Sekat Art Gallery Berkolaborasi dengan Disbudpar Lukis Bola Beton di Depan Balai Kota Cirebon

Cirebon,- Sekat Art Gallery dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon menggelar kegiatan melukis bollard (bola beton). Kegiatan tersebut berlangsung di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon tepatnya di depan Balaikota Cirebon, Sabtu (23/4/2022).

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian menuju pameran gambar yang bertajuk “Sarekat Dagang Seni” pada 14 Mei 2022 mendatang. Selain itu, kegiatan ini sekaligus meramaikan Mei Bulan Menggambar Nasional yang akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Selain Sekat Art Gallery dan Disbudpar Kota Cirebon, ada 12 seniman lintas generasi dan komunitas yang turut meramaikan melukis bollard–bollard dan menjadi pengisi acara. Salah satunya seniman performance Choy Miracle yang terkenal juga sebagai magician yang dimiliki Cirebon juga komunitas Cirebon Movie.

BACA YUK:  Terima Kunjungan KPU, Partai Gelora Kota Cirebon Siap Menangkan Pemilu

Selain menyaksikan para perupa mengeksplore media bola beton dengan melukisnya dan juga menyaksikan performance art. Kegiatan ini diisi dengan ngobrol santai tentang seni dan budaya bersama Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, S.Sos dan beberapa perwakilan seniman Cirebon.

Untuk diketahui, Sekat Art Gallery merupakan kelompok seniman lintas disiplin yang didirikan pada 2020 saat pandemi melanda kota Cirebon. Berlokasi di Baraja Coffee Jalan Tentara pelajar No 107 Cirebon, Sekat Art Gallery menambah ruang seni yang mulai menjamur di kota Cirebon.

Melalui Sekat Art Gallery berharap berbagai jaringan akan saling bertemu dan berkolaborasi untuk dapat saling bertukar pengetahuan dan ide-ide guna mendorong lahirnya berbagai pemikiran kritis, kreativitas serta inovasi-inovasi yang segar. Hadirnya Sekat Art Gallery juga diharapkan dapat menjadi ajang untuk terus merangsang iklim dialog positif serta produktif diantara berbagai perkembangan seni antar komunitas seni di Cirebon khususnya.

BACA YUK:  Tingkatkan SDM, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon Lakukan Uji Ketangkasan dan Ketahanan Fisik

Kerjasama yang baik antara Sekat Art Gallery dengan para pemangku kepentingan seperti seniman dan komunitas seni lainnya, pada gilirannya akan menggairahkan semangat terus berkarya dan menumbuhkan apresiasi seni dan kebudayaan dimasyarakat luas. Sehingga perkembangan kesenian di Cirebon akan semakin tumbuh dan meluas di nusantara hingga akhirnya terwujudnya Cirebon menjadi kota kreatif seni dan budaya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Sukmanjaya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kreativitas para perupa Cirebon. Dengan begitu, lanjut Agus, dapat memberikan sentuhan kreatif terhadap fasilitas dan menjadikan wajah Kota Cirebon menjadi lebih cantik dan menarik.

BACA YUK:  DPD Partai Demokrat Jabar Ingatkan Calon Ketua DPC Taati Pakta Integritas

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih dan mengapreasiasi para perupa Cirebon. Hal ini tentunya, sejalan dengan tujuan dari Visi Kota Cirebon yaitu Mewujudkan Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejarah,” ujar Agus kepada About Cirebon.

Dengan kegiatan ini, kata Agus, bisa menjadi langkah awal kolaborasi antara pemerintah daerah dengan komunitas. Sehingga, Agus berharap bisa menginspirasi komunitas-komunitas lain.

“Mudah-mudah ini menjadi langkah awal kolaborasi dengan pemerintah Kota Cirebon dan dapat menginspirasi komunitas lain untuk saling bersinergi untuk membangun Kota Cirebon. Sehingga, Kota Cirebon bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia,” harapnya. (HSY)

(Dilihat: 154 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.