Sebagai Icon Baru, PT. KAI Daop 3 Cirebon Resmikan Monumen Mesin Mekanik VDM 800 GS, Ini Bentuknya

Cirebon,- Bertepatan Hari Pahlawan yang jatuh tanggal 10 November 2019, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Oprasional (Daop) 3 Cirebon resmikan monumen mesin perawatan jalan rel pertama yang ada di Indonesia.

Monumen yang menggunakan Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM (Vehicle Dumping Machine) 800 GS tersebut menghiasi halaman depan kantor PT. KAI Daop 3 Cirebon yang berada di Jalan Siliwangi Nomor 82, Kota Cirebon.

Monumen yang diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT. KAI (Persero) Edi Sukmoro, kini membuat pemadangan tak biasa dan menjadi berbeda di Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Edi menjelaskan VDM 800 GS merupakan mesin mekanik berat untuk perawatan jalan rel yang dilengkapi alat pemadat dan vibrator yang berfungsi untuk memadatkan balas atau batu kricak diantara bantalan jalur rel kereta api.

“Mesin ini pengadaanya pada tahun 1988, kita memiliki 9 mesik mekanik sebenarnya. Sampai hari ada satu di sini,” ujar Edi kepada awak media usai meresmikan monumen tersebut.

BACA YUK:  Cinofest, Ajang Apresiasi Anak Muda di Kabupaten Cirebon untuk Berinovasi

Lanjut Edi, monumen ini berharap menjadi simbol keselamatan dalam perjalanan kereta api selanjutnya.

“Penggunaan VDM 800 GS menjadi spesial, karena merupakan monumen mesin perawatan jalan rel pertama yang ada di Indonesia,” terangnya.

Pembangunan monumen ini dilatarbelakangi sebagai wujud apresiasi dan mengenang beroperasinya Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel tipe VDM 800 GS di wilayah kerja perkeretaapian Indonesia.

“VDM 800 GS merupakan mesin perawatan jalan rel buatan Austria dan pernah dioperasikan di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiiun, Divre I Sumatera Utara dan Divre III Palembang,” terang Edi.

Pada awal pembeliannya di tahun 1988, sebanyak 9 unit mesin VDM 800 GS didatangkan ke Indonesia. Hingga saat ini, hanya tersisa 1 mesin VDM 800 GS yang masih beroperasi di wilayah kerja PT KAI dan saat ini berada di Daop 7 Madiun.

BACA YUK:  Siap Merapat Seduh di Tempat, Asiknya Ngopi di Pinggir Jalan Bersama Kopi Vespa Cirebon

“Mesin Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS yang kini digunakan sebagai monumen, telah beroperasi kurang lebih selama 22 tahun,” beber Edi.

Tercatat pada tahun 2010 lalu, VDM 800 GS ini dinyatakan sudah tidak beroperasi dan mangkrak di emplasemen Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan. Melihat hal tersebut, Vice President PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi berinisiatif untuk menjadikannya monumen.

“Ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon di kota Cirebon yang lokasinya bersebelahan dengan Balaikota Cirebon. Keberadaan monumen ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran terkait perkeretaapian,” katanya.

Sementara itu, Vice President PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi melalu Manager Humas PT. KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif menambahkan Monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS juga sebagai simbol bahwa PT KAI Daop 3 Cirebon siap dengan prasarana jalan rel yang andal, untuk mensupport kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api.

BACA YUK:  Jadwal Bioskop Cirebon 6 Maret 2024, Film Terbaru Kung Fu Panda 4

“Untuk di wilayah Daop 3 Cirebon, tercatat sebanyak 192 KA melintas per harinya. Sehingga dengan berdirinya monument tersebut, diharapkan dapat menjadi penyemangat jajaran PT KAI Daop 3 Cirebon untuk selalu kuat, kokoh dan optimis untuk terus meningkatkan kehandalan dan kecepatan prasarana kereta api, serta terus berinovasi untuk kemajuan PT KAI,” ujarnya.

Acara peresmian monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro bertepatan dengan hari Pahlawan, tanggal 10 November 2019.

Dengan adanya monumen ini, diharapkan dapat menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Kota Cirebon sehingga semakin mencintai transportasi kereta api.

“Hadirnya monumen ini juga turut mempercantik dan menambah daya tarik pariwisata Kota Cirebon seiring dengan pembenahan dan penataan kota yang sedang berjalan,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *