Tahun Ini BIJB Kertajati Siap Berangkatkan Jamaah Haji

Majalengka,- Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi melakukan kegiatan kunjungan kerja di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Selasa (7/1/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka persiapan operasional Ibadah Haji tahun 1441 Hijriah atau 2020 Masehi dan penetapan BIJB Kertajati sebagai Bandara Embarkasi/Debarkasi Haji tahun 1441H/2020M.

Menteri Agama RI, Fachrul Razi mengatakan pada hari ini telah diputuskan bersama bahwa ini (BIJB Kertajati) akan digunakan sebagai Embarkasih Haji tahun 2020 ini.

“Semua sudah siap, jalan juga baik, namun ada beberapa tempat agak sedikit sempit dan nanti akan dibenahi. Kami senang semua, dan kita doakan bersama dengan dijadikan Embarkasi/Debarkasi, BIJB Kertajati segera bangkit kembali dan segera maju sebagaimana yang kita bayangkan,” ujarnya.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di Kota Cirebon, 16 Juni 2022

Lanjut Fachrul, untuk tahun ini embarkasi di BIJB Kertajati, sementara untuk jamaah dari Jawa Barat dengan perkiraan 79 kloter.

“Kita lihat perkembang terlebih dahulu, tahun ini baru Jamaah Jawa Barat dengan perkiraan ada 79 kloter,” terangnya.

BIJB Kertajati merupakan bandara ke-13 yang dijadikan embarkasi di Indonesia. Selain itu, tambah Facrul, kita juga banyak mendapatkan fasilitas dari Arab Saudi.

“Kita ingin juga coba nanti ada pilot project untuk layanan imigrasi fast track, yakni pemeriksaan imigrasi di pesawat. Sehingga, pada saat jamaah haji datang bisa langsung naik pesawat. Ini sudah dilakukan Saudi saat kita akan kesana,” ungkapnya.

BACA YUK:  Ini Rangkaian Kegiatan Hari Jadi ke-653 Cirebon dari 15-31 Juli 2022

Mengenai Asrama Haji, menurut Fachrul, tahun ini tetap berada di Bekasi, namun akan kita bangun Asrama Haji di Indramayu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menambahkan untuk pemerataan pembangunan Jawa Barat, Asrama Haji akan ada di Indramayu.

“Tahun ini mulai kita bangun (Asrama Haji) di Indramayu, dengan kapasitas umumnya sekitar empat kloter,” singkatnya. (AC212)

(Dilihat: 22 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.