Suka Makanan Berbahan Ikan? Maka Pempek dan Tekwan Jawabannya

Cirebon,- Bingung cari hidangan berbahan baku ikan selain siomay? Cobain aja, nih Kapal Selam atau Pempek dan Tekwan yang merupakan hidangan khas Bumi Sriwijaya, Palembang.

Bagi warga Cirebon mungkin sudah tidak asing dengan kedua hidangan ini. Namun, pastinya diantara kalian ada yang tahu maupun belum jika cuko asli Palembang lebih bervariasi rasanya.

“Sebenarnya cuko pempek itu lebih nano-nano. Ada manisnya, asinnya, pedasnya, dan asamnya semua terasa pedasnya juga jauh lebih pedas dari yang disini (Cirebon),” kata salah satu penjual Pempek dan Tekwan asli Palembang, Nas.

BACA YUK:  Jadwal Samsat Keliling Kabupaten Cirebon, 3 - 8 Oktober 2022

Hanya saja, lanjutnya, karena menyesuaikan dengan lidah masyarakat setempat, akhirnya dibuatlah cuko dengan rasa yang lebih sederhana yaitu manis pedas.

“Awal pakai yang asli cuko Palembang lebih kental dan asam itu kurang suka, makanya diubah ke rasa yang lebih original sini,” ujarnya.

Untuk pembuatan Pempek dan Tekwan buatannya sendiri tidak berbeda. Yang membuat perbedaan mencolok diantara keduanya ada penyajiannya saja.

“Kalau tekwan itu nggak beda dengan pempek, sama-sama dari ikan yang beda di kuah aja kalau pempek pake cuko pake timun, kalau tekwan menggunakan kuah kaldu ikan, bawang daun, dan bihun,” jelasnya.

BACA YUK:  Polresta Cirebon Luncurkan Layanan Green Service untuk Pembuatan SIM dan SKCK

Perbedaan mencolok lainnya adalah pempek miliki bentuk yang beragam dengan berbagai sebutan yaitu, Kulit, Lenjer, Kapal Selam (telur), dan adaan. Sementara, tekwan berbentuk bulat dengan tekstur keriting bergelombang pada permukaannya.

Tidak erlu merogoh kocek yang besar seporsi Pempek dan Tekwan Pak Nas hanya dbandrol sekitar Rp12.000an.

Adapun lokasi berjualan Pak Nas di Kawasan Tuparev, Sutawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon (depan Meetime, dan apotek Pasuketan) jam operasional pukul 11.00 siang – 21.00 malam. (SUB)

(Dilihat: 52 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.