Sekjen PMI Pusat : Gedung Baru PMI Kota Cirebon Bisa Jadi Percontohan

Cirebon,- Sekretaris Jendral (Sekjen) Palang Merah Indonesia PMI) Pusat, Sudirman Said meresmikan gedung baru PMI Kota Cirebon di Jalan Dr. Sudarsono, Kota Cirebon, Minggu (10/10/2021).

Menurut Sudirman Said, gedung baru PMI Kota Cirebon merupakan bentuk kemitraan dengan pemerintah. Dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 2018 mengatakan pelaksana PMI ada dua, kesatu pemerintah dan kedua gerakan palang merah.

“Kita selalu bermitra dalam situasi apapun. Sehingga, gedung baru ini wujud dari kemitraan itu. Lahan disiapkan oleh pemerintah daerah, kemudian dicari dana bersama,” ujarnya.

BACA YUK:  Jadwal Donor Darah di Kota Cirebon, 7 April 2022

Baca Yuk : Gedung Baru PMI Kota Cirebon Diresmikan

Sudirman menjelaskan, ada lima mandat PMI, yakni membantu korban bencana, membantu korban konflik, menyediakan donor darah, kesehatan dan sosial, serta membangun kesukarelawanan.

“Insyaallah gedung ini akan menjadi one stop shopping untuk semua layanan yang diberikan oleh Palang Merah. Kita lihat UDD nya sangat baik,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan gedung PMI Kota Cirebon bisa menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain untuk menyiapkan sarana prasarana di PMI masing-masing kabupaten/kota,” sambungnya.

Mengenai donor darah, kata Sudirman, saat ini tidak ada masalah. Walaupun dulu sempat turun sedikit, tapi berkat dukungan dari instansi strategis seperti TNI-Polri dan ASN, stok darah kembali naik.

BACA YUK:  Lagi, Satreskrim Polres Cirebon Kota Amankan Pelaku Premanisme

“Apalagi sekarang boleh dibilang orang tidak takut lagi datang ke unit donor darah. Kita syukuri tidak ada masalah dalam penyediaan darah,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 10 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.