Situs Sumur Buah, Bukti Penyebaran Islam di Cirebon

Cirebon,- Cirebon merupakan salah satu kota yang amat kental nuansa Islamnya. Cirebon merupakan pula salah satu kota yang disinggahi oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarluaskan ajaran agama Islam.

Salah satu bukti bahwa Cirebon merupakan kota dengan memiliki nuansa Islam yang kental terlihat dari peninggalan-peninggalan sesepuh dahulu. Salah satunya yaitu adalah peninggalan Situs Sumur Buah yang terdapat di Desa Pamengkang, Kabupaten Cirebon.

Iding Pengurus Situs Sumur Buah dan Mushola Al-Hidayah mengatakan Situs Sumur Buah yang berada di Desa Pamengkang, Kabupaten Cirebon sudah ada sejak dulu. Situs tersebut, menurut Iding, merupakan bukti sejarah adanya penyebaran agama Islam.

BACA YUK:  Info Loker : Planet Bike Cirebon

“Situs ini merupakan bukti adanya keberadaan tokoh muslim yang menyebarluaskan agama Islam di wilayah Cirebon. Situs ini masih terawat dengan baik,” ujar Iding, Kamis (13/1/2022).

Iding mengungkapkan bahwa situs Sumur Buah ini memiliki fungsi maupun manfaat bagi umat Islam yang hendak mempergunakannya untuk kehidupan. Di Desa Pamengkang ini, selain adanya Situs Sumur Buah, adapun di sebelahnya bangunan Mushola Al-Hidayah sebagai penunjang umat Islam untuk menuaikan sholat.

“Keduanya merupakan sarana umat Islam di Cirebon untuk mencintai Allah SWT,” ungkapnya.

BACA YUK:  Sambungkan Senyum, Telkomsel Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat yang Membutuhkan

Bagi para peziarah yang penasaran dan ingin memperoleh berkah dapat berkunjung ke Situs Sumur Buah, kata Iding, beralamat di Blok Sumur Buah, Desa Pamengkang, Kabupaten Cirebon. Para peziarah dapat mengambil air dari Situs Sumur Buah yang tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Mari berziarah dan semakin mendalami iman kita. (AC212)

(Dilihat: 50 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.