Sabtu, 8 Mei 2021

Sepanjang Tahun 2020, Pengungkapan Kasus Tindak Pidana di Polresta Cirebon Meningkat

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Cirebon,- Sepanjang tahun 2020, Polresta Cirebon menangani sebanyak 581 kasus tindak pidana. Dari 581 kasus, 438 kasus diantaranya terungkap.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol. M. Syahduddi mengatakan angka pengungkapan kasus tindak pidana yang ditangani Polresta Cirebon selama tahun 2020 meningkat dibanding tahun 2019.

“Jumlah kasus tindak pidana yang terungkap mencapai 438 kasus dari total 581 kasus yang ditangani selama tahun 2020. Sementara pengungkapan kasus tindak pidana selama 2019 mencapai 423 kasus dari 575 kasus yang ditangani,” ujar Syahduddi dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 di Aula Pesat Gatra Mapolresta Cirebon, Kamis (31/12/2020).

Loading...

Menurut Syahduddi, ada peningkatan 1,82 persen atau 15 kasus tindak pidana yang berhasil diungkap Satreskrim Polresta Cirebon sepanjang 2020 dibanding tahun sebelumnya.

BACA YUK:  Humanity Food Truck ACT Distribusikan 1.900 Porsi Buka Puasa di Cirebon

Ia mengatakan, peningkatan jumlah kasus yang diungkap pada tahun ini membuktikan penanganannya lebih baik dari tahun lalu.

“Ada tiga jenis tindak pidana yang mendominasi selama tahun 2020, yakni pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), dan pencabulan,” ungkapnya.

Namun, secara umum jumlah pengungkapan kasusnya juga meningkat dibanding tahun 2019. Syahduddi memastikan telah menginstruksikan jajarannya untuk bekerja maksimal sehingga kasus tindak pidana yang belum terungkap segera selesai pada awal tahun 2021.

“Jumlah tersangka yang berhasil diamankan dari seluruh kasus tindak pidana tersebut mencapai 177 orang, dan selama 2019 totalnya ada 171 tersangka yang diamankan,” bebernya.

Sementara, tindak pidana penyalahgunaan narkoba yang ditangani selama 2020 mencapai 88 kasus. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2019 yang mencapai 86 kasus.

Selain itu, kata Syahduddi, kasus narkoba yang berhasil diungkap selama 2020 mencapai 68 kasus dan masih ada 20 kasus yang belum terungkap. Pihaknya memastikan 20 kasus tersebut masih dalam tahap penyidikan.

BACA YUK:  Saung Kopi Gowes Akan Kembangkan Wisata Sawah⁣

“Beberapa waktu lalu kami mengekspos 23 kasus narkoba yang ditangani selama November – Desember 2020, dan seluruhnya masih penyidikan sehingga belum dianggap sebagai penyelesaian perkara tahun 2020,” katanya.

Ia menargetkan 20 kasus tersebut dipastikan rampung pada awal Januari 2021 dan secepatnya dilimpahkan ke Kejari Kabupaten Cirebon.

Sementara dalam kasus penyakit masyarakat (pekat), jajarannya berhasil mengungkap 151 kasus minuman keras (miras) dan mengamankan 179 tersangka.

Pihaknya juga berhasil menyelesaikan 293 kasus premanisme dan terdapat 309 tersangka yang diamankan. Adapun barang bukti yang diamankan di antaranya 21.546 botol miras berbagai merek, 5745 liter tuak, 6778 liter ciu, uang tunai, karcis parkir, gitar, dan lainnya.

Syahduddi mengungkapkan, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cirebon selama 2020 mencapai 381 persitiwa dan total kerugian yang ditimbulkannya Rp 448.055.000. Dari jumlah tersebut, terdapat 167 korban meninggal dunia, 31 korban luka berat, dan 390 korban mengalami luka ringan.

“Sie Propam Polresta Cirebon juga menangani perkara terkait profesi dan pengamanan personel selama tahun 2020. Yakni, 15 pelanggaran disiplin, 3 pelanggaran kode etik, dan 2 pelanggaran pidana,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

Tularkan Semangat Positif dalam Peringatan International Midwife Day⁣ ⁣

Cirebon,- International Midwife Day (IMD) yang diperingati setiap 5 Mei ini menjadi momentum yang bermakna bagi seluruh bidan di dunia. Peringatan ini secara formal...

More Articles Like This