Sabtu, 25 September 2021

SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, Sekolah Islam Terpadu dengan Penguatan Karakter

Populer

KAI Buka Lowongan Kerja dan Tidak Dipungut Biaya

Cirebon,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini sedang membuka rekrutmen untuk berbagai formasi. Masyarakat yang ingin melamar dapat...

Wanita Cantik Asal Cirebon Ini Memiliki Segudang Prestasi Biliar

Cirebon,- Cantik dan pintar bermain biliar, itulah gambaran yang cocok bagi Nony Krystianti Andilah. Wanita berkulit putih asal Cirebon...

Kampoeng Photography dan Videography (KPV) Merayakan Anniversary yang Kedua

Cirebon,- Kampung Photographer adalah sebutan dari Komunitas Photography dan Videography (KPV) yang terletak di Desa Gintung Kidul Kecamatan Ciwaringin...

Inilah Pembalap Muda Purworejo Masuk di Red Bull MotoGP Rookies Cup 2022

Purworejo,-  Kabar membanggakan datang dari dunia balap motor Indonesia. Pasalnya, Fadillah Arbi Aditama yang merupakan pembalap muda asal Purworejo ini resmi di...

Grand Opening Meetime Rasain Cabang Ketiga di Majasem

Cirebon,- Meetime Rasain Cirebon membuka cabang ketiganya di Jalan Perjuangan – Majasem No. A2 Kota Cirebon (tepatnya di depan...

Cirebon,- Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Sabilul Huda Kota Cirebon membuka pendaftaran siswa-siswi untuk tahun ajaran 2021/2022 yang dimulai dari tanggal 2 November 2020 sampai 31 Januari 2021.

SMPIT Sabilul Huda yang berada di Jalan Swasembada Mega Endah, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon ini tetap menggunakan kurikulum dari Dinas Pendidikan.

Loading...

Yayat Riatna, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon mengatakan walaupun SMPIT Sabilul Huda merupakan sekolah Islam, tapi tetap menggunakan kurikulum Dinas Pendidikan. Sehingga, ada Mata Pelajaran (Mapel) yang wajib diberikan seperti sekolah negeri yang lainnya.

“Tetapi karena kita tergabung dalam jaringan Sekolah Islam Terpadu (SIT), kita tambahkan dengan muatan-muatan kurikulum khas SIT,” ujar Yayat saat ditemui About Cirebon, Senin (28/12/2020).

BACA YUK:  AstraPay, Pembayaran Digital Milik Grup Astra yang Solutif dan Terpercaya

Yayat menjelaskan, kurikulum tambahan khas SIT yaitu penguatan karakter siswa, bahasa Arab, Tahsin dan Tahfidz yang menjadi unggulan. Bahkan, SMPIT Sabilul Huda menekankan kepada pembiasaan ibadah dan pembentukan karakter dalam hal ini membiasakan anak-anak melakukan ibadah harian.

“Dari jam 7 sudah melaksanakan Sholat Dhuha, membaca Alquran, dan berdzikir. Kita mulai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) mulai pukul 07.30 WIB, itupun langsung pembelajaran Tahsin Tahfidz,” ungkapnya.

Selain itu, SMPIT Sabilul Huda menghadirkan program yang terpantau, seperti ada penugasan yang dilakukan setiap hari. Anak-anak diberikan lembar evaluasi yang harus dilakukan setiap hari.

“Itu adalah bagian dari pembangunan karakter. Karena memang, disini nilai tidak hanya didapat dari akademik, tapi dari karakter tersebut,” jelasnya.

“Makanya kami membranding SMPIT ini sebagai sekolah berbasis karakter Al-Quran dan pembiasaan ibadah harian,” tambahnya.

Selain program harian biasa, kata Yayat, SMPIT juga menghadirkan program target, seperti anak-anak harus membaca Al-Quran minimal setengah Juz. Bahkan, lanjut Yayat, ada juga program sebulan sekali yang dinamakan Pekan Peningkatan Ibadah.

BACA YUK:  Penyuluh KB Memiliki Andil Besar terhadap Kesadaran Keluarga Berencana Masyarakat

“Selama satu Minggu khusus, anak-anak diminta untuk melakukan kegiatan yang memang diwajibkan dari sekolah ibadah Sunnah seperti puasa Senin Kamis dan program ini untuk guru-gurunya juga,” kata Yayat.

Untuk para orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, tidak ada kriteria khusus. Namun, ada test untuk memetakan potensi anak.

Yayat berharap, SMPIT Sabilul Huda bisa menjadi sekolah alternatif bagi orang tua menitipkan anak-anaknya untuk membentuk karakter yang kuat.

“Karena saat ini mungkin kita lihat, banyak generasi-generasi kita yang memang secara akhlak, secara moral kurang baik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

RajaBackLink.com

Latest News

Bupati – Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Tekan kesepakatan KUA dan PPAS Perubahan APBD 2021

Cirebon,- Bupati Cirebon Imron Rosyadi dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon Mohamad Lutfi tandatangani Nota Kesepakatan...

Kampung Dongeng Kuningan Salurkan Buku Bacaan untuk Taman Baca Masyarakat

Kuningan,- Pergerakan literasi pada masyarakat Kuningan semakin meningkat. Hal tersebut ditandai dengan bermunculannya beberapa Rumah Baca/TBM (Taman Bacaan Masyarakat). Sebagai penggiat literasi, Kampung Dongeng Kuningan...

Inilah Pesona Alam Sanghyang Dora Majalengka sebagai Destinasi Berkemah

Majalengka,- Menikmati suasana baru dengan berkemah, bisa jadi alternatif liburan yang menyenangkan. Dan, salah satu referensi tempat berkemah yang tengah banyak diminati oleh para...

Pesan Raisa untuk Wanita Indonesia

“Aku ingin membagikan arti kecantikan positif untuk membuat semua wanita bersinar, merasa kuat, dan mampu menggapai masa depan yang lebih bahagia.” -Raisa Andriana Empowerment  Semua wanita memiliki...

More Articles Like This