Selasa, 26 Oktober 2021

Sebanyak 7.575 RTS di Kota Cirebon Dapat Bantuan dari Pemda Kota Cirebon

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Talaga Langit Milik Ustad Ujang Busthomi Hadirkan Museum Dukun Santet

Cirebon,- Setelah sukses membuka wisata Bukit Cinta Anti Galau, kini Ustad Ujang Busthomi kembali membuka objek wisata Talaga Langit....

Yayasan Wani Amal Cirebon Gelar Khitan Massal

Cirebon,- Sebanyak 30 anak mengikuti Khitan Massal 2021 yang digelar oleh Yayasan Wani Amal (YWA) Cirebon, Selasa (19/10/2021). Kegiatan...

Obim Village & Cafe Resto Tawarkan Suasana Pedesaan di Bawah Kaki Gunung Ciremai

Kuningan,- Obim Village & Cafe Resto menghadirkan konsep yang berbeda dari yang lain. Dengan pedesaan, Obim Village ini menyuguhkan...

Wagub Jabar Resmikan Wisata Talaga Langit Anti Galau

Cirebon,- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Talaga Langit Wisata Anti Galau di Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu,...

Cirebon,- Sebanyak 7.575 rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Cirebon terdampak pandemi Covid-19 mendapatkan bantuan dari Pemerintah Derah (Pemda) Kota Cirebon.

Bantuan yang distribusikan oleh Pemda Kota Cirebon yakni cadangan pangan dan bantuan uang selama tiga bulan, mulai bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan sebanyak 7.575 RTS di Kota Cirebon mulai hari ini akan mendapatkan bantuan berupa uang dan bantuan beras.

Loading...

“Jadi hari ini ada dua yang didistribusikan, yaitu fresh money dan beras,” ujar Iing saat Lauching distribusi cadangan pangan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, di Gudang Bulog Larangan, Kelurahan Pegambiran, Kota Cirebon, Kamis (30/4/2020).

Lanjut Iing, untuk bantuan uang (fresh money) dikelola oleh DSPPPA Kota Cirebon. Dari total 7.575 RTS yang mendapat bantuan, 5.375 RTS diantaranya mendapatkan bantuan uang dan 2.200 RTS mendapat bantuan beras.

BACA YUK:  RAPBD Kota Cirebon Tahun 2022 Direncanakan Sebesar Rp 1,3 triliun

“Uang yang didapat senilai Rp 200 ribu. Ini akan diberikan selama 3 bulan, mulai April, Mei dan Juni,” ungkap Iing.

Sedangkan, 2.200 RTS di Kota Cirebon lainnya mendapatkan bantuan beras masing-masing seberat 15 kilogram perbulan selama tiga bulan.

Untuk data bantuan beras kepada 2.200 RTS tersebut dikelola oleh Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon.

“Jadi 2.200 RTS masing-masing akan mendapatkan beras seberat 15 kilogram selama tiga bulan, mulai April hingga Juni,” ujar Kepala DPPKP Kota Cirebon, Yati Rohyati.

Dalam pendistribusian beras, kata Yati, Pemda Kota Cirebon bekerja sama dengan Perum Bulog Cirebon dengan menyiapkan 99 ton beras untuk 3 bulan.

“Sedangkan untuk penyalurannya, baik bantuan uang maupun beras didistribusikan oleh PT Pos Indonesia Wilayah Cirebon,” kata Yati.

BACA YUK:  Bangun Bisnis Industri Rumahan, Pasangan Suami Istri Ini Raup Omset Ratusan Juta Rupiah

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cirebon, Drs. Sumanto menjelaskan jika bantuan tidak diberikan tumpang tindih.

“Jadi ada yang menerima beras, ada yang menerima uang. Ini berarti tidak ada satu rumah tangga sasaran yang menerima langsung kedua jenis bantuan tersebut,” ujar Sumanto.

“Kita berharap di lapangan juga tidak ada rangkap data,” tambahnya.

Untuk data penerima, menurut Sumanto berasal dari DSPPPA Kota Cirebon. Selanjutnya Sumanto berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk warga Kota Cirebon, khususnya mereka yang terdampak pandemi Covid -19.

“Semoga wabah ini juga bisa segera berlalu,” ungkap Sumanto.

Sedangkan Kepala Kantor Pos Wilayah Cirebon, Tarman menjelaskan bahwa kami sudah merancang pola pengiriman paket sembako dan uang.

“Pola distribusi sudah kami atur. Sehingga, kami berharap penyaluran bantuan tersebut tidak akan menimbulkan gejolak, karena sesungguhnya sumber bantuan itu banyak,” terangnya.

Tarman menambahkan bahwa, bentu bantuan ada yang berasal dari Pemprov Jabar yang DTKS, dari Pemda Kota Cirebon, dan dari anggaran desa.

Dalam waktu dekat ada juga dari Pemprov Jabar non DTKS serta bantuan dari Kemensos. Jadi masyarakat tidak perlu resah, kok saya ga dapat. Karena jenis distribusinya banyak,” tandasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

“Bosch Virtual Chef” Tekankan 3 Kiat Kunci bagi UMKM Kuliner Indonesia untuk Menangkan Bisnis Pascapandemi

Jakarta,- UMKM kuliner menjadi kelompok sektor usaha yang paling terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia. Survei “Dampak Pandemi COVID-19 terhadap...

Peringati Bulan Inklusi, OJK Cirebon Gelar Vaksinasi dan Pembukaan Rekening Simpanan Pelajar

Cirebon,- Memperingati Bulan Inklusi Keuangan 2021, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cirebon bersama Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat, Kantor OJK Tasikmalaya dan PT...

Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 Digelar di Gegesik Cirebon

Cirebon,- Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke- 41 di Desa Jagapura Wetan, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Senin (25/10/2021). Pandemi Covid-19...

Tingkatkan Kesadaran Hukum, Tim Unpad di Trusmi Manfaatkan QR Code sebagai Motif Batik

Cirebon,- Transformasi digital pada era industri 4.0 yang tengah terjadi membuat manusia harus melakukan adaptasi atau penyesuaian kehidupan dalam berbagai bidang dengan pemanfaatan Teknologi...

More Articles Like This