SMPN 12 Kota Cirebon Tekankan Penguatan Karakter Bagi Siswa

Cirebon,- SMP Negeri 12 Kota Cirebon melangsungkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan lancar. Sebanyak 188 siswa mengikutinya dengan tertib di sekolah yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman No. 07, Gg. Pendidikan, Harjamukti – Cirebon.

“Kami membagi 188 siswa menjadi 8 gugus dengan jadwal selama 3 hari, dimulai pagi sampai ba’da Dzuhur,” ungkap Wakasek Kesiswaan, Ubaedilah Gozin S. Pd,.

MPLS ini diakuinya sebagai salah satu ajang untuk menyatukan para peserta didik beradaptasi dengan lingkungan, baik itu dengan situasi sekolah maupun dengan para guru dan siswa lainnya.

BACA YUK:  Info Loker : Sangkan Resort Aqua Park

Di SMP Negeri 12 Kota Cirebon, memiliki metode pembentukan karakter yang kuat. Ubaedilah mengatakan bahwa hal tersebut dilatarbelakangi oleh perkembangan jaman dan perilaku anak yang akhir-akhir ini sudah ada pengaruh dari luar. Sehingga pihak sekolah menekankan pendidikan karakter disemua aspek.

“Maka dari itu kita mengadakan bakti sosial, tadarusan rutin, dan lainnya sebagai penguatan karakter bagi siswa-siswa kami,” tambahnya.

Siswa baru ini diharapkan mampu berjiwa sosial yang tinggi dan juga mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki. Sehingga di hari terakhir MPLS, para siswa diwajibkan membawa barang-barang berupa makanan, obat-obatan, atau alat kebersihan yang nantinya akan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

BACA YUK:  Alumni SMAN 1 Jamblang Angkatan 2018 Berbagi Takjil dan Santunan Anak Yatim

“Nanti akan ada perwakilan yang datang ke panti sekitar sekolah untuk memberikan sumbangan tersebut. Sehingga mereka akan mengerti akan indahnya berbagi,” ujarnya.

Sedangkan penguatan karakter lainnya, para siswa mengembangkan budaya literasi dengan mengaji atau tadarus bersama. Biasanya satu jam pertama sebelum masuk, di SMP Negeri 12 Kota Cirebon, dibiasakan untuk mengaji setiap hari. (AC560)

(Dilihat: 30 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.