Jumat, 18 September 2020

Sultan Kasepuhan Mengaku Terharu atas Dukungan LSM, Ormas dan OKP se-Kota Cirebon

Populer

Mulai Besok, Pemkab Cirebon Berlakukan Sanksi Denda Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan

Cirebon,- Mulai tanggal 15 sampai 19 September 2020 Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon akan menerapkan sanksi bagi masyarakat yang melanggar...

Kopi Gincu Hadir Dengan Konsep Alam di Perkebunan Mangga

Cirebon,- Perkebunan mangga gedong gincu yang ada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon disulap menjadi Kedai Kopi...

5PM Coffee Hadirkan Konsep Rooftop Dengan View Gunung Ciremai

Cirebon,- Jumlah coffee shop semakin hari semakin meningkat di penjuru kota di Indonesia. Mereka tak hanya menyuguhkan kopi sebagai...

Pemkot Cirebon Gencar Razia Masker, Akhir September Perda Masker Disahkan

Cirebon,- Pemerintah Daerah Kota Cirebon terus melakukan pendisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB).Walikota Cirebon,...

49 Kasus Baru Positif Covid-19, Ada yang Isolasi Mandiri dan Ada yang Dirawat

Cirebon,- Kasus Terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah 49 orang.Sehingga, total kasus konfirmasi positif Covid-19 sampai dengan...

Cirebon,- Sebagai bentuk keprihatinan dan empati atas insiden yang terjadi beberapa waktu lalu terkait kisruh Keraton Kasepuhan Cirebon, sejumlah organisasi di Kota Cirebon mendatangi Sultan Sepuh XIV, PRA. Arief Natadiningrat, Jumat (17/7/2020).

Dalam kunjungannya, organisasi yang tergabung dalam aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon ini memberikan dukungan kepada Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon.

Menurut Ketua Kaukus Muda Cirebon, Reno Sukrisno menyampaikan bahwa kedatangannya ke Keraton Kasepuhan Cirebon dalam rangka silaturahmi dan memberikan dukungan atas kejadian yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon beberapa waktu lalu.

Loading...
BACA YUK:  Dana BOP Tahap Pertama Untuk Pesantren dan Lembaga Pendidikan di Cirebon dan Indramayu Cair

“Kami bersama sejumlah organisasi yang tergabung dalam Aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon selain bersilaturahmi, kedatangan kami kesini sebagai bentuk keprihatinan terkait kisruh yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon,” ujar Reno.

Menurut Reno, insiden yang terjadi di Keraton Kasepuhan seharusnya tidak terjadi. Pasalnya, cara-cara yang dilakukan itu tidak mencerminkan dengan tradisi budaya Cirebon.

“Untuk peralihan keturunan pada kesultanan memiliki tata cara dan tradisi turun menurun, bukan dengan cara barbar,” ungkapnya.

Sehingga, kata Reno, perjalanan sejarah, kewajiban, peran dan fungsi masyarakat dalam konteks menjaga budaya di Cirebon sangatlah penting.

“Dengan perjalanan sejarah ini, kami terdorong untuk memberikan dukungan kepada Sultan Sepuh XIV, maka hari ini kami hadir disini,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga meminta kepada pihak kepolisian untuk memproses kejadian yang terjadi di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Apabila ada orang perorang atau siapapun, kata Reno, silahkan lakukan sesuai dengan tradisi dan budaya yang ada.

Selain itu, Ajie Priatna, Ketua LSM Gapura Kota Cirebon menyampaikan bahwa pihaknya bersama organisasi lainnya yang tergabung dalam aliansi LSM, Ormas, dan OKP se-Kota Cirebon akan mengawal.

BACA YUK:  Konsisten Bertransformasi, Telkomsel Raih Penghargaan Internasional PR Awards 2020

“Kami akan mengawal langkah yang dilakukan oleh Keraton Kasepuhan Cirebon. Termasuk, pelaporan ke pihak kepolisian agar segera selesai,” tegasnya.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat mengaku merasa terharu dan juga kaget dengan kehadiran dari aliansi LSM, Ormas dan OKP se-Kota Cirebon di Keraton Kasepuhan.

“Dengan kehadirannya ke Keraton Kasepuhan, ini menandakan masyarakat peduli terhadap adat, tradisi dan budaya sejarah Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan peninggalan Sunan Gunung Jati serta Pangeran Cakrabuana,” ungkap Sultan.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan Sepuh menitipkan kepada Pemerintah Daerah untuk tetap bersatu dan guyub untuk menjaga kondusivitas Kota Cirebon. (AC212).

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Hari Keempat, 150 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan Terjaring Petugas Gabungan di Kabupaten Cirebon

Cirebon,- Sebanyak 150 orang terjaring operasi yustisi protokol kesehatan yang digelar oleh petugas gabungan dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten...

Berikan Kenyamanan Pelanggan, Warung Kopi Manis Perluas Bangunan

Cirebon,- Warung Kopi Manis (WKM) yang terletak di Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon dengan konsep jadul ini tak henti-hentinya terus...

6.194 KPM PKH di Kabupaten Cirebon Mengundurkan Diri

Cirebon,- Sebanyak 6.194 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Cirebon mengundurkan diri dari kepersertaan bansos PKH selama tahun 2020.Banyaknya penerima...

120.000 KPM PKH Kabupaten Cirebon Segera Terima Bansos Beras

Cirebon,- Kementerian Sosial sudah mulai mendistribusikan Bantuan Sosial Beras (BSB) di beberapa wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Cirebon,Jawa Barat.Sebanyak 120.000 KPM (Keluarga Penerima...

More Articles Like This