Kamis, 28 Oktober 2021

Sultan Kasepuhan Mengaku Terharu atas Dukungan LSM, Ormas dan OKP se-Kota Cirebon

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Sebagai bentuk keprihatinan dan empati atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu terkait kisruh Keraton Kasepuhan Cirebon, sejumlah organisasi di Kota Cirebon mendatangi Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat, Jumat (17/7/2020).

Dalam kunjungannya, organisasi yang tergabung dalam aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon ini memberikan dukungan kepada Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon.

Menurut Ketua Kaukus Muda Cirebon, Reno Sukrisno menyampaikan bahwa kedatangannya ke Keraton Kasepuhan Cirebon dalam rangka silaturahmi dan memberikan dukungan atas kejadian yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon beberapa waktu lalu.

Loading...

“Kami bersama sejumlah organisasi yang tergabung dalam Aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon selain bersilaturahmi, kedatangan kami kesini sebagai bentuk keprihatinan terkait kisruh yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon,” ujar Reno.

BACA YUK:  Puncak Peringatan HSN 2021 PCNU Kabupaten Cirebon Digelar di Panembahan

Menurut Reno, insiden yang terjadi di Keraton Kasepuhan seharusnya tidak terjadi. Pasalnya, cara-cara yang dilakukan itu tidak mencerminkan dengan tradisi budaya Cirebon.

“Untuk peralihan keturunan pada kesultanan memiliki tata cara dan tradisi turun menurun, bukan dengan cara barbar,” ungkapnya.

Sehingga, kata Reno, perjalanan sejarah, kewajiban, peran dan fungsi masyarakat dalam konteks menjaga budaya di Cirebon sangatlah penting.

“Dengan perjalanan sejarah ini, kami terdorong untuk memberikan dukungan kepada Sultan Sepuh XIV, maka hari ini kami hadir disini,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta kepada pihak kepolisian untuk memproses kejadian yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Apabila ada orang perorang atau siapapun, kata Reno, silahkan lakukan sesuai dengan tradisi dan budaya yang ada.

Selain itu, Ajie Priatna, Ketua LSM Gapura Kota Cirebon menyampaikan bahwa pihaknya bersama organisasi lainnya yang tergabung dalam aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon akan mengawal.

BACA YUK:  Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

“Kami akan mengawal langkah yang dilakukan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon. Termasuk, pelaporan ke pihak kepolisian agar segera selesai,” tegasnya.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengaku merasa terharu dan juga kaget dengan kehadiran dari aliansi LSM, Ormas dan OKP se-Kota Cirebon di Keraton Kasepuhan.

“Dengan kehadirannya ke Keraton Kasepuhan, ini menandakan masyarakat peduli terhadap adat, tradisi dan budaya sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan peninggalan Sunan Gunung Jati serta Pangeran Cakrabuana,” ungkap Sultan.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan Sepuh menitipkan kepada Pemerintah Daerah untuk tetap bersatu dan guyub untuk menjaga kondusivitas Kota Cirebon. (AC212).

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

DPW Partai Nasdem Jabar Calonkan Eti Herawati sebagai Wali Kota Cirebon 2024

Cirebon,- DPW Partai Nasdem Jawa Barat menargetkan meraih dua kursi DPR RI, dua kursi DPR Provinsi, tujuh kursi DPRD Kota Cirebon pada pemilu 2024....

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This