Rabu, 2 Desember 2020

Senangnya Anak-anak Disabilitas Mengunjungi KRI Teluk Cirebon 543 di Pelabuhan Cirebon

Populer

MD 7 Hotel Hadir di Cirebon, Tawarkan Promo Menarik Hanya Rp. 187 ribu/Malam

Cirebon,- MD 7 Hotel merupakan hotel budget yang terletak di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Hotel dengan 8 lantai ini...

Ratusan Guru dan Nakes di Cirebon Manfaatkan Program Naik KA Gratis

Cirebon,- Sejak dihadirkannya program PT KAI Gratiskan Guru dan Tenaga Kesehatan (Nakes) Naik Kereta Api sejak awal November 2020...

Crab 1818 Hadirkan Promo Bapper, Harga Lebih Murah ⁣

Cirebon,- Restoran Pelopor Bancakan Seafood pertama di Kota Cirebon, Crab 1818 kembali menghadirkan promo untuk pelanggan.⁣ ⁣ Crab 1818 yang berlokasi...

Kandang Ayam Hadir di Cirebon, Tawarkan Menu Olahan Ayam dan Pilihan Sauce

Cirebon,- Resto Kandang Ayam kini hadir meramaikan kuliner di Kota Cirebon. Bertempat di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, Resto Kandang...

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

Cirebon,- Jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka pemesanan tiket...

Cirebon,- Puluhan anak-anak disabilitas dari SLB (Sekolah Luar Biasa) Budi Utama dan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cirebon mengunjungi KRI Teluk Cirebon 543 di Dermaga Linggarjati Pelabuhan Cirebon, Rabu (11/12/2019).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon.

Pantauan About Cirebon di lokasi, puluhan anak-anak dari SLB Budi Utama begitu antusias, mereka langsung diterima oleh pasukan TNI Angkatan Laut dan melihat-lihat isi di dalam KRI Teluk Cirebon.

Loading...

Tak hanya melihat-lihat, anak-anak tersebut berfoto dengan senjata yang dimiliki TNI Angkatan Laut dengan didampingi dari anggota TNI Angkatan Laut.

Katon Wiranata Abimanyu (13), siswa SLB Negeri Budi Utama Kota Cirebon mengaku senang bisa melihat langsung KRI Teluk Cirebon 543 dan ini baru pertama kali bisa naik keatas kapal.

BACA YUK:  Tangki Gunner, Semprot Sejumlah Lokasi di Kabupaten Cirebon

“Ini baru pertama kali ya kami kesini (naik kapal KRI), walaupun sebelumnya pernah tapi hanya lihat kapal-kapalnya saja,” ujarnya kepada About Cirebon.

Katon mengaku senang sekali bisa melihat bahkan menaiki KRI Teluk Cirebon 543. Bahkan menurut Katon, anggota TNI Angkatan Laut sangat hormat sekali kepada penyandang disabilitas.

“Saya berharap kedepannya Indonesia lebih ramah kepada disabilitas,” harap Katon.

Katon bersama rekan-rekan dan juga gurunya sempat mencoba memegang persenjataan yang dipamerkan, mencoba teropong, dan lainnya.

Elis Kusdinar, selaku Kepala Sekolah SLB Negeri Budi Utama Kota Cirebon mengatakan siswa yang mengikuti acara kunjungan ke KRI Teluk Cirebon 543 ada 20 anak, tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada anak-anak disabilitas.

“Sebenarnya di SLB Budi Utama ada 180 siswa, namun yang ikut kegiatan ini hanya 20 siswa saja,” ujarnya kepada About Cirebon.

BACA YUK:  Dealer Hyundai Mulai Pasarkan Mobil Listrik di Cirebon, ini Keunggulannya

Elis menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak bisa lebih cinta lagi kepada tanah air dan penanaman karakter serta budi pekerti untuk mereka dengan mengenal kapal seperti apa.

“Karena yang datang kesini kan ada tunadaksa, grahita, dan rungu wicara. Dengan adanya langsung melihat kesini, mereka akan lebih ingat lagi ohh kapal seperti ini, senjata seperti ini. Karena tadi mereka juga diperkenalkan berbagai senjata yang ada di kapal ini,” bebernya.

“Artinya, kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan mereka kepada tanah air. Bahkan responnya sangat tinggi, mereka sangat bersemangat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon, Dede Dahlia mengatakan bahwa pada dasarnya Dinas Sosial akan memenuhi hak seluruh anak, diantaranya anak disabilitas.

“Karena mungkin agak sulit akses kesini, maka kami fasilitasi demi memenuhi hak itu. Dan kami mohon kepada pihak-pihak yang ada acara seperti ini untuk bisa mengajak anak-anak disabilitas dan anak-anak yang membutuhkan,” ujarnya.

Lanjut Dede, tujuan kegiatan ini agar mereka mempunyai motivasi bahwa mereka sudah sama dengan anak-anak lainnya. Dan Alhamdulillah responnya sangat baik sekali.

“Untuk kegiatan di KRI ini baru pertama kali, tetapi kami sudah pernah mengajak anak-anak disabilitas mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Cirebon seperti Gua Sunyaragi, Keraton, bahkan ke Balaikota dan gedung DPRD Kota Cirebon,” ungkap Dede.

BACA YUK:  Hari Pahlawan, KAI Gratiskan Guru dan Nakes Naik Kereta Api

Lebih lanjut, kata Dede, sejauh ini Kota Cirebon sudah ramah disabilitas, namun untuk sarana prasarana memang belum semua menyikapi.

“Tapi pada dasarnya Kota Cirebon semua sudah ramah disabilitas,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mulai Desember, Pegawai di Pemkab Cirebon Gunakan Batik Mande Praja Caruban

Cirebon,- Pemerintah Kabupaten Cirebon telah menetapkan Batik Mande Praja Caruban sebagai batik baru untuk seluruh pegawai di Pemerintahan Kabupaten...

Telkomsel Raih Predikat Terbaik pada 2020 Cloudera Data Impact Award

Jakarta,- Telkomsel terpilih menjadi pemenang pada 2020 Cloudera Data Impact Awards, ajang penghargaan internasional yang mengapresiasi upaya 1.400 perusahaan di seluruh dunia dalam menciptakan...

Coba Deh Bebek Nasi Rempah, Cita Rasa yang Khas Bumbu Indonesia

Cirebon,- Berawal dari hobi masak dan kulineran, Nudiana Sari warga Bumi Arum Sari, Kabupaten Cirebon mengambil peluang untuk membuka usaha kuliner. Usaha yang sudah digeluti...

Pengecatan Rambu Jalur Sepeda Mulai Dilakukan di Kota Cirebon

Cirebon,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon mulai melakukan pengecatan rambu jalur sepeda, Senin (30/11/2020). Pengecatan rambu jalur sepeda baru dilakukan di sepanjang Jalan Dr. Wahidin...

More Articles Like This