Senin, 30 November 2020

Siloam Hospitals Group Hadirkan Layanan Swab Covid-19 dengan Hasil Dalam Hitungan Menit

Populer

MD 7 Hotel Hadir di Cirebon, Tawarkan Promo Menarik Hanya Rp. 187 ribu/Malam

Cirebon,- MD 7 Hotel merupakan hotel budget yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Hotel dengan 8 lantai ini...

Ratusan Guru dan Nakes di Cirebon Manfaatkan Program Naik KA Gratis

Cirebon,- Sejak dihadirkannya program PT KAI Gratiskan Guru dan Tenaga Kesehatan (Nakes) Naik Kereta Api sejak awal November 2020...

Crab 1818 Hadirkan Promo Bapper, Harga Lebih Murah ⁣

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali menghadirkan promo untuk pelanggan.⁣ ⁣ Crab 1818 yang berlokasi...

Rumah Sakit dan Tempat Isolasi Mandiri di Kota Cirebon Full

Cirebon,- Kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Cirebon kembali meningkat. Sampai hari ini, total kasus konfirmasi di Kota Cirebon mencapai...

CSB Mall Kembali Gelar CSB Fashion Week 2020⁣

Cirebon,- CSB Mall kembali menggelar event tahunan CSB Fashion Week (CFW) yang berlangsung di Atrium Utama CSB Mall, Jalan...

Cirebon,- Tes yang dilakukan secara masif dan massal untuk seluruh lapisan masyarakat masih menjadi salah satu solusi efektif mengatasi pandemi.

Pasalnya, semakin cepat pasien teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat tertanggulangi.

Masyarakat pun didorong untuk melakukan tes secara rutin, terutama dengan hasil yang cepat dan akurat demi keamanan pasti dalam beraktivitas dan bermobilitas.

Loading...

Untuk menjawab permasalahan tersebut dan mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, Siloam Hospitals menghadirkan tes molekuler isotermal di Indonesia.

Dalam Press Conference melalui aplikasi Zoom Meeting, Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group menjelaskan bahwa tes molekuler isotermal merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi.

“Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, yakni metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0 persen dan spesifisitas 97.9 persen,” ujar Caroline, Jumat (20/11/2020).

Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di jaringan rumah sakit Siloam Hospitals Group di seluruh Indonesia, Caroline berharap, masyarakat akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes Covid-19 dengan performa tinggi.

BACA YUK:  Sembako untuk Para Pejuang Qur’an terdampak Covid-19

Menurut Caroline, performa tes dengan alat Abbott ID NOW™ ini telah terbukti secara global dalam penerapan uji Covid- 19, khususnya dalam hal waktu proses pemeriksaan.

“Dengan tes molekuler Isotermal, hasil bisa diketahui lima menit untuk hasil positif dan 15 menit untuk hasil negatif,” jelasnya.

Mengenai perbedaan dan keunggulan tes molekuler Isotermal dengan tes PCR, Caroline memaparkan bahwa tes tersebut memiliki beragam keunggulan.

“Tes ini bisa dilakukan di luar laboratorium, karena menggunakan alat Portable bisa dibawa kemana saja. Sehingga mudah diakses dan diterapkan terutama sebagai penggunaan POCT (Point of Care Test),” jelasnya.

BACA YUK:  Innalillahi , Nakes RSD Gunung Jati Cirebon yang Meninggal Dunia Bertambah⁣

Selain itu, tambah Caroline, tes ini memiliki performa tinggi dengan sensitivitas dan spesifisitas tinggi. Kesalahan hasil tes (false positive test result) yang minimal.

Bagi masyarakat yang ingin melakukan tes molekuler Isotermal, kini sudah tersedia di seluruh Rumah Sakit Siloam Hospitals Group. Untuk di Cirebon, tes ini tersedia di Rumah Sakit Putera Bahagia (RSPB) Siloam Hospitals Group di Jalan Ciremai Raya No. 144, Kota Cirebon.

“Alat ini sudah kami kirimkan dua hari yang lalu ke semua Siloam Hospitals Group. Sehingga, pemeriksaan ini sudah tersedia di seluruh Siloam Hospitals Group,” kata Caroline.

Selain itu, tes ini sangat sesuai digunakan untuk kasus gawat darurat di IGD, tindakan operasi yang harus segera dilakukan, serta rawat inap.

“Dengan sifat yang portabel atau mudah dibawa, layanan tes molekuler isotermal pun tidak terbatas hanya di lingkungan rumah sakit saja,” terangnya.

“Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan,” tambahnya.

Kami juga, kata Caroline, Siloam Hospitals Group menyediakan layanan tes di rumah atau home care.

“Silakan hubungi Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan informasi mengenai layanan tes molekuler isotermal on-site maupun home care,” tambah Caroline.

Dari keterangan yang diterima About Cirebon, Siloam Hospitals sampai hari ini telah melakukan lebih dari 1.000.000 tes Covid-19 atau berkontribusi hampir 5 persen terhadap pangsa nasional dan merawat lebih dari 9.000 kasus terkonfirmasi positif.

Penyediaan tes dengan metode baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih lagi untuk mengatasi pandemi, termasuk mengakhiri pola penyebaran Covid-19 seefektif mungkin.

BACA YUK:  Mulai Besok, Pertamina Hadirkan Program Pertalite Harga Khusus di Cirebon

Siloam Hospitals Group bersyukur dapat terus melayani dan memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia melalui penyediaan tes COVID-19 yang komprehensif mulai dari tes antibodi (rapid dan serologi), antigen (swab antigen), hingga molekuler (RT-PCR dan isotermal).

BACA YUK:  Peringati Sumpah Pemuda, Tabib Qiu Rilis Lagu “ Perahu Pemuda"⁣ ⁣

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami untuk kesehatan dan keamanan bersama,” pungkasnya.

Prof. Siti Boedina, selaku Dewan Pengawas Siloam Hospitals Group

Sementara itu, Prof. Siti Boedina, selaku Dewan Pengawas Siloam Hospitals Group dalam pemaparannya menjelaskan bahwa pemeriksaan tes molekuler Isotermal ini selain lebih cepat mendeteksi virus, tidak perlu fasilitas laboratorium khusus.

“Jika tes PCR harus memerlukan fasilitas laboratorium khusus, level keamanan BSL 2 dan lain-lain, tes Isotermal ini bisa dilakukan di luar laboratorium,” ujarnya.

Menurut Prof Siti, di Indonesia tidak banyak laboratorium atau rumah sakit yang memiliki fasilitas itu. Bahkan, hasilnya memerlukan waktu yang lama.

Oleh karena itu, kata Prof Siti, diperlukan tes molekuler yang cepat. Karena, semakin cepat terdeteksi, makin cepat ditangani, dan makin cepat juga penularan bisa dihindari. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Pendiri Codefirst dari Cirebon Raih 2nd Winner Pada Ajang Wirausaha Muda Mandiri 2020⁣

⁣Cirebon,- Founder Startup Codefirst, Aditya Kurniawan Chandra, B.Com (Acc&Fin), M.M yang juga Dosen Universitas Catur Insan Cendikia (UCIC) berhasil meraih prestasi sebagai 2nd Winner...

by.U Telkomsel Dapat Predikat Brand Pilihan Generasi Z di Indonesia

Jakarta,- by.U sukses mendapat predikat sebagai brand (merek) pilihan Generasi Z di Indonesia dalam acara Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020. Pada...

Grage Mall Gelar Berbagai Kegiatan Sosial

Cirebon,- Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh akan tantangan. Hantaman badai Covid-19 membuat hampir seluruh dunia tergoncang hebat di semua sektor diantaranya sektor kesehatan. Meski...

20 Tahun Berkarya, MJ Batiqu Persembahkan Koleksi Busana Pria Kekinian

Cirebon,- Jaenudin atau yang dikenal dengan MJ Batiqu, Designer atau perancang busana khusus pria ternama di Kota Cirebon mempersembahkan koleksi terbaru dalam gelaran CSB...

More Articles Like This