Rabu, 20 Januari 2021

Sekda Kota Cirebon: Pengalihan Lalu Lintas Tidak Ada Kaitan Langsung Dengan Covid-19, Tapi Bisa Batasi Mobilitas Warga

Populer

Sensasi Makan Durian Montong Petik Langsung dari Pohon di Kopi Montong

Cirebon,- Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut (MDPL), agrowisata durian Kopi Montong yang berlokasi di Sindang...

Obyek Wisata Baru Tenjo Layar Kuningan Segera Dibuka⁣⁣

⁣Kuningan, - Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Tenjo Layar merupakan salah satu obyek wisata baru di Kuningan...

Beli Saporete Coffee, 10% Keuntungannya Untuk Membantu Anak Yatim⁣

Cirebon - Anda penikmat kopi? Bisa cicipi Saporete Coffee yang hadir dalam berbagai varian rasa. Membeli kopi berarti anda...

Inilah Tempat Wisata Kuliner di Talun Kabupaten Cirebon dengan Suasana Persawahan ⁣

Cirebon,- Kawasan Jalan Ir. Soekarno, Desa Kecomberan dan desa Sarwadadi Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon kini sudah menjadi tempat tujuan...

Produk Kecantikan KF Skin Cosmetics Berikan Apresiasi Kepada Member

Cirebon,- KF Skin Cosmetics TR Team Jawa Barat menggelar acara yang bertajuk Awarding Night atau malam penghargaan bagi para...

Cirebon,- Pengalihan arus lalu lintas di Kota Cirebon diberlakukan mulai Sabtu 10 sampai 31 Oktober 2020 untuk menekan penyebaran Covid-19.

Ada 9 titik ruas jalan di Kota Cirebon yang diberlakukan pengalihan arus. Pengalihan arus ini berdasarkan surat edaran (SE) Walikota Cirebon nomor 443/SE.71-ADM.PEM-UM terkait pembatasan aktivitas di Kota Cirebon yang dimulai sejak tanggal 9 – 31 Oktober 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan bahwa pengalihan arus lalu lintas di Kota Cirebon memang tidak memiliki keterkaitan langsung dengan Covid-19, tetapi bisa membatasi mobilitas dan pergerakan masyarakat.

Loading...
BACA YUK:  Hadirkan Program Kids Activities, Aston Cirebon Ingin Interaksi Orang Tua dan Anak Terjadi

“Di media sosial saat ini ramai terkait pengalihan arus. Namun, pengalihan arus ini bisa membatasi mobilitas dan pergerakan warga menuju ke Kota Cirebon,” ujar Agus, Selasa (13/10/2020).

“Apalagi setiap akhir pekan dan sebentar lagi akan ada libur panjang, maka akan semakin banyak orang dari luar daerah yang berkunjung ke Kota Cirebon,” tambahnya.

Semakin banyak warga yang berkunjung ke Kota Cirebon, lanjut Agus, maka penyebaran Covid-19 bisa semakin meluas. Untuk itu, penyekatan dan manajemen rekayasa lalu lintas diterapkan oleh Pemda Kota Cirebon.

Tentunya, tambah Agus, kita tidak ingin adanya pembatasan lalu lintas di titik tertentu yang berakibat pada padatnya kendaraan di sejumlah jalan –jalan kecil.

“Sebenarnya yang ingin ditumbuhkan yaitu kesadaran masyarakat untuk bisa membatasi mobilitas dan pergerakan mereka sendiri. Kalau memang tidak penting, lebih baik di rumah saja,” ungkapnya.

Jika mobilitas dan pergerakan orang masih dalam kondisi normal, kata Agus, dikhawatirkan resiko penyebaran Covid-19 justru akan semakin meningkat. Saat ini saja, kondisi ruang isolasi mandiri kapasitasnya sudah penuh.

“Ini ikhtiar kami untuk bisa menekan penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon,” tandasnya.

BACA YUK:  Eksekutif dan Legislatif di Kota Cirebon Gelar Coffee Morning untuk Perbaiki Kinerja

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Cirebon, Andi Armawan menjelaskan bahwa ada 9 titik ruas jalan di Kota Cirebon yang diterapkan pengalihan arus.

Menurut Andi, penyekatan dan manajemen rekayasa lalu lintas untuk kendaraan dilakukan untuk kendaraan yang masuk ke dalam Kota Cirebon.

“Kita lakukan di 9 titik. Bisa pagi atau sore. Fleksibel,” ujar Andi saat dihubungi About Cirebon.

Selain itu, tambah Andi, jika penyekatan di satu titik membuat arus lalu lintas di tempat lain terganggu, maka mereka bisa berpindah ke tempat lain.

“Rekayasa lalu lintas ini untuk membatasi yang masuk ke Kota Cirebon, bukan untuk mematikan atau menutup usaha ekonomi,” pungkas Andi. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Program Jelajah Rasa, Kandang Ayam Hadirkan Menu Korean Taste⁣⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Kandang Ayam Resto yang yang berlokasi di Jalan Sudarsono, Kota Cirebon, pada akhir Januari 2021 menghadirkan program Campaign...

Cabuli Anak Dibawah Umur, Penjaga Tempat Ibadah Ditangkap Satreskrim Polresta Cirebon

Cirebon,- Satuan Reskrim Polresta Cirebon menangkap tersangka kasus pencabulan berinisial NF (52). Tersangka sendiri tercatat sebagai warga Bangka Belitung. Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M. Syahduddi...

Octi : Saya Suka Empal Asem, Sate Kambing dan Es Durian⁣⁣ ⁣⁣

Cirebon, - Istimewa. Satu kata yang mewakili Cirebon bagi Angela Maria Octiana Femant (Octi). Wanita yang kini menjabat sebagai Store Manager Gramedia World Cipto...

Bupati Cirebon Tetapkan Tanggap Darurat Banjir

Cirebon,- Bupati Cirebon menetapkan tanggap darurat, dalam penanganan banjir yang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Cirebon. Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon, Alex...

More Articles Like This