Stabilkan Harga Beras, Pemda Kota Cirebon Akan Gelar Gerakan Pasar Murah di 5 Titik

Cirebon,- Untuk menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok dan menekan inflasi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Cirebon akan menggelar Gerakan Pasar Murah (GPM).

Rencananya, GPM akan dibuka di Lapangan Kesambi Dalam, Kelurahan Drajat, Kota Cirebon Rabu (20/2/2024) besok.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi usai menghadiri kegiatan High Level Meeting (HLM) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Selasa (20/2/2024).

“Mulai besok, kita akan melakukan ketersediaan pasokan maupun keterjangakaun harga dalam bentuk GPM yang diselenggarakan serentak di 5 titik,” ujar Agus.

BACA YUK:  Agar Bisa Terealisasi, DPRD Kota Cirebon Minta Hasil Musbang Kelurahan Kecapi Segera Diinput ke SIPD

Gerakan Pasar Murah, kata Agus, sebagai bagian dari intervensi harga kebutuhan pokok, apalagi mendekati bulan ramadan dan Idulfitri. Dalam GPM nanti, menurutnya secara tematik akan difokuskan untuk keterjangkaun harga beras dan telur ayam ras.

“Secara tematik (GPM) untuk harga beras dan telur, tapi akan ada komoditas lain yang dijual dalam GPM besok. Untuk beras, Bulog sudah menyiapkan 10 ton beras SPHP,” katanya.

Selain itu, Agus juga meminta kepada pihak Bulog untuk melakukan intervensi terhadap harga beras premium yang ada di toko-toko retail maupun pasar modern.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Cirebon Terima Keluhan Antrian BPJS Rawat Jalan

“Kita juga meminta kepada Bulog untuk melakukan intervensi ke toko-toko retail dan pasar modern untuk beras premium,” katanya.

Gerakan Pangan Murah ini, tambah Agus, tidak hanya digelar besok saja. Rencananya tahun 2024, GPM di Kota Cirebon akan diselenggarakan sebanyak 12 kali.

“Tahun ini kita akan gelar GPM sebanyak 12 kali. Saat mendekati Ramadan dan Idulfitri, kita juga akan menggelar kegiatan GPM,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *