Tekan 119, PSC Kota Cirebon Siap Datang ke Lokasi Anda

Cirebon,  Public Safety Centre (PSC) 119 Kota Cirebon hadir memberikan Iayanan cepat tanggap darurat kesehatan. PSC 119 Kota Cirebon ini dibawahi oleh Dinas Kesehatan Kota Cirebon dan baru beroperasi secara normal 24 jam di Kota Cirebon per tanggal 1 Maret 2018.

Ka.Sub Tu UPT Pelayanan Kesehatan Khusus (PSC 119 Kota Cirebon), Wijaya mengatakan PSC merupakan pelayanan emergency pra rumah sakit yang secara nasional dibentuk tahun 2016. Tepat pada April 2018 ini, PSC sudah tersebar 119 kota/kabupaten di Indonesia.

“PSC ini hadir untuk menangani kesehatan masyarat secara cepat dengan memberikan penanganan dan pertolongan pertama pada korban. Cukup menelepon ke 119 tanpa di kenakan biaya, maka PSC akan hadir ke lokasi tersebut,” jelasnya kepada About Cirebon, Kamis (12/4/2018).

BACA YUK:  Revitalisasi Pabrik Gula Di Jawa Barat Akan Dilaksanakan Tahun 2023 - 2024

Wijaya mencontohkan apabila di satu lingkungan atau satu keluarga ada yang terkena penyakit darurat yang sangat membutuhkan penanganan cukup hubungi call center 119, maka akan dihubungkan dengan PSC terdekat. Setelah itu dengan sigap tim PSC ini akan hadir dengan ambulans, dan membawa perlengkapam sesuai dengan tingkat masalah kesehatan yang dialami oleh pasien tersebut. Apakah harus segera di bawa ke rumah sakit atau ditangani oleh tim medis ditempat.

“Kami turut prihatin dengan adanya masyarakat yang mengantar pasien gawat darurat menggunakan becak, angkot, dan kendaraan tidak layak lainnya. Maka hadirnya PSC ini mampu membantu pasien menggunakan ambulans ke rumah sakit terdekat,” ujarnya.

BACA YUK:  Info Loker : RS. Sumber Kasih

Selama bulan Maret, panggilan yang ke PSC 119 Kota Cirebon sudah mencapai 156 penelepon. 7 diantaranya benar-benar membutuhkan pertolongan dan kebanyakan prank call. Biasanya hal demikian menjadi uji coba dari masyarakat dan ada beberapa yang hanya ingin uji coba melakukan panggilan saja.

Sedangkan selama bulan April, hingga 12 April 2018, jumlah penelpon baru mencapai 56, 3 diantaranya benar-benar terjadi kasus masalah kesehatan, dan sisanya masih prank call. Untuk kasus penyakit yang dialami oleh masyarakat Cirebon diantaranya masalah kesehatan saat banjir, saat adanya musibah kebakaran, rujukan ke rumah sakit, pingsan akibat koresterol tinggi, dan lainnya.

BACA YUK:  Partai Demokrat Jabar Umumkan Hasil Muscab Serentak

Namun, sementara ini PSC 119 yang berlokasi di Jl. Teratai (Belakang Dinas Kesehatan) Kota Cirebon hanya menangani di area Kota Cirebon saja. Sedangkan untuk wilayah lainnya seperti kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka akan menyusul kemudian.

“Kami berharap masyarakat Kota Cirebon mampu memanfaatkan call center 119 dengan baik, sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi,” pungkasnya. (AC560)

(Dilihat: 50 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.