Rabu, 16 Juni 2021

SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, Sekolah Islam Terpadu dengan Penguatan Karakter

Populer

Pendaftaran Kartu Kuning di Kota Cirebon Kini Gunakan Aplikasi⁣

Cirebon,- Mulai Juni 2021, Kota Cirebon mulai menerapkan sistem online dalam pendaftaran kartu kuning bagi para pencari kerja. Pendaftaran...

RS Sumber Waras Cirebon, UniMedika Hospitals Group Saat ini telah Miliki CT Scan Generasi Terbaru⁣

⁣Cirebon,- Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon, UniMedika Hospitals Group terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan...

BNN Kota Cirebon Ringkus Dua Pria Kembar Edarkan Obat-obatan

Cirebon,- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon menangkap pria kembar warga Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon penjual obat sediaan farmasi...

Metland Hotel Cirebon Hadirkan Warung Kopi 61, ini Menunya ⁣

Cirebon,- Metland Hotel Cireboh by Horison yang berlokasi di Jalan Siliwangi No. 61 Kota Cirebon menghadirkan Warung Kopi 61....

Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun Cirebon Kejaksan Hingga Pukul 21.00 WIB

Cirebon,- Mulai bulan Juni 2021, layanan rapid test antigen di Stasiun Cirebon Kejaksan hingga pukul 21.00 WIB. Sebelumnya, jam...

Cirebon,- Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Sabilul Huda Kota Cirebon membuka pendaftaran siswa-siswi untuk tahun ajaran 2021/2022 yang dimulai dari tanggal 2 November 2020 sampai 31 Januari 2021.

SMPIT Sabilul Huda yang berada di Jalan Swasembada Mega Endah, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon ini tetap menggunakan kurikulum dari Dinas Pendidikan.

Loading...

Yayat Riatna, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon mengatakan walaupun SMPIT Sabilul Huda merupakan sekolah Islam, tapi tetap menggunakan kurikulum Dinas Pendidikan. Sehingga, ada Mata Pelajaran (Mapel) yang wajib diberikan seperti sekolah negeri yang lainnya.

BACA YUK:  Nikmati Kebersamaan dengan Penawaran Halal Bihalal di Aston Hotel & Resort Bogor⁣

“Tetapi karena kita tergabung dalam jaringan Sekolah Islam Terpadu (SIT), kita tambahkan dengan muatan-muatan kurikulum khas SIT,” ujar Yayat saat ditemui About Cirebon, Senin (28/12/2020).

Yayat menjelaskan, kurikulum tambahan khas SIT yaitu penguatan karakter siswa, bahasa Arab, Tahsin dan Tahfidz yang menjadi unggulan. Bahkan, SMPIT Sabilul Huda menekankan kepada pembiasaan ibadah dan pembentukan karakter dalam hal ini membiasakan anak-anak melakukan ibadah harian.

“Dari jam 7 sudah melaksanakan Sholat Dhuha, membaca Alquran, dan berdzikir. Kita mulai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) mulai pukul 07.30 WIB, itupun langsung pembelajaran Tahsin Tahfidz,” ungkapnya.

Selain itu, SMPIT Sabilul Huda menghadirkan program yang terpantau, seperti ada penugasan yang dilakukan setiap hari. Anak-anak diberikan lembar evaluasi yang harus dilakukan setiap hari.

“Itu adalah bagian dari pembangunan karakter. Karena memang, disini nilai tidak hanya didapat dari akademik, tapi dari karakter tersebut,” jelasnya.

“Makanya kami membranding SMPIT ini sebagai sekolah berbasis karakter Al-Quran dan pembiasaan ibadah harian,” tambahnya.

Selain program harian biasa, kata Yayat, SMPIT juga menghadirkan program target, seperti anak-anak harus membaca Al-Quran minimal setengah Juz. Bahkan, lanjut Yayat, ada juga program sebulan sekali yang dinamakan Pekan Peningkatan Ibadah.

BACA YUK:  Pulihkan Ekonomi Nasional, OJK Dorong Potensi Ekonomi Baru

“Selama satu Minggu khusus, anak-anak diminta untuk melakukan kegiatan yang memang diwajibkan dari sekolah ibadah Sunnah seperti puasa Senin Kamis dan program ini untuk guru-gurunya juga,” kata Yayat.

Untuk para orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, tidak ada kriteria khusus. Namun, ada test untuk memetakan potensi anak.

Yayat berharap, SMPIT Sabilul Huda bisa menjadi sekolah alternatif bagi orang tua menitipkan anak-anaknya untuk membentuk karakter yang kuat.

“Karena saat ini mungkin kita lihat, banyak generasi-generasi kita yang memang secara akhlak, secara moral kurang baik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pemda Kota Cirebon dan Pemkab Cirebon akan Koordinasi terkait PPKM Mikro

Cirebon,- Terkait kondisi penyebaran Covid-19, Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk menarik 'rem darurat'. Hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur...

Hadirkan Konsep Berbeda, WKM Kuningan Tawarkan Makan di Tengah Kebun

Kuningan,- Berbeda dengan Warung Kopi Maning (WKM) Cirebon yang menawarkan konsep makan di tengah sawah, WKM Kuningan yang berlokasi di Jalan Ir. Soekarno Hatta,...

Dorong Pemanfaatan Teknologi 5G untuk Industri 4.0, Telkomsel Jalin Kerjasama Dengan Schneider Electric

Jakarta,- Setelah resmi menjadi “The First 5G Operator in Indonesia”, Telkomsel terus bergerak maju membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia melalui...

Komisi I DPRD Kota Cirebon Dukung BRT Beroperasi di Wilayah Ciayumajakuning

Cirebon,- Komisi I DPRD mendorong pengembangan operasional Bus Rapid Transit (BRT). DPRD menginginkan BRT bisa melayani masyarakat wilayah III Cirebon. Ketua Komisi I DPRD Kota...

More Articles Like This