Sepanjang RAFI 2022 Telkomsel Prediksi Akan Terjadi Pergerakan yang Signifikan, Ini Yang Sudah Dilakukan

Jakarta,- Sepanjang Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun 2022, Telkomsel fokus kepada upaya pengamanan kapasitas dan kualitas jaringan broadband, jaminan ketersediaan produk dan layanan unggulan. Selain itu, program loyalitas pelanggan, ragam pilihan platform dan layanan digital terdepan, serta berbagi lebih banyak kebaikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan.

Dengan mengambil tema “Sambungkan Senyum”, pada RAFI 2022 Telkomsel pastikan seluruh jaringan broadband yang telah dipersiapkan dapat berjalan prima dan ketersediaan seluruh produk dan layanan tetap terjaga. Telkomsel menghadirkan Posko Virtual untuk mendukung aktivitas pengamatan dan penanganan jaringan serta pengamanan distribusi produk dan layanan, yang dilakukan baik secara hybrid.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan pada momen RAFI tahun ini, dengan harapan masa pandemi COVID-19 semakin membaik, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bagi masyarakat untuk dapat melakukan aktivitas mudik dengan sejumlah persyaratan pendukung.

Untuk itu, lanjut Hendri, Telkomsel berupaya untuk melakukan pengamanan operasional jaringan yang difokuskan di beberapa wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital yang tinggi di sejumlah wilayah, seiring dengan pemberlakuan kebijakan tersebut.

“Kami memperkirakan akan terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2022, jika dibandingkan dengan hari normal di 2022,” ujar Hendri saat pres conference melalui zoom meeting, Jumat (1/4/2022).

BACA YUK:  PJ Gubernur Jabar Serahkan Santunan Korban Tabrakan Kereta Api di Cicalengka

Trafik layanan data/broadband, kata Hendri, diprediksi akan tumbuh sebesar 9,4 persen, serta trafik layanan panggilan suara diproyeksi akan mengalami penurunan sebesar 9,3 persen dan SMS tumbuh sekira 4,1 persen.

Sedangkan untuk aktivitas layanan digital masyarakat juga diperkirakan juga akan meningkat selama RAFI 2022, seperti akses layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 7,5 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 21,3 persen, layanan streaming video meningkat sekira 15,3 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 34,9 persen, akses browsing naik 17,8 persen, serta akses layanan e-commerce yang juga tumbuh sekira 18,4 persen.

“Mengantisipasi hal tersebut, secara keseluruhan proses optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel akan difokuskan di 500 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia, yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya,” kata Hendri.

Telkomsel juga telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, terutama memastikan kualitas dan ketersediaan jaringan yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

BACA YUK:  Hari ini, Dua TPS di Kecamatan Kejaksan Gelar Pemungutan Suara Ulang

Secara proaktif, tambah Hendri, Telkomsel telah melakukan upaya penguatan kualitas jaringan dengan melakukan peningkatan kapasitas 155 unit BTS 4G/LTE dan melakukan penambahan sebanyak 284 unit BTS 4G/LTE baru, mengoperasikan tambahan 60 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) seluruh wilayah POI RAFI 2022. melengkapi total lebih dari 255.000 unit BTS Telkomsel yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 4G/LTE dan menjangkau 96 persen wilayah populasi di Indonesia.

“Hingga Maret 2022 ini, Telkomsel bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga telah merampungkan pembangunan sekira 2750 BTS USO berteknologi 4G/LTE dari target pembangunan 7.772 BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE sepanjang tahun ini,” bebernya.

Di samping itu, guna memastikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi maupun mengakses layanan data selama Ramadan tahun ini, Telkomsel turut menambah kapasitas sekira 932 Gbps untuk GGSN (Gateway GPRS Support Node) sehingga total kapasitas menjadi 10.032 Gbps. Sedangkan untuk Internet IX ada penambahan kapasitas sebesar 290 Gbps, sehingga total kapasitas menjadi 6.390 Gbps.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel, Nugroho menambahkan Telkomsel sendiri mulai Maret 2022 telah memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota/kabupaten hingga akhir tahun. Proses telah dilakukan secara bertahap, dimulai Maret 2022 ini.

BACA YUK:  Pj Wali Kota Hadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah se-Jawa Barat Tahun 2024

“Untuk kemudahan layanan suara berbasis teknologi 4G/LTE, layanan VoLTE Telkomsel kini sudah tersedia di 514 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di lebih dari 100 tipe smartphone,” tegas Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan dalam rangka menambah keseruan untuk membangun optimisme masyarakat agar dapat #SambungkanSenyuman di setiap fase kehidupan, Telkomsel memastikan ketersediaan produk dan layanan.

Telkomsel, lanjut Adiwinahyu, memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai platform instant messaging terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.

“Telkomsel juga telah menyiagakan 394 GraPARI dan lebih dari 420.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in) selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” pungkasnya. (HSY)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *