Selama Pandemi COVID-19, Persediaan Darah Secara Nasional Turun 50 Persen

Cirebon,- Persediaan darah secara nasional selama Pandemi COVID-19 mengalami penurunan yang sangat drastis hingga 50 persen. Hal tersebut diungkapkan dr. Dedy Setriyadi, Kepala Bagian Pengelolaan Donor PMI Kabupaten Cirebon, Kamis (17/3/2022).

“Secara nasional stok darah mengalami penurunan hingga 50 persen selama Pandemi COVID-19,” ujar dr. Dedy saat ditemui About Cirebon di sela-sela kegiatan donor darah di BNN Kota Cirebon.

Menurut dr. Dedy, kebutuhan darah di Kabupaten Cirebon saja masih kurang jauh. Setiap bulannya PMI Kabupaten Cirebon membutuhkan kurang lebih 3.000 labu untuk memenuhi kebutuhan darah.

BACA YUK:  22 Ribu Anak di Kota Cirebon akan Dilakukan Imunisasi Dasar Lengkap di Rumah Sakit dan Puskesmas

“Kita di wilayah Kabupaten Cirebon itu bulan kemarin (Februari 2022) hanya dapat 2.108 labu. Sedangkan kebutuhan darah di Kabupaten Cirebon sebulan mencapai 3.000 labu. Artinya masih kurang jauh,” kata dr. Dedy.

Sehingga, pihaknya berharap dengan kegiatan donor darah dengan BNN Kota Cirebon ini bisa memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat Cirebon. Apalagi, kata dr. Dedy, kegiatan donor darah dengan BNN Kota Cirebon rutin dilakukan.

“Selama ini kami bekerja sama dengan BNN Kota Cirebon sudah berjalan untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. Setahun bisa dilaksanakan dua kali,” jelasnya

BACA YUK:  Bayer Tandatangani MoU dengan Kementerian Pertanian, Dorong Penguatan Sektor Pertanian Indonesia

Sehingga, menurut dr. Dedy, kegiatan donor darah ini salah satu upaya untuk memenuhi stok darah di PMI Kabupaten Cirebon untuk warga Cirebon.

Sehingga, dr. Dedy berharap, kerjasama dengan BNN Kota Cirebon ini bisa memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Kabupaten Cirebon. Terutama untuk menjelang bulan Ramadan.

“Mudah-mudahan instansi lainnya bisa mengikuti kegiatan donor darah seperti ini untuk memenuhi kebutuhan dari bagi warga Cirebon,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 33 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.