Selasa, 25 Januari 2022

Sebagai Bentuk Sumbangsih Kemajuan Pendidikan, Bank Indonesia Cirebon Gelar BI Mengajar

Populer

Bakso Rusuk Joss Sajikan Menu Fenomenal dan Tempat yang Nyaman

Cirebon,- Kamu pecinta bakso? Jangan ngaku pecinta bakso kalau kamu belum coba bakso yang unik, viral dan fenomenal ini,...

Ramaikan Wisata Kuliner, Kedai 1818 Buka Cabang Baru di Sinapeul Majalengka

Cirebon,- Setelah sukses membuka cabang di berbagai daerah, Crab 1818 kini membuka kembali di Majalengka, Sabtu (22/1/2022). Lokasinya berada...

Deteksi Dini Semakin Krusial Cegah Progresivitas Glaukoma, Faktor Anatomis Turut Berpengaruh Memicu Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronis

Jakarta,– Nyaris tak memiliki gejala pada tahap awal, glaukoma berpotensi memberi impak yang lebih fatal: kebutaan permanen. Peningkatan tekanan...

Kerja Sama dengan Kodim 0620/Cirebon, Aston Cirebon Jalani Vaksin Booster COVID-19

Cirebon,- Aston Cirebon Hotel & Convention Center menggelar vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster untuk seluruh karyawan, Sabtu (22/1/2022)....

Mulai Tahun 2023 Tenaga Honorer Dihapus, ini Kata Sekda Kota Cirebon

Cirebon,- Pemerintah pusat melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menghapus tenaga honorer pada tahun 2023 mendatang....

Cirebon,- Sebagai bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan dunia pendidikan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan peringatan HUT Bank Indonesia ke-66 dan HUT Republik Indonesia ke-74, Bank Indonesia melaksanakan Program “BI Mengajar” yang dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia selama akhir Juli sedangkan awal Agustus 2019.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon sendiri, dengan wilayah kerja Ciayumajakuning tahun ini memilih SMA Negeri 1 Palimanan sebagai lokasi dilaksanakannya program “BI Mengajar” yang berlangsung di Lapangan Basket SMAN 1 Palimanan, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Fadhil Nugroho beserta jajaran pegawai KPw BI Cirebon. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Suhartono, S.Sos.

Loading...

Sesuai dengan tema “Peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Indonesia”, Kepala Perwakilan BI Cirebon Fadhil Nugroho menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.

BACA YUK:  Awali Tahun 2022 Klinik Jasa Prima Gelar Khitanan Massal

“Hal tersebut sejalan dengan sambutan Sekda Kabupaten Cirebon, yang menyebutkan bahwa pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon terus berupaya menggandeng instansi dan perusahaan untuk dapat terjun langsung memberikan edukasi kepada anak-anak muda sehingga dapat meningkatkan wawasan para millenial di Kabupaten Cirebon,” ujar Fadhil.

Dalam materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, siswa diajak mengenal Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia.

Siswa juga diberikan pemahaman mengenai tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang maupun jasa yang tercermin dari laju inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

BACA YUK:  AMITRA Hadirkan Produk Pembiayaan Logam Mulia, Beli Emas

“Banyak siswa yang antusias dalam kegiatan tersebut dan melontarkan berbagai pertanyaan yang kritis dan khas anak muda,” terangnya.

“Para siswa yang relatif melek teknologi juga diberikan pandangan baru tentang peran Bank Indonesia dalam menghadapi transformasi ekonomi digital,” imbuhnya.

Dalam paparannya, Fadhil menghimbau siswa SMAN 1 Palimanan untuk dapat berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi digital. Generasi muda seyogyanya tidak hanya puas dengan mengambil peranan sebagai pengguna produk digital, namun juga sebagai developer aplikasi digital.

“Dalam menggunakan teknologi, siswa juga diharapkan mampu lebih bijaksana, tidak mudah termakan hoax dan dapat menyalurkan edukasi positif penggunaan teknologi digital kepada lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi perihal Cara Memperlakukan Uang Rupiah dan Ciri Keaslian Uang Rupiah yang disampaikan oleh Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon.

Siswa dihimbau untuk dapat menjadi agen komunikasi muda khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon, yang mampu mengajak masyarakat mencintai uang rupiah dengan cara memperlakukan uang rupiah sesuai ketentuan yang dituangkan dalam UU Mata Uang.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon juga secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia kepada beberapa sekolah sebagai wujud dukungan Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan.

BACA YUK:  Masuk PPKM Level 1, Kabupaten Cirebon Targetkan 207.852 Vaksin Anak untuk Usia 6-11 Tahun

Sekolah yang mendapatkan bantuan yakni SMA Negeri 1 Palimanan berupa satu set proyektor, MTs Buninagara Malausma Majalengka berupa satu set proyektor, PAUD Cinta Bunda Desa Kalimati Kuningan berupa 3 buah Alat Permainan Edukatif Luar dan 1 set Alat Permainan Edukatif Dalam, dan Madrasah Nurul Huda Kuningan berupa Bantuan Pembangunan Musholla. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Mulai Besok Pagi, Tol Cisumdawu Seksi I Terapkan Tarif Gratis Selama Dua Minggu

Bandung,- Tol Cisumdawu dibuka mulai besok, Selasa (25/01/22) pukul 06.00 untuk seksi I sepanjang 11,45 kilometer yang menghubungkan antara...

Kolaborasi dengan Rumah Zakat, Kelurahan Kesenden Hadirkan Program Green House dan Baperkam Mart

Cirebon,- Kelurahan Kesenden dan Rumah Zakat Kota Cirebon meluncurkan dua program di RW 04, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Senin (24/1/2022). Dua program...

Peduli Banjir Waled, DPC PKB Kabupaten Cirebon Dirikan Posko

Cirebon,- Banjir yang menggenang di wilayah Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon beberapa hari lalu menyita banyak perhatian masyarakat, tak terkecuali dari elemen pengurus Partai Kebangkitan...

Jaga Mimpi Pebasket Putri, GoBasket dan GMC Nyalakan Lagi Api Kompetisi

Cirebon,- Harapan menghidupkan kembali kompetisi basket putri di Indonesia belum pupus. GoBasket.id dan Generasi Muda Cirebon (GMC) berkolaborasi agar asa itu tetap menyala. Berbekal semangat...

More Articles Like This