Taman Sari Goa Sunyaragi: Pesona Sejarah di Tengah Kota Cirebon

0
111
Taman Sari Goa Sunyaragi. (Foto : IG @seranggaliar)

Cirebon,- Ada beberapa tempat wisata yang kalau dikunjungi bikin kamu kapok buat balik lagi. Di sisi lain, ada pula beberapa tempat yang meskipun udah kamu kunjungi berkali-kali, rasanya kamu nggak bakal kapok buat mengulangi pengalaman wisata di tempat yang sama itu. Bener nggak, sih?

Kalau kamu punya keinginan buat memilih Kota Cirebon sebagai destinasi liburanmu di akhir pekan nanti, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan Taman Sari Goa Sunyaragi sebagai tempat yang bakal kamu kunjungi.

Aston Hotel

Jadi, taman indah yang satu ini adalah tempat wisata budaya yang pastinya bisa bikin hati kamu adem saat mengunjunginya. Buat kamu yang suka suasana alami dengan nuansa klasik tempo dulu, Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon ini pastinya pas banget buat kamu jadikan lokasi liburan akhir pekanmu.

Nama Sunyaragi berasal dari kata “Sunya” yang berarti Sepi, dan kata “Ragi” yang berarti Raga. Kalau dari asal namanya, pastinya kamu udah bisa menebak dong kalau Taman Sari Goa Sunyaragi ini dulunya didirikan untuk tempat meditasi pada Sultan Cirebon beserta kerabat dan keturunannya.

Yang membedakan Taman Sari Goa Sunyaragi dengan taman-taman modern adalah terdapatnya goa-goa yang bisa kamu masuki. Beberapa goa yang berada di Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon adalah Goa Peteng, Goa Pawon, Goa Pengawal, Goa Jumut, Goa Langse, Goa, Arga Junub, Goa Pandekemasang, Goa Kelanggengan, dan lain-lain.

Istana Kerang

Taman Sari Goa Sunyaragi ini konon didirikan oleh cicit dari salah satu penyebar Agama Islam di Pulau Jawa, yaitu Sunan Gunung Jati. Nggak mengherankan ya kalau kawasan Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon ini disebut sebagai salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah di Cirebon? Tentu saja, pembangunan Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon juga dipenuhi dengan makna, salah satunya sebagai tempat untuk mendapatkan kelanggengan dalam hidup.

Nah, ngomong-ngomong soal makna, sebuah tempat wisata bersejarah biasanya juga nggak jauh-jauh dari mitos yang melingkupinya. Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon ini pun juga kayak gitu lho. Ada sebuah mitos yang menyebutkan bahwa jika seorang perempuan yang masih gadis alias perawan menyentuh salah satu patung batu di kawasan Taman Sari Goa Sunyaragi yang disebut patung Perawan Sunti, konon dia nantinya akan sulit mendapatkan jodoh. Hiii …

Namun, tenang aja, kalau memang si gadis yang menyentuh patung itu melakukannya secara nggak sengaja, si gadis bisa menangkal efek sulit mendapatkan jodoh itu dengan masuk ke Gua Kelanggengan. Hm, kira-kira, kamu percaya nggak sama mitos ini?

Percaya atau nggak, ada satu hal pasti tentang Taman Sari Goa Sunyaragi yang nggak bisa kamu sangkal. Pesona keindahan Taman Sari Goa Sunyaragi yang bernuansa klasik pasti bikin kamu pengin balik lagi. Bagaimana enggak, cantiknya penataan dan suasana damai di taman ini pasti bisa bikin siapa saja betah jalan-jalan di sana.

Kalau kamu mau berkunjung ke Taman Sari Goa Sunyaragi, kamu bisa datang ke Jalan By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Buruan deh beli tiket kereta api ke Cirebon agar bisa cepat sampai ke kota ini. Kamu juga bisa booking hotel murah kalau ingin menghabiskan beberapa hari di Cirebon. Ayo berangkat!