Surat Suara yang Hilang Ternyata Ikut Terbakar dengan Surat Suara Tidak Terpakai

0
42

Cirebon,- Sebanyak 2.400 surat suara pemilihan Bupati Cirebon yang hilang untuk Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, sudah mulai menemukan titik terang.

Tim Gabungan dari KPU, Panwaslu Kabupaten Cirebon dan Polres Cirebon menyimpulkan bahwa sesungguhnya tidak ada surat suara yang hilang.

Aston Hotel

Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Asep Jazuli menegaskan bahwa surat suara untuk pemilihan Bupati Cirebon tahun 2018 tidak hilang.

“Namun yang ada kesalahan administrasi, human eror, sehingga surat suara untuk Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon tidak sampai pada tempatnya,” ujarnya saat Presconfrence di Kantor KPU Kabupaten Cirebon, Kamis (28/6/2018) malam.

Ia menjelaskan, surat suara sebanyak 2.400 yang dikabarkan hilang saat hendak didistribusikan ke TPS di Desa Danamulya, ternyata ikut terbakar saat proses pemusnahan surat suara yang tidak dipakai pada hari Selasa (26/6/2018).

“Surat suara tersebut ternyata tercampur dengan surat suara yang tidak terpakai dan ikut dimusnahkan,” ungkapnya.

KPU Kabupaten Cirebon menegaskan, dengan adanya kehilangan ribuan surat suara tersebut tidak menggangu jalannya pemungutan suara di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

“Kami sudah mendistribusikan sebanyak 80 persen surat suara cadangan untuk kebutuhan di enam TPS,” tegasnya.

Selain itu, Kapolres Cirebon, AKBP. Suhermanto mengatakan kehilangan surat suara pemilihan Bupati Cirebon terjadi karena kesalahan administrasi dan prosedur dalam pengiriman.

Terpopuler

“Kepolisian menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab terbakarnya surat suara kepada KPU Kabupaten Cirebon untuk melakukan pemeriksaan internal,” terangnya. (AC212)