Tahun 2021, Sektor Pariwisata Sumbang Rp. 56 Miliar untuk PAD Kota Cirebon

Cirebon,- Kota Cirebon merupakan kota sejarah dan budaya, serta memiliki berbagai objek wisata. Berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Kota Cirebon memiliki 24 objek wisata, 166 rumah makan dan cafe, 19 hotel berbintang, dan lainnya.

Sedangkan di bidang kebudayaan, Kota Cirebon punya 238 warisan budaya tak benda, 58 cagar budaya menurut SK Walikota Cirebon Nomor 19 tahun 2001, serta 14 objek diduga cagar budaya.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan pada tahun 2021, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cirebon dari sektor pariwisata menyumbang sebesar 12,32 persen atau sekitar Rp. 56 Miliar.

BACA YUK:  PHRI Kendal Studi Banding Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Wisata ke Kota Cirebon

“Sektor pariwisata di Kota Cirebon sudah menyumbang 12,32 persen atau setara Rp. 56 Miliar untuk PAD Kota Cirebon tahun 2021,” ujar Agus saat rapat di Gedung DPRD Kota Cirebon, Selasa (14/6/2022).

Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah merancang skema agar pengelolaan di bidang kebudayaan dan pariwisata bisa lebih maksimal.

Hal ini, menurut Agus, sesuai dengan visi Pemerintah Kota Cirebon yaitu mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah.

“Maka yang bertanggungjawab untuk mengeksekusi visi ini, sesuai nomenklaturnya adalah Dinas Kebudayan dan Pariwisata,” pungkasnya. (HSY)

BACA YUK:  AIA Vitality, Transformasi Cara Berasuransi Ala AIA Indonesia
(Dilihat: 49 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.