Selama Pandemi Covid-19, Astra Andalkan Penjualan Secara Digital

Cirebon,- Hampir seluruh sektor usaha di Indonesia terdampak karena pandemi Covid-19. Salah satu sektor yang terdampak yakni sektor industri otomotif.

Saat awal pandemi Covid-19, penjualan kendaraan roda empat mengalami penurunan hingga 40 persen, bahkan lebih dari 50 persen. Namun, akhirnya penjualan kendaraan roda empat bisa kembali bangkit dengan adanya penjualan secara digital.

“Saat pandemi pastilah terdampak, hampir 40 sampai 50 persen penurunannya. Tapi ke belakang orang-orang marketingnya mau tidak mau harus hidup, dengan cara digitalnya harus dijalankan,” ujar H. Winarno, selaku Branch Manager Auto2000 Cabang Indramayu kepada About Cirebon, Sabtu (28/8/2021).

BACA YUK:  Saat Cuaca Cirebon Panas, Pembeli Es Tape Bakung Meningkat Signifikan

Selama satu bulan, kata Winarno, penjualan mobil saat normal bisa mencapai 80 unit. Akan tetapi selama pandemi hanya bisa menjual sekitar 50 unit mobil.

“Sekarang sudah bisa jalan, walaupun harus tetap protokol ketat. Sehingga, setelah kita cari cara penjualan dengan digital ada peningkatan kembali,” jelasnya.

Apalagi, tambah Winarno, dengan adanya program relaksasi PPnBM sangat menolong dalam penjualan kendaraan. Bahkan sangat mendongkrak penjualan.

“Sangat mendongrak dengan adanya program relaksasi itu. Saya optimis penjualan bulan ini bisa mencapai 60 sampai 70 unit,” pungkasnya.

BACA YUK:  Penanganan Sampah di Kota Cirebon Membutuhkan Sinergi yang Selaras

Sementara itu, Vincentius Allen Budiono, selaku Branch Manager Astra Daihatsu Cirebon menambahkan dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ada dampak terhadap penjualan. Akan tetapi masyarakat masih percaya dengan produk-produk yang kita miliki.

“Apalagi ada produk baru yang kita miliki yaitu Rocky, animonya cukup besar. Walaupun ada hambatan dari PPKM, tapi pemesanan tetap naik,” ujar Allen.

Menurut Allen, pemesanan pada bulan Agustus 2021 adak kenaikan hingga 40 persen dibanding dengan bulan kemarin. Sedangkan untuk penjualan saja sudah naik 30 persen dibanding dengan bulan kemarin.

BACA YUK:  Antisipasi Libur Sekolah, KAI Daop 3 Cirebon Operasikan 4 Perjalanan KA Argo Cheribon

“Jadi, walaupun ada PPKM orang tetap butuh beli mobil. Sehingga peningkatan demand tetap ada. Kita juga penjualan dengan online,” katanya. (AC212)

(Dilihat: 16 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.