Senin, 24 Januari 2022

Sepanjang 2018, Bawaslu Kota Cirebon Telah Menindak 34 Pelanggaran dan Tertibkan Ribuan APK

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Bawaslu Kota Cirebon menggelar acara Press Confrence Kaleidoskop Pengawasan 2018 yang berlangsung di salah satu cafe di Jalan Dr. Wahidin, Kota Cirebon, Sabtu (5/1/2019).

Sepanjang tahun 2018, Bawaslu Kota Cirebon berupaya keras menjaga marwah dengan melaksanakan kewenangan dan tupoksi agar selalu on the right track.

Bawaslu Kota Cirebon mengawali pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018. Pada pilkada serentak tahun 2018 adalah medan terberat yang berujung pada Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Loading...

“Namun demikian, kami telah melalui proses itu dengan gemilang berkat kinerja luar biasa seluruh jajaran pengawas dan stakwholder, sehingga Kota Cirebon berlangsung dengn aman, tertib, dan terkendala,” ujar Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohamad Joharudin.

BACA YUK:  Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen di Kota Cirebon Mulai 10 Januari 2022

1. Evaluasi Kinerja Bawaslu Kota Cirebon tahun 2018

Sepanjang tahun 2018, Bawaslu Kota Cirebon melakukan kerja-kerja pencegahan, pengawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa.

“Selain itu, Bawaslu Kota Cirebon telah melakukan penertiban ribuan APK (Alat Peraga Kampanye) yang melanggar ketentuan undang-undang,” ujar Joharudin.

2. Bawaslu Kota Cirebon Melakukan Pencegahan

Untuk Pencegahan, Bawaslu Kota Cirebon telah mensosialisasikan peraturan, pemetaan potensei kerawanan, supervisi dan koordinasi kelembagaan dengan pemanggku kepentingan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Dalam kurun waktu satu tahun di 2018, Bawaslu Kota Cirebon telah menyelenggarakan 15 kegiatan yang berkaitan dengan netralitas ASN (Aparatus Sipil Negara), pemilih pemula, dan penyandang disabilitas.

Selain itu juga telah melakukan sosialisasi untuk forum partisipasi pengawas dari berbagai kalangan, pembentukan saka adhyasta untuk jajaran Pramuka, OKP dan Ormas.

“Dan kami juga telah melakukan Deklarasi Pemilu Bersih dan Berintegritas,” beber Johar.

Press Confrence Bawaslu Kota Cirebon

3. Bawaslu Melakukan Pengawasan

Bawaslu Kota Cirebon telah melakukan Pengawasan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2018, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon, serta Pemilihan Umum 2019.

BACA YUK:  Buka Cabang Ke-5, UD Barokah Frozen Food Store Kedawung Langsung Diminati Masyarakat

Dalam setiap tahapannya, pihaknya menyelenggarakan rakernas, simulasi, evaluasi internal jajaran pengawas yang berkaitan dengan wewenang dan tupoksi.

“Maupun roadshow menjalin koordinasi dan kerja sama intensif dengan Pemda dan Stakholder,” jelasnya.

4. Melakukan Penindakan

Sepanjang pelaksanaan Pilkada tahun 2018, Bawaslu Kota Cirebon telah menindak sebanyak 30 pelanggaran, terdiri dari 25 temuan dan 5 laporan.

“Dari 25 temuan, paling banyak pelanggaran administrasi pemilu seperti pelanggaran APK dan terbaru penemuan caleg seorang kepala desa,” ungkapnya.

“Sedangkan 5 laporan yang diterima Bawaslu yaitu adanya pelanggaran money politic sebanyak empat laporan,” imbuhnya.

Selain itu, Pelanggaran pada Pemilihan Umum, Bawaslu Kota Cirebon menindak 3 pelanggaran dan 1 penyelesaian sengketa.

5. APK Melanggar Pada Pemilu 2019

Alat Peraga Kampanye dari kurun waktu Pemilu ke Pemilu berikutnya trennya selalu mengabaikan ketentuan perundang-undangan.

Tahap pertama, Bawaslu Kota Cirebon telah menertibkan APK yang melanggar perundang-undangan mencapai 2.774 dari lima Kecamatan yang ada di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Selama Januari 2022, Hotel Neo Cirebon Hadirkan Korean Food Promo

“Baligho sebanyak 15, Spanduk 10, umbul-umbul 5, dan paling banyak yakni poster mencapai 2.744,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali...

Cegah Penyebaran Omicron, Goa Sunyaragi Perketat Protokol Kesehatan untuk WNA

Cirebon,- Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) memperketat wisatawan asing atau WNA yang hendak berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi. Pengetatan turis asing...

Terus Kembangkan dan Lindungi UMKM, Batur Mba Wulan Gelar Acara “Ngopi”

Cirebon,- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian akan pengembangan UMKM di Wilayah Cirebon, BMW (Batur Mba Wulan) menggelar diskusi bareng lewat Ngopi (Ngobrol Hepi) Bareng...

Hujan Deras di Kota Cirebon, Tumbangkan Pohon dan Timpa Pengendara

Cirebon,- Hujan deras dan angin kencang melanda Kota Cirebon pada Minggu sore, (23/01/2022) mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Cipto Kota Cirebon dan menimpa pengendara...

More Articles Like This