Serupa Tapi Tak Sama, Perbedaan Gado-gado dan Lotek

Cirebon,– Gado-gado adalah makanan khas Jakarta berisi sayur-sayuran yang direbus, irisan telur dan tahu, serta ditaburi bawang goreng dan kerupuk. Sayur-sayuran ditambahkan dengan saus dari kacang tanah yang telah dihaluskan yang kemudian diaduk merata.

Lotek adalah salah satu makanan khas Sunda. Sepintas lotek hampir mirip dengan Gado-gado, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang.

Isian lotek dan gado-gado memang nyaris sama karena isinya berupa sayuran rebus. Namun, ada beberapa sayur yang wajib ada dalam lotek, seperti bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai.

BACA YUK:  Wali Kota Cirebon Minta Seluruh Kepala SKPD Bisa Hadir Saat Rapat Paripurna DPRD

Sementara itu, gado-gado sayurannya juga direbus seperti lotek tetapi isi dari sayurannya ada yang berbeda, seperti mentimun, tomat, dan daun kemangi.

Selain itu juga gado-gado ditambahkan dengan bahan lain, seperti telur rebus, kentang rebus, atau jagung. Terakhir ditambah dengan taburan emping ataupun kerupuk.

Sedangkan isian dari bumbu kacang atau saus kacang gado-gado dan lotek cukup berbeda. Bumbu kacang untuk melengkapi gado-gado biasanya berbahan dasar kacang goreng yang dilumatkan, bawang putih, cabai, merica, jeruk nipis, garam, dan gula merah.

BACA YUK:  UMP Jabar 2023 Naik 7,88 Persen, Upah Kabupaten/Kota Dipastikan Naik Semua

Sedangkan bumbu kacang lotek biasanya menggunakan berbahan dasar kacang tanah, cabai merah, cabai rawit, kencur, garam, gula merah, dan asam jawa. Namun, bumbu kacang pada lotek biasanya memiliki rasa yang lebih manis.

(Adjini Shebina Beurabo)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *