Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota Tanamkan Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

0
20
Anak-anak belajar lalu lintas. (Foto: Instagram @tmc_cirebonkota)

Cirebon,- Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas (Dikyasa) Polres Cirebon Kota menghadirkan program menanamkan tertib berlalu lintas sejak usia dini agar anak-anak taat dan beretika dalam berlalu lintas.

“Kegitan tersebut juga untuk menghimbau kepada orang tua, tidak membiarkan anaknya menggunakan sepeda motor saat ke sekolah,” ujar, Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP Rezkhy Satya Dewanto, Kamis (22/2/2018).

Kata dia, pendidikan yang kita lakukan kepada anak-anak TK yaitu mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, aturan lalu linta, bagaimana beretika berkendara yang baik, dan bagaimana cara menyeberang di zebra cross yang benar.

Aston Hotel

“Tak hanya itu, kami juga memberikan game-game tersendiri kepada anak-anak yang dikemas unik dalam bentuk kuis tentang berlalu lintas. Jadi gamenya pertanyaanya tentang lalu lintas,” bebernya.

Pihaknya pun menghimbau, kepada guru-gurunya dan para orang tua, agar tertib berlalu lintas, karena anak-anak sudah diberikan tentang tertib lalu lintas.

Menurutnya, pernah ada kejadian, saat orang tua mengantar anaknya ke sekolah, karena rumahnya dekat, malah orang tuanya tidak pakai helm, sedangkan anaknya mau berangkat menggunakan helm.

“Dari kejadian itu, anaknya malah menegur orang tuanya, karena sejak dini anak tersebut sudah dibekali pengetahuan berlalu lintas,” jelasnya.

Lanjut dia, pihaknya juga sedang gencar-gencarnya menanamkan tertib berlalu lintas kepada anak-anak TK. Selain melakukan kunjungan keluar ke TK-TK yang didatangi, anak TK pun diundang untuk datang ke polres.

“Hal tersebut bertujuan agar mereka tidak takut dengan polisi, biasanyakan penanamnya untuk menakuti-nakuti,” ungkapnya.

Dengan kegiatan tersebut, kata dia, biar bisa lebih dekat lagi dengan polisi, dan dapat mengenali tugas-tugas polisi, cara pembuatan SIM, dan apa saja yang ditangani oleh pihak kepolisian.

“Jadi polisi lebih humanis kepada anak-anak,” pungkasnya. (AC212)

Bagikan:
Signup for the newsletter