Setiap Hari Ribuan Warga Jabar Berangkat Umrah

0
156
Jamaah Umrah dari Cirebon

Bandung – Keinginan warga Jawa Barat untuk menunaikan ibadah Umrah ke tanah suci ternyata cukup tinggi. Data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat setiap harinya sebanyak 1.200 hingga 1.500 warga berangkat umrah.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan warga Jawa Barat yang berangkat umrah jumlahnya terus bertambah.

Aston Hotel

“Kami bersyukur minat masyarakat Jawa Barat untuk haji dan umroh sangat tinggi,” ujar Aher seperti yang dikutip aboutcirebon, Senin (26/3/2018).

Jamaah umrah asal Indonesia yang diberangkatkan per harinya, bisa mencapai sekitar 6.000 orang. Dari jumlah tersebut, diketahui seperlimanya atau 1.200 hingga 1.500 merupakan warga Jabar.

Menurut Aher, banyaknya warga Jabar yang berangkat umroh ini, menunjukkan dua hal.

Pertama, menunjukan gairah keagamaan masyarakat Jabar meningkat. Pada waktu dulu, lanjut dia, kesempatan untuk umrah dan haji juga terbuka. Akan tetapi, sambung dia, animo atau kehendak warga tidak sekuat sekarang.

Kedua, mencerminkan kesejahteraan warga meningkat. Pasalnya, untuk bisa umrah memerlukan dana hingga puluhan juta rupiah. Bahkan, untuk haji membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.

Namun, kata Aher, ternyata dengan biaya sebesar itu masyarakat bisa menjangkaunya.

“Hal ini menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat,” ucap dia.

Di sisi lain untuk memberikan kenyamanan kepada warga Jabar, pada 24 Mei mendatang Bandara Kerjatajati Majalengka sudah bisa beroperasi.

“Warga Jabar bisa mendapatkan alternatif untuk berangkat melalui Bandaran Kertajati atau Cengkareng,” sambung Aher. (AC350)