Sembuh dari Covid-19, Bupati Cirebon Donor Plasma Darah

Cirebon,- Setelah dinyatakan negatif dan sembuh dari Covid-19, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron melakukan donor plasma darah untuk pasien yang terpapar Covid-19.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Enny Suhaeni, Bupati Cirebon melakukan donor plasma darah di PMI Kabupaten Cirebon, Senin (18/1/2021).

Pantauan About Cirebon di PMI Kabupaten Cirebon, dalam proses donor plasma darah ini, Bupati Cirebon mendonorkan sebanyak 625 cc selama 1 jam 15 menit.

“Plasma darah ini untuk mengobati pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Imron kepada awak media.

BACA YUK:  Bupati Cirebon Minta SKPD Bersinergi dengan Kelompok Informasi Masyarakat

Imron menjelaskan bahwa, pengambilan plasma darah ini sama saja seperti donor darah. Tidak ada rasa apa-apa, hanya saja merasakan jarum suntik pertama.

“Saya baru tahu cara pengambilan donor plasma. Kalau donor biasa kan hanya diambil darahnya sudah selesai. Tapi kalo donor plasma itu diambil masuk ke mesin, diambil plasmanya, setelah itu darah merah di balikan lagi sampai 4 kali,” ungkap Imron.

Imron menjelaskan, plasma darah ini akan diberikan kepada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, Imron menghimbau kepada masyarakat yang baru saja sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasmanya.

BACA YUK:  Sekda Kota Cirebon: Sosok Eril seorang Pemuda yang Sopan, Pendiam, Pintar dan Bisa Menempatkan Diri

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Rd Sri Heviyana mengatakan bahwa Bupati Cirebon merupakan pendonor plasma ke-89 di PMI Kabupaten Cirebon.

Sejak dibukanya pendonor plasma di Kabupaten Cirebon, sampai saat ini banyak yang ingin mendonorkan plasmanya namun tidak sesuai dengan kriteria.

“Sebetulnya, kebutuhan plasma daerah di Kabupaten Cirebon ini sangat banyak permintaanya. Hanya saja, penyitas yang datang kesini tidak sesuai,” ungkpanya.

Menurut Heviyana, yang membutuhkan plasma darah ini tidak hanya dari wilayah Cirebon dan sekitarnya, tapi berasal juga dari luar Cirebon.

BACA YUK:  Info Loker : Bloods Cirebon

“Kemarin ada yang dari Lampung, Semarang, Cianjur, Jakarta, yang meminta. Bahkan saat ini tidak ada stok, karena begitu ada langsung diberikan kepada pasien yang membutuhkan,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 7 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.