Situs Makam Buyut Trusmi Gelar Tradisi Ganti Atap Sirap 4 Tahunan

 

Cirebon, 9 September 2014, –  Situs Makam Buyut Trusmi, yang terletak di Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon pada Senin (08/09/2014) menggelar tradisi mengganti atap sirap yang dinamakan tradisi empat tahunan.

 

Acara akan berlangsung sampai sepekan,  penggantian atap sirap di beberapa bangunan situs makam-makam tersebut yang  memiliki makna mendalam yakni mengandung arti sebuah kebersamaan, gotong royong dan silaturahmi.

 

” Penggantian atap memang rutin dilakukan layaknya penggantian bangunan biasa yang wajahnya perlu dan diperbarui ,” ujar Toni Syah, Kepala Kyai Situs Makam Buyut Trusmi.

BACA YUK:  3 Pantai di Indramayu yang Mempersona

 

Menurut Toni, sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam di situs tersebut, setiap penyelenggarannya, tak pernah sedikitpun warga dan keturunan Buyut Trusmi memperbaiki atap.

 

Tradisi Ganti Atap Sirap 4 Tahunan,  dengan cara swadaya masyarakat, warga keturunan Buyut Trusmi dana yang terkumpul baik berupa uang maupun hasil bumi dan barang lain, nilainya mencapai Rp 2,4 miliar.

 

Dana tersebut akan digunakan untuk tradisi penggantian atap di Situs Makam Buyut Trusmi dan Situs Makam Sunan Gunung Jati.

BACA YUK:  Disbudpar Kota Cirebon dan PPN Kejawanan Sepakat Tata Kembali WBK

 

“Seminggu setelah penggantian atap di sini selesai, baru kami kerjakan di Situs Makam Sunan Gunung Jati,” pungkasnya. (AC313)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *