Kamis, 21 Januari 2021

SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, Sekolah Islam Terpadu dengan Penguatan Karakter

Populer

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣

Cirebon,- Kawasan Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan dan desa Sarwadadi Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon kini sudah menjadi tempat tujuan...

Dapur Kampung Kuliner Tawarkan Menu Enak Tapi Murah, Spesial Lele Bakar Kacang

Cirebon,- Berbicara tentang kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi Cirebon menjadi salah satu Kota dengan beraneka ragam kuliner. Banyak rumah...

Produk Kecantikan KF Skin Cosmetics Berikan Apresiasi Kepada Member

Cirebon,- KF Skin Cosmetics TR Team Jawa Barat menggelar acara yang bertajuk Awarding Night atau malam penghargaan bagi para...

Cirebon,- Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Sabilul Huda Kota Cirebon membuka pendaftaran siswa-siswi untuk tahun ajaran 2021/2022 yang dimulai dari tanggal 2 November 2020 sampai 31 Januari 2021.

SMPIT Sabilul Huda yang berada di Jalan Swasembada Mega Endah, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon ini tetap menggunakan kurikulum dari Dinas Pendidikan.

Loading...

Yayat Riatna, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon mengatakan walaupun SMPIT Sabilul Huda merupakan sekolah Islam, tapi tetap menggunakan kurikulum Dinas Pendidikan. Sehingga, ada Mata Pelajaran (Mapel) yang wajib diberikan seperti sekolah negeri yang lainnya.

BACA YUK:  Cabuli Anak Dibawah Umur, Penjaga Tempat Ibadah Ditangkap Satreskrim Polresta Cirebon

“Tetapi karena kita tergabung dalam jaringan Sekolah Islam Terpadu (SIT), kita tambahkan dengan muatan-muatan kurikulum khas SIT,” ujar Yayat saat ditemui About Cirebon, Senin (28/12/2020).

Yayat menjelaskan, kurikulum tambahan khas SIT yaitu penguatan karakter siswa, bahasa Arab, Tahsin dan Tahfidz yang menjadi unggulan. Bahkan, SMPIT Sabilul Huda menekankan kepada pembiasaan ibadah dan pembentukan karakter dalam hal ini membiasakan anak-anak melakukan ibadah harian.

“Dari jam 7 sudah melaksanakan Sholat Dhuha, membaca Alquran, dan berdzikir. Kita mulai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) mulai pukul 07.30 WIB, itupun langsung pembelajaran Tahsin Tahfidz,” ungkapnya.

Selain itu, SMPIT Sabilul Huda menghadirkan program yang terpantau, seperti ada penugasan yang dilakukan setiap hari. Anak-anak diberikan lembar evaluasi yang harus dilakukan setiap hari.

“Itu adalah bagian dari pembangunan karakter. Karena memang, disini nilai tidak hanya didapat dari akademik, tapi dari karakter tersebut,” jelasnya.

“Makanya kami membranding SMPIT ini sebagai sekolah berbasis karakter Al-Quran dan pembiasaan ibadah harian,” tambahnya.

Selain program harian biasa, kata Yayat, SMPIT juga menghadirkan program target, seperti anak-anak harus membaca Al-Quran minimal setengah Juz. Bahkan, lanjut Yayat, ada juga program sebulan sekali yang dinamakan Pekan Peningkatan Ibadah.

BACA YUK:  Tinjau Banjir, Anggota DPR Minta Pemerintah Kabupaten Cirebon Buat Roadmap Bencana

“Selama satu Minggu khusus, anak-anak diminta untuk melakukan kegiatan yang memang diwajibkan dari sekolah ibadah Sunnah seperti puasa Senin Kamis dan program ini untuk guru-gurunya juga,” kata Yayat.

Untuk para orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak di SMPIT Sabilul Huda Kota Cirebon, tidak ada kriteria khusus. Namun, ada test untuk memetakan potensi anak.

Yayat berharap, SMPIT Sabilul Huda bisa menjadi sekolah alternatif bagi orang tua menitipkan anak-anaknya untuk membentuk karakter yang kuat.

“Karena saat ini mungkin kita lihat, banyak generasi-generasi kita yang memang secara akhlak, secara moral kurang baik,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Agrowisata dan Edukasi Griya Hidroponik Tawarkan Konsep Petik Sendiri⁣

Cirebon,- Griya Hidroponik Cirebon yang berada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Kedawung, Kabupaten Cirebon menjual segala macam produk sayuran...

Ratusan Warga Binaan Lapas Narkotika Cirebon Jalani Swab Test

Cirebon,- Ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Cirebon Gintung menggelar swab test, Kamis (21/01/2021). Pemeriksaan swab test yang berlangsung di Lapas...

Tumbuhkan Generasi Cinta Al-Quran Sejak Dini Bersama Al Madeena Islamic School

Cirebon,- Al Madeena Islamic School merupakan tempat belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berbasis Islami. Sekolah yang menumbuhkan generasi global yang bertakwa, cerdas,...

ACT Ajak Masyarakat Cirebon Layarkan Kapal Kemanusiaan Ke Sulawesi Barat

Cirebon,- Sejak awal tahun 2021, berbagai peristiwa menimpa bangsa Indonesia. Bencana alam dan musibah terjadi dalam kurun waktu yang sangat singkat. Bencana longsor di...

More Articles Like This