunan Tawarkan Aneka Jenis Kurma Berkualitas
BACA YUK:  Anggota Asrenamigas dan Kadin Kota Cirebon Jalani Vaksinasi Dosis Kedua⁣

Diharapkan, kolaborasi ini akan sangat membantu sektor UKM untuk dapat bertransformasi ke digital secara cepat sehingga dapat survive di tengah pandemi, bahkan berkembang di kemudian hari. Selain itu, Telkomsel sebagai connectivity enabler akan terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk membantu pemulihan secara nasional.

“Karena dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak agar Indonesia bisa menang melawan pandemi ini,” tutup Dharma. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

PHRI dan IHGM Cirebon Gelar Sertifikasi Assesor

Cirebon,- Pandemi Covid-19 membuat dunia perhotelan dan pariwisata di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon terpuruk. Imam Reza Hakiki...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Konsep Heritage, RM Mbah ROSO Hadirkan Suasana Bali

Cirebon,- Dengan konsep heritage, Rumah Makan Mbah Roso yang berlokasi di Jalan Nyi Ageng Serang Kenanga, Kabupaten Cirebon resmi dibuka, Kamis (6/5/2021). Ahmad Supardi, selaku...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

More Articles Like This