Sabtu, 8 Mei 2021

Sebagai Bentuk Sumbangsih Kemajuan Pendidikan, Bank Indonesia Cirebon Gelar BI Mengajar

Populer

Penyekatan Mulai 6-17 Mei, Ini Kata Kasatlantas Polres Cirebon Kota⁣⁣

⁣⁣Cirebon,- Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Cirebon Kota akan melakukan penyekatan larangan mudik. Penyekatan akan berlangsung mulai tanggal 6...

Pra Pengetatan Mudik, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik di Kedawung

Cirebon,- Pra mudik lebaran dari tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021, Satlantas Polres Cirebon Kota melakukan operasi penyekatan...

Selama Ramadan, Citradream Hotel Hadirkan Paket Buka Puasa Rp. 60 ribu Makan Sepuasnya⁣

Cirebon,- Selama bulan Ramadan, Citradream Hotel Cirebon yang berlokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon menghadirkan promo menarik....

Larangan Mudik Dimulai, Satlantas Polres Cirebon Kota Putar Balik Pemudik

Cirebon,- Satuan Lalulintas Polres Cirebon Kota mulai melakukan penyekatan kendaraan pemudik. Sebanyak kurang lebih 80 kendaraan pemudik diputarbalikan di...

Kepala Daerah di Ciayumajakuning Sepakati Fleksibilitas Perbatasan Selama Larangan Mudik

Cirebon,- Kebijakan larangan mudik yang saat ini tengah diterapkan, kini dibahas lima kepala daerah di Cirebon kota/kabupaten, Indramayu, Majalengka,...

Cirebon,- Sebagai bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan dunia pendidikan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan peringatan HUT Bank Indonesia ke-66 dan HUT Republik Indonesia ke-74, Bank Indonesia melaksanakan Program “BI Mengajar” yang dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia selama akhir Juli sedangkan awal Agustus 2019.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon sendiri, dengan wilayah kerja Ciayumajakuning tahun ini memilih SMA Negeri 1 Palimanan sebagai lokasi dilaksanakannya program “BI Mengajar” yang berlangsung di Lapangan Basket SMAN 1 Palimanan, Kamis (1/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Fadhil Nugroho beserta jajaran pegawai KPw BI Cirebon. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Suhartono, S.Sos.

Loading...
BACA YUK:  Cirebon Power Raih Penghargaan Teladan Pajak Tiga Tahun Berturut-turut

Sesuai dengan tema “Peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Indonesia”, Kepala Perwakilan BI Cirebon Fadhil Nugroho menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.

“Hal tersebut sejalan dengan sambutan Sekda Kabupaten Cirebon, yang menyebutkan bahwa pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon terus berupaya menggandeng instansi dan perusahaan untuk dapat terjun langsung memberikan edukasi kepada anak-anak muda sehingga dapat meningkatkan wawasan para millenial di Kabupaten Cirebon,” ujar Fadhil.

Dalam materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, siswa diajak mengenal Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia.

Siswa juga diberikan pemahaman mengenai tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang maupun jasa yang tercermin dari laju inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

“Banyak siswa yang antusias dalam kegiatan tersebut dan melontarkan berbagai pertanyaan yang kritis dan khas anak muda,” terangnya.

“Para siswa yang relatif melek teknologi juga diberikan pandangan baru tentang peran Bank Indonesia dalam menghadapi transformasi ekonomi digital,” imbuhnya.

Dalam paparannya, Fadhil menghimbau siswa SMAN 1 Palimanan untuk dapat berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi digital. Generasi muda seyogyanya tidak hanya puas dengan mengambil peranan sebagai pengguna produk digital, namun juga sebagai developer aplikasi digital.

“Dalam menggunakan teknologi, siswa juga diharapkan mampu lebih bijaksana, tidak mudah termakan hoax dan dapat menyalurkan edukasi positif penggunaan teknologi digital kepada lingkungan sekitarnya,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi perihal Cara Memperlakukan Uang Rupiah dan Ciri Keaslian Uang Rupiah yang disampaikan oleh Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon.

Siswa dihimbau untuk dapat menjadi agen komunikasi muda khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon, yang mampu mengajak masyarakat mencintai uang rupiah dengan cara memperlakukan uang rupiah sesuai ketentuan yang dituangkan dalam UU Mata Uang.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon juga secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia kepada beberapa sekolah sebagai wujud dukungan Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan.

Sekolah yang mendapatkan bantuan yakni SMA Negeri 1 Palimanan berupa satu set proyektor, MTs Buninagara Malausma Majalengka berupa satu set proyektor, PAUD Cinta Bunda Desa Kalimati Kuningan berupa 3 buah Alat Permainan Edukatif Luar dan 1 set Alat Permainan Edukatif Dalam, dan Madrasah Nurul Huda Kuningan berupa Bantuan Pembangunan Musholla. (AC212)

BACA YUK:  Rapat Koordinasi Larangan Mudik, Ini yang Disampaikan Kepala BNPB
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

The Cartel Katiasa Gym Kembali Salurkan Bantuan di Bulan Ramadan

Cirebon,- The Cartel, Komunitas Katiasa Gym Cirebon kembali menggelar bakti sosial (Baksos) di bulan Ramadan. Kali ini, anggota The...

Tenaga Ahli KSP RI: Situasi Mudik Tahun 2021 Berbeda Dengan Tahun Lalu

Cirebon,- Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kota Cirebon. Dalam kunjungan kali ini, KSP RI meninjau pelaksanaan penyekatan...

Yogya Grand Cirebon Tawarkan Banyak Fasilitas Menarik dan Bertabur Diskon

Cirebon,- Yogya Grand Cirebon terus berinovasi memberikan pelayanan dan fasilitas terbaiknya untuk para pelanggan. Terlebih, selama ramadan ini pihaknya menawarkan diskon gede-gedean hingga 50%. Seperti...

Tularkan Semangat Positif dalam Peringatan International Midwife Day⁣ ⁣

Cirebon,- International Midwife Day (IMD) yang diperingati setiap 5 Mei ini menjadi momentum yang bermakna bagi seluruh bidan di dunia. Peringatan ini secara formal...

More Articles Like This