Surat Suara Pilpres dan DPR RI Tiba Di Gudang Penyimpanan KPU Kota Cirebon

Cirebon,- Surat Suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 sebagian telah tiba di Gudang Penyimpangan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon, Jalan Pronggol, Kota Cirebon, Senin (4/3/2019) sore.

1. Tiba di Gudang Penyimpanan

Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mengatakan surat suara yang sudah datang baru surat suara Pemilihan Presiden Wakil Presiden dan surat suara pemilu DPR RI Dapul Jawa Barat 8.

“Total surat suara yang sudah datang di gudang penyimpanan ada 485,528 lembar,” ujarnya kepada About Cirebon, Senin (4/3/2019).

BACA YUK:  YPSGJ Jadi Tuan Rumah Muswil V ABP PTSI Jawa Barat

Didi menjelaskan, dari total tersebut masing-masing surat suara untuk Pilpren ada 242.764 lembar dan surat suara pemilu DPR RI Dapil Jawa Barat ada 242.764 lembar.

2. Surat suara cadangan dua persen

Logistik yang belum datang, kata Didi, yaitu untuk surat suara DPD RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, serta suarat suara DPRD Kota Cirebon.

“Rencananya surat suara tersebut akan datang tanggal 12 Maret 2019,” terangnya.

Lanjut Didi, surat suara cadangannya masing-masing sebanyak 2 persen dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) Kota Cirebon.

BACA YUK:  Info Loker : Hotel Horison Ultima Kertajati

“ Jumlah DPT Kota Cirebon sebanyak 238.003,” ungkapnya.

3. Sorlip dan Pengesetan

Didi menjelaskan, setelah surat suara yang sudah datang ini akan dilakukan steping dan juga akan melakukan pemetaan terlebih dahulu. Karena, hari ini kita sedang menuntaskan pergeseran kotak suara dari gudang lama ke gudang penyimpanan yang baru.

“Pengesetan dan pelipatan surat suara akan dilakukan di gudang baru ini, untuk efisiensi dan efektivitas,” jelasnya.

“Secara bertahap, kita akan melakukan Sortir Lipat (Sorlip), rencanya mulai hari rabu ini akan dilakukan sorlip,” imbuh Didi.

BACA YUK:  Peduli Gizi dan Kesehatan Remaja, Mahasiswa KKN-T IPB Lakukan Program Penyuluhan di MAN 3 Cirebon untuk Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045

4. Melibatkan 120 orang

Menurut Didi, SDM yang diterjunkan untuk proses Sorlip, memaksimalkan potensi yang ada yaitu PPK dan PPS dengan jumlah 91 orang ditambah unsur bantuan dari luar.

“Artinya, orang yang sudah memiliki pengalaman ikut serta dalam sorlip setiap pemilu di Kota Cirebon,” terangnya.

“Rencana, total yang dilibatkan ada 120 orang untuk proses Sorlip ini,” ungkap Didi. (AC212)

(Dilihat: 14 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.