Minggu, 17 Oktober 2021

Telkomsel dan Kemenkop UKM Dorong Pemulihan UKM di Masa Pandemi melalui 99% Usahaku

Populer

750 Tanaman Bonsai Nasional Dipamerkan di Cirebon

Cirebon,- Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Cirebon menggelar Pameran Bonsai Nasional dan Exibisi Adenium hingga 12 Oktober 2021....

Selama Pandemi COVID-19, Pecinta Bonsai di Tanah Air Meningkat 40 Persen

Cirebon,- Selama Pandemi COVID-19 banyak masyarakat memiliki waktu luang untuk beraktivitas dan menyalurkan hobi. Seperti halnya pecinta tanaman hias...

Kirab Merah Putih dari Balai Kota Cirebon Menuju Astana Gunung Jati

Cirebon,- Kirab Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 TNI, membawa bendera pusaka dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Gunung...

Tiga Atlet Asal Kota Cirebon Raih Medali di PON XX Papua

Cirebon,- Sebanyak 17 atlet asal Kota Cirebon memperkuat kontingen Jawa Barat dalam PON XX 2021 Papua. Dari 17 atlet...

Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Cirebon,- Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap penjualan para pelaku bisnis hingga UMKM. Namun, pandemi ini tidak berpengaruh terhadap usaha...

Jakarta,- Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi digital terdepan yang dapat membantu perkembangan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM). Komitmen tersebut kini diwujudkan dalam bentuk kolaborasi bersama Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) untuk mendukung program UKM Go Digital.

Upaya kolaboratif ini ditandai melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (29/4) lalu.

Senior Vice President Enterprise Telkomsel, Dharma Simorangkir mengatakan Saat ini, kita melihat realitas yang tak bisa dimungkiri bahwa pandemi COVID-19 memukul sektor UKM. Padahal, sektor UKM merupakan penggerak roda perekonomian yang berkontribusi besar terhadap PDB dan pembukaan lapangan pekerjaan.

Loading...

Maka dari itu, Telkomsel menyambut positif kolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM agar bisa go digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kini perilaku dan gaya hidupnya menjadi serba digital.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong sektor UKM untuk mengadopsi teknologi digital dengan cepat agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan,” ujar Dharma.

BACA YUK:  Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021 di Wilayah BI Cirebon Alami Perbaikan

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Hanung Harimba Rachman mengatakan melalui kerja sama ini, kami menatap optimis untuk memulai gebrakan-gebrakan baru agar para pelaku UKM dapat berlari cepat dan lincah menuju UKM Go Digital. Hal tersebut pun didukung dengan pembekalan ilmu yang relevan seperti digitalisasi kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi.

“Harapannya, kerja sama ini juga dapat menjadi daya dongkrak dan batu pijakan dari pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar dapat berjalan lebih optimal,” terang Hanung.

BACA YUK:  BukuWarung dan Alfamart Bekali 11.000 UMKM dengan Keterampilan Pembukuan Digital

Upaya kolaboratif antara Telkomsel dengan Kemenkop UKM meliputi sejumlah inisiatif strategis yang ditujukan untuk meningkatkan kapabilitas digital para pelaku UKM. Inisiatif tersebut meliputi pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia UKM, sinergi perluasan pasar nasional bagi produk UKM, serta pengembangan pengelolaan usaha dan sistem pembayaran digital.

Selain itu, Telkomsel mendukung Kemenkop UKM dalam menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas 120 UMKM dari berbagai wilayah di Jawa Barat dengan memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

Pada kolaborasi ini, Telkomsel melibatkan 99% Usahaku sebagai solusi digital yang dapat mengakselerasi pelaku usaha UKM untuk go digital. 99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang akan sangat membantu para pelaku usaha UKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online. 99% Usahaku memiliki lima fitur andalan dalam menjalankan fungsinya itu.

Pertama adalah fitur Edukasi yang menghadirkan berbagai konten pelatihan digital, forum diskusi, hingga kisah inspiratif penuh pembelajaran dari sesama pelaku UKM. Kedua, fitur Solusi Bisnis yang dapat membantu para pelaku UKM dalam meningkatkan produktivitas bisnisnya. Melalui fitur tersebut, pelaku UKM akan diuntungkan dengan beberapa hal, di antaranya Paket Data Khusus UKM dengan harga terjangkau, dimudahkan dalam membuat laporan keuangan secara digital, hingga memperluas jangkauan pemasaran ke toko online.

Ketiga, fitur Pembiayaan yang berfungsi memberikan akses permodalan kepada para pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya, khususnya di masa pandemi saat ini. Keempat, fitur Pemasok yang dapat membantu para pelaku UKM menemukan produk yang dibutuhkan oleh bisnisnya dan dapat terhubung dengan beragam supplier. Kelima, fitur Pemasaran atau Hyperlocal Marketing yang mampu menghubungkan pelaku UKM dengan calon konsumen di area sekitar daerahnya.

Kolaborasi bersama Kemenkop dan UKM dalam mendukung Program UKM Go Digital ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia.

BACA YUK:  Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 2021 di Wilayah BI Cirebon Alami Perbaikan
BACA YUK:  LEBJ Perluas Jaringan Eye Donation Center (EDC) untuk Mudahkan Masyarakat Indonesia Mendonorkan Mata

Diharapkan, kolaborasi ini akan sangat membantu sektor UKM untuk dapat bertransformasi ke digital secara cepat sehingga dapat survive di tengah pandemi, bahkan berkembang di kemudian hari. Selain itu, Telkomsel sebagai connectivity enabler akan terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya untuk membantu pemulihan secara nasional.

“Karena dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak agar Indonesia bisa menang melawan pandemi ini,” tutup Dharma. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

2 Kota Sekaligus! FIFGroup Fest Beri Kejuatan Promo di Samarinda dan Balikpapan

Samarinda,- FIFGROUP FEST kembali hadirkan event promo pertamanya di bulan Oktober dengan menyambangi 2 kota sekaligus, yaitu Kota Samarinda...

Sampaikan Aspirasi, Warga Cucimanah Kota Cirebon Dapat Bantuan Kursi Roda dan Tongkat

Cirebon,- Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati memberikan bantuan kursi roda dan tongkat kepada warga Cucimanah Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu (16/10/2021). Bantuan...

Tingkatkan Moderasi Beragama, Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama RI Gelar Halaqah Nasional di Cirebon

Cirebon,- Puslitbang Bimas Agama Kementerian Agama (Kemenag) RI bekerja sama dengan Yayasan Lentera Muda Indonesia dan GP Ansor Kabupaten Cirebon menggelar Halaqah Nasional, Deklarasi,...

Warga RW 04 Surapandan Keluhkan Infrastruktur ke Wakil Ketua DPRD

Cirebon,- Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M. Handarujati Kalamullah S.Sos melakukan kegiatan reses di RW 04 Surapandan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jumat (15/10/2021). Kegiatan reses...

More Articles Like This