Stasiun Cirebon Kini Miliki Coworking Space, Ini Fasilitasnya

0
153
Suasan dalam Coworking Space di Stasiun Cirebon Kejaksan

Cirebon,- Ruang Kerja Bersama atau lebih dikenal dengan  istilah Coworking Space merupakan salah satu hal yang dibutuhkan saat ini bagi masyarakat luas, terutama generasi millenial.

Sehingga, dalam upaya mengakomodir minat dan kebutuhan masyarakat khususnya generasi milenial, PT KAI (Persero) saat ini menghadirkan fasilitas Coworking Space di sejumlah atasiun besar yang diluncurkan pada tanggal 6 April 2019 lalu.

Aston Hotel

1. Meningkatkan Pelayanan

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Kuswardojo mengatakan kehadiran Coworking Space di Stasiun Cirebon untuk menjawab sejumlah tantangan dan kebutuhan atas pelayanan yang lebih baik dari hari ke hari.

“Fasilitas Coworking Space tersebut ditujukan untuk memudahkan penumpang yang ingin bekerja dengan ruang yang nyaman saat berada di stasiun sebelum atau sesudah naik KA,” ujar Kuswardojo, Jumat (19/4/2019).

Teja Berlian
Teja Berlian 2
Teja Berlian 3

Lanjut Kuswardojo, kehadiran Coworking Space di sejumlah stasiun besar adalah bagian dari upaya PT KAI untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada semua pengguna jasa kereta api.

Coworking Space di Stasiun Cirebon Kejaksan

“Apalagi, stasiun adalah salah satu  pusat kegiatan dan keramaian masyarakat, sehingga tidak salah rasanya apabila  pelayanan kepada semua pengguna jasa KA harus terus di tingkatkan,” terangnya.

2. 9 Coworking Space 

Coworking Space secara simbolis diresmikan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno didampingi Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Bandung pada tanggal 6 April 2019.

Peresmian tersebut dibarengi juga dengan dibukanya 9 Coworking Space di stasiun besar di pulau Jawa, diataranya di Stasiun Bandung, Gambir, Juanda, BNI City, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng dan Jember.

“Untuk Coworking Space di Stasiun Cirebon lokasinya di halaman parkir Stasiun Cirebon,” terangnya.

Salah satu fasilitas Coworking Space di Stasiun Cirebon Kejaksan

Lanjut Kuswardojo, Coworking Space di Stasiun Cirebon Kejaksan memiliki dua pintu akses masuk, yakni dari area parkir dan dari area dalam stasiun.

“Kedepan, Coworking Space akan dibangun kembali di beberapa stasiun lainnya,” jelasnya.

3. Fasilitas 

Pantauan About Cirebon, ruangan Coworking Space di Stasiun Cirebon dihiasi dengan lukisan penari Topeng Kelana.

Ruang CoWorking Space Stasiun Cirebon Kejaksan, kata Kuswardojo, memiliki luas 48 m², dengan kapasitas 18 tempat duduk.

“Coworking Space dilengkapi penyejuk udara, jaringan internet, televisi, gratis teh dan kopi. Bahkan kita lengkapi dengan printer,” ungkapnya.

Fasilitas Gratis kopi dan teh di Coworking Space Stasiun Cirebon Kejaksan

“Untuk jam operasinya, Coworking Space buka mulai dari pukul 07.00 sampai 22.00 WIB,” tambah Kuswardojo.

4. Syarat

Kuswardojo mengatakan untuk bisa menggunakan Coworking Space di Stasiun Cirebon Kejaksan, penumpang cukup menunjukkan boarding pass dengan tanggal keberangkatan atau kedatangan pada hari yang sama.

“Setiap pengunjung Coworking Space dapat menggunakan fasilitas ini untuk bekerja maksimal selama 2 jam dalam setiap kunjungannya,” ujarnya.

Selain itu, kata Kuswardojo, selain calon penumpang atau masyarakat umum bisa menggunakan fasilitas Coworking Space tersebut.

“Cara cukup menunjukan aplikasi KAI Access kepada petugas yang ada di tempat,” tandasnya. (AC212)