Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Naik, Harga Cabe Rawit Merah Tembus Rp93.750 Per Kilogram

Cirebon,- Harga sejumlah bahan pokok masyarakat di Kota Cirebon mengalami kenaikan. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon pada 8 Juni 2022, harga cabe rawit merah mengalami kenaikan sebesar Rp. 93.750 per kilogram.

Sedangkan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni minyak goreng curah dengan harga Rp. 16.250 per kilogram. Namun, rata-rata sejumlah komoditas lainnya stabil.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman mengakui saat ini sejumlah kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan.

BACA YUK:  Cegah Banjir Rob, Pemkot Kota Cirebon Minta BBWS Buatkan Pintu Air

Diantaranya daging ayam broiler, telur ayam, dan cabai. Untuk itu, lanjut Iing, bersama dengan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) mereka terus melakukan pengawasan dan melakukan intervensi pasar melalui pasar murah jika harga sudah di luar kewajaran.

“Saat ini sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan seperti daging ayam boiler, telur ayam, dan cabai. Kami bersama TPID akan melakukan pengawasan,” ujar Iing, Rabu (8/6/2022).

Jika harga kebutuhan pokok naik di luar kewajaran, kata Iing, pihaknya akan melakukan intervensi dengan menggelar pasar murah.

BACA YUK:  Asah Kreativitas, DKUKMPP Kota Cirebon Hadirkan Program Potret Kita

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Agus Mulyadi berharap keberadaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dapat mengawasi dan mengendalikan harga kebutuhan pokok di masyarakat.

“Melalui kolaborasi dan sinergitas, TPID Kota Cirebon saya harap dapat memberikan peran, baik dari sisi perekonomian maupun pengendalian harga,” ujar Agus.

Agus sangat berharap pengawasan dan pengendalian harga dapat intensif dilakukan, khususnya yang terkait kebutuhan pokok masyarakat. Untuk itu, pihaknya meminta dapat dibuatkan atau disusun pemetaan jalur distribusi pangan di Kota Cirebon.

BACA YUK:  Awal September, Spot Kuliner di Jalan Pekalipan akan Diberi Nama Festival Pekalipan

“Mengingat Kota Cirebon bukan merupakan daerah penghasil. Beragam bahan pangan didatangkan dari daerah sekitar untuk dijual di Kota Cirebon,” kata Agus.

Agus menekankan agar pergerakan harga kebutuhan pokok masyarakat terus diawasi dan dikendalikan. Sehingga inflasi bisa tetap terjaga. (HSY)

(Dilihat: 61 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.