Selama 2 Hari, Ribuan Orang Datangi Openship KRI Dewaruci di Pelabuhan Cirebon

Cirebon – Ribuan warga mendatangi openship Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci di Pelabuhan Cirebon, Minggu (25/9/2022).

Warga dari berbagai daerah berbondong-bondong datang untuk melihat dari dekat KRI Dewaruci dalam rangka Ekspedisi Maritim TNI AL dengan tema “Jelajahi Kejayaan Maritim Nusantara”.

Ekspedisi Maritim tersebut berlangsung sejak 22 September sampai dengan 11 Oktober 2022. KRI Dewa Ruci akan bersandar di beberapa kota, dimulai dari Jakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Salatiga, Juwana, Rembang, Gresik, Surabaya, Pacitan, Yogyakarta, Cilacap, Pangandaran dan kembali lagi ke Jakarta.

Salah satu warga mengaku sengaja datang ke Pelabuhan Cirebon setelah mendapatkan kabar adanya KRI Dewaruci dari media sosial untuk Openshop selama 2 hari, 24 – 25 September 2022.

BACA YUK:  KRI Dewaruci Sudah Tiba di Pelabuhan Cirebon

“(Tahu) dari Media Sosial ada kapal Dewaruci di Pelabuhan jadi penasaran dan datang ke sini bareng keluarga,” ujar Meitia warga asal Banjarwangunan Mundu.

Tia juga sangat berkesan dengan keberadaan KRI Dewaruci yang merupakan kapal buatan Jerman tahun 1952 dan masih terawat dengan baik.

“Jenis kapal tua tapi masih bisa berlayar hingga keliling dunia, ini keren banget,” tambahnya.

Komandan KRI Dewa Ruci Mayor Laut (P) Sugeng Hariyanto, mengatakan warga Cirebon sangat antusias dengan kedatangan kapal ini.

BACA YUK:  Jadwal Pemadaman Listrik di ULP Cirebon Kota, 04 Oktober 2022

Kapal berusia 69 tahun ini sudah tiga kali datang ke Cirebon dan dikunjungi ribuan orang.

“Nilai historis KRI Dewa Ruci sangat tinggi dan diminati masyarakat Indonesia, dimanapun kami bersandar selalu di kunjungi ribuan orang, ini yang membuat kami bangga,” kata Sugeng.

Kebanyakan pengunjung penasaran ini mengetahui secara langsung kapal latih para kadet buatan H.C. Stulcken & Sohn Hamburd, Jerman, 1952.

Kapal ini resmi masuk dalam jajaran armada TNI AL pada 24 Januari 1953.

KRI Dewa Ruci merupakan kapal layar tinggi dengan dek berlapis kayu halus. Yang menarik, kapal ini masih mempertahankan kemudi terbuat dari kayu.

BACA YUK:  Kembali Menepi, Tahukah Kamu Kapal KRI Dewaruci Banyak Alami Perubahan Loh!

Mengapa KRI Dewa Ruci memiliki daya tarik tersendiri karena menjadi kapal latih para kadet Akademi Angkatan Laut.

Sejak beroperasi sampai saat ini Dewa Ruci sudah dua kali mengelilingi dunia pada 1964 dan 2012.

Kapal ini juga meraih penghargaan paling keren yakni Cutty Shark Thropy pada 1998.

Warga Cirebon ternyata lebih menyukai kapal yang memiliki nilai sejarah dibanding kapal modern yang dimiliki Angkatan Laut.

KRI Dewaruci akan bersandar di Pelabuhan Cirebon sampai hari Minggu (25/9/2022) dan akan melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya. (ARD)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *