Rabu, 30 September 2020

Silaturahmi TPID Ciayumajakuning, BI Cirebon Serahkan Program Bantuan Bank Indonesia

Populer

46 Santri Pondok Pesantren di Kuningan Terpapar Covid-19

Kuningan,- Sebanyak 46 santri di Pondok Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.Aktivitas di pondok pesantren...

Tilik Kana Cirebon Hadir untuk Angkat Potensi UKM Khusus Kuliner

Cirebon,- Untuk menjadikan UKM (Usaha Kecil Menengah) naik kelas, Food Court Tilik Kana yang berlokasi di Jalan Pancuran Barat...

Wali Kota Cirebon: Mulai 1 Oktober 2020 yang Tidak Patuh Protokol Kesehatan akan Ditindak Tegas

Cirebon,- Untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis tak henti-hentinya melakukan edukasi dan sosialisasi...

Wakil Wali Kota Cirebon Kunjungi Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cirebon,- Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati kembali mengunjungi warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang isolasi mandiri, Jumat...

Ini yang Dilakukan Ponpes Husnul Khotimah Menyusul 46 Santri Positif Covid-19

Kuningan,- Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah yang berada di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan ditutup sementara mulai hari...

Kuningan,- Pencapaian inflasi IHK nasional, Jawa Barat dan Kota Cirebon pada Juni 2019 masih terjaga. Inflasi Kota Cirebon pada bulan Juni 2019 tercatat 0,15 persen (mtm).

1. Pencapaian Inflasi

Nilai tersebut lebih rendah apabila dibandingkan dengan Jawa Barat sebesar 0,48 persen (mtm) dan inflasi Nasional 0,55 persen (mtm).

Loading...

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, M. Abdul Majid Ikram mengatakan pencapaian inflasi yang rendah merupakan hasil kerja sama dan koordinasi yang baik dari para anggota TPID.

“Tidak hanya Kota Cirebon, namun juga se-wilayah Ciayumajakuning. Koordinasi dan kerja sama yang baik ini layak untuk dipertahankan sehingga pencapaian target inflasi Ciayumajakuning di masa yang akan datang dapat terus terjaga dalam sasaran inflasi nasional,” ujarnya.

2. Bentuk Apresiasi

BACA YUK:  Tambah Bangunan Pendopo, Warung Kopi Manis Kini Hadir Lebih Luas

Sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang baik tersebut dan masih dalam suasana bulan Syawal, KPw BI Cirebon menyelenggarakan kegiatan Silaturahmi TPID Ciayumajakuning di Pondok Pesantren Madinatunnajah, Kuningan, Senin (1/7/2019).

Ponpes Madinatunnajah Kuningan sendiri merupakan salah satu penerima Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam cakupan program pengembangan ekonomi pesantren.

Sebagaimana diketahui, bahwa Bank Indonesia memberikan perhatian khusus bagi perkembangan ekonomi syariah khususnya yang berbasis pesantren di lima wilayah Kota/Kab Ciayumajakuning.

Kegiatan tersebut dihadir oleh Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, Msi dan Kepala Departemen Ekonomi Syariah (DEKS) Kantor Pusat Bank Indonesia, Suhaedi.

Majid berharap, bantuan yang diberikan Bank Indonesia dapat menjadi stimulus bagi perkembangan ekonomi pesantren.

“Meski nilainya tidak besar, namun dukungan dan bimbingan yang dilakukan Bank Indonesia diharapkan akan dapat membuka peluang dan wawasan santri di ponpes untuk mengembangkan kapasitas dirinya sehingga dapat merubah lingkungan menjadi lebih bermanfaat,” ungkapnya.

3. Apresiasi Upaya BI

Sementara itu, Wabup Kuningan, M. Ridho Suganda dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi setiap upaya Bank Indonesia beserta dinas dan instansi yang tergabung dalam TPID Ciayumajakuning.

“Sehingga, pencapaian inflasi dan stabilitas harga pangan dapat terus terjaga,” ujarnya.

4. Ekonomi Syariah

Sementara itu Kepala DEKS, Suhaedi mengatakan bahwa terkait dengan ekonomi syariah yang saat ini berkembang dengan sangat pesat di Indonesia, maka pondok pesantren sebagai pusat pendidikan dan kegiatan agama Islam dapat dijadikan sebagai sarana bagi pengembangan ekonomi syariah.

“ Untuk itu, Bank Indonesia memberikan perhatian khusus baik melalui regulasi maupun melalui program sosialnya untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah di pesantren,” bebernya.

Bank Indonesia Cirebon sendiri dalam acara ini secara simbolis menyerahkan 3 bantuan PSBI yaitu bantuan dana untuk pengembangan sarana edukasi dan wisata syariah Ponpes Madinatunnajah Kuningan senilai Rp56.900.000,00.

Bantuan dana untuk sarana pengelolaan sampah Yayasan Ponpes KHAS Kempek senilai Rp. 47 juta dan bantuan dana Integrated Farming Ponpes Al Mukminien Indramayu senilai Rp. 113 juta. (AC212)

BACA YUK:  Tes Swab Semakin Masif, Dalam Sehari Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 49 Orang
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Masyarakat Kabupaten Cirebon Dapat Bantuan Zakat Rp 2,7 Milyar

Cirebon,- Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag, kembali menyalurkan bantuan untuk masyarakat. Bantuan ini merupakan kerja sama Pemkab Cirebon...

Bupati Cirebon Minta Bidan Kawal Pencegahan Covid-19 di Tingkat Desa

Cirebon,- Seluruh bidan di Kabupaten Cirebon, diminta ikut terlibat dalam pencegahan penyebaran virus covid 19 di tingkatan desa.Menurut Bupati Cirebon, Drs H Imron salah...

Kembangkan Industri Teknologi, Telkomsel Tech Titans League Siap Digelar

Jakarta,- Telkomsel menghadirkan Tech Titans League, sebuah program terbaru yang bertujuan mengajak para talenta unggul bidang teknologi di Tanah Air untuk mengembangkan pengetahuan serta...

Cemilan Donat Kekinian Donuthing Hadir Di Kota Cirebon

Cirebon,- Donuthing, cemilan donat kekinian milik artis dan youtuber Indonesia Baim Wong kini hadir di Kota Cirebon.Berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, No. 99...

More Articles Like This