Senin, 17 Mei 2021

Senangnya Anak-anak Disabilitas Mengunjungi KRI Teluk Cirebon 543 di Pelabuhan Cirebon

Populer

Kampung Sabin, Tawarkan Konsep Suasana Bali

Cirebon,- Ingin merasakan suasana seperti di Ubud Bali, kini tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke Bali. Pasalnya, di Cirebon...

Pesona Curug Cigetruk yang Belum Banyak Orang Tahu dengan Ketinggian 27 Meter⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kecamatan Dukupuntang dikenal sebagai salah satu wilayah kecamatan penyangga pariwisata berbasis alam (Agrowisata) di Kabupaten Cirebon.⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣ Terdapat berbagai sumber...

Serentak, PGRI Kota Cirebon Bagikan 3000 Takjil dan Nasi Kotak di 4 Kecamatan⁣

Cirebon,- Di penghujung Ramadan 1442 H ini, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cirebon mengadakan kegiatan berbagi. Berbeda dengan...

RedBox Barbershop Ramai Pengunjung, Hari Lebaran Tetap Buka

Cirebon,- Jelang hari raya Idulfitri, jasa potong rambut atau barbershop ramai pengunjung. Hal ini menjadi berkah tersendiri bari para...

Cirebon,- Puluhan anak-anak disabilitas dari SLB (Sekolah Luar Biasa) Budi Utama dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cirebon mengunjungi KRI Teluk Cirebon 543 di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon.

Pantauan About Cirebon di lokasi, puluhan anak-anak dari SLB Budi Utama begitu antusias, mereka langsung diterima oleh pasukan TNI Angkatan Laut dan melihat-lihat isi di dalam KRI Teluk Cirebon.

Loading...

Tak hanya melihat-lihat, anak-anak tersebut berfoto dengan senjata yang dimiliki TNI Angkatan Laut dengan didampingi dari anggota TNI Angkatan Laut.

Katon Wiranata Abimanyu (13), siswa SLB Negeri Budi Utama Kota Cirebon mengaku senang bisa melihat langsung KRI Teluk Cirebon 543 dan ini baru pertama kali bisa naik keatas kapal.

“Ini baru pertama kali ya kami kesini (naik kapal KRI), walaupun sebelumnya pernah tapi hanya lihat kapal-kapalnya saja,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Pemudik yang Lolos ke Kampung Halaman akan Dikarantina Selama 5 Hari

Katon mengaku senang sekali bisa melihat bahkan menaiki KRI Teluk Cirebon 543. Bahkan menurut Katon, anggota TNI Angkatan Laut sangat hormat sekali kepada penyandang disabilitas.

“Saya berharap kedepannya Indonesia lebih ramah kepada disabilitas,” harap Katon.

Katon bersama rekan-rekan dan juga gurunya sempat mencoba memegang persenjataan yang dipamerkan, mencoba teropong, dan lainnya.

Elis Kusdinar, selaku Kepala Sekolah SLB Negeri Budi Utama Kota Cirebon mengatakan siswa yang mengikuti acara kunjungan ke KRI Teluk Cirebon 543 ada 20 anak, tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada anak-anak disabilitas.

“Sebenarnya di SLB Budi Utama ada 180 siswa, namun yang ikut kegiatan ini hanya 20 siswa saja,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  BSI Catat Volume Transaksi Digital Tembus Rp 40,85 Triliun, BSI Mobile Naik 82 Persen

Elis menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak bisa lebih cinta lagi kepada tanah air dan penanaman karakter serta budi pekerti untuk mereka dengan mengenal kapal seperti apa.

“Karena yang datang kesini kan ada tunadaksa, grahita, dan rungu wicara. Dengan adanya langsung melihat kesini, mereka akan lebih ingat lagi ohh kapal seperti ini, senjata seperti ini. Karena tadi mereka juga diperkenalkan berbagai senjata yang ada di kapal ini,” bebernya.

“Artinya, kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada tanah air. Bahkan responnya sangat tinggi, mereka sangat bersemangat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon, Dede Dahlia mengatakan bahwa pada dasarnya Dinas Sosial akan memenuhi hak seluruh anak, diantaranya anak disabilitas.

“Karena mungkin agak sulit akses kesini, maka kami fasilitasi demi memenuhi hak itu. Dan kami mohon kepada pihak-pihak yang ada acara seperti ini untuk bisa mengajak anak-anak disabilitas dan anak-anak yang membutuhkan,” ujarnya.

Lanjut Dede, tujuan kegiatan ini agar mereka mempunyai motivasi bahwa mereka sudah sama dengan anak-anak lainnya. Dan Alhamdulillah responnya sangat baik sekali.

“Untuk kegiatan di KRI ini baru pertama kali, tetapi kami sudah pernah mengajak anak-anak disabilitas mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Cirebon seperti Gua Sunyaragi, Keraton, bahkan ke Balaikota dan gedung DPRD Kota Cirebon,” ungkap Dede.

BACA YUK:  Buka Puasa di Metland Hotel Cirebon Tersedia 40 Menu Pilihan

Lebih lanjut, kata Dede, sejauh ini Kota Cirebon sudah ramah disabilitas, namun untuk sarana prasarana memang belum semua menyikapi.

“Tapi pada dasarnya Kota Cirebon semua sudah ramah disabilitas,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Layanan KA Khusus Non-Mudik di Daop 3 Cirebon Berangkatkan 3.564 Penumpang

Cirebon,- Selama masa larangan mudik lebaran tahun 2021, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melayani orang-orang yang dikecualikan sesuai...

Pasca Lebaran, Kepala Daerah Diminta Lakukan Uji Sampling Covid-19

Cirebon,- Pasca hari raya idul Fitri 1442 Hijriah, Presiden Joko Widodo saat Rakor Virtual mengintruksikan kepada Kepala Daerah untuk berhati-hati didalam menyikapi pasca mudik...

Moment Ramadan dan Idul Fitri 2021, Layanan Data Telkomsel Tumbuh 49 Persen

Jakarta,- Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, Telkomsel mencatat lonjakan trafik layanan data hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama...

Penyekatan Arus Balik di Kota Cirebon, Hasil Pemeriksaan Antigen Dinyatakan Negatif

Cirebon,- Petugas Polres Cirebon Kota bersama petugas gabungan melakukan penyekatan arus balik dan pemeriksaan tes cepat antigen di Pos PAM Kalijaga, Kota Cirebon, Senin...

More Articles Like This