Kamis, 28 Oktober 2021

Satreskrim Polres Cirebon Kota Ringkus Pelaku Modus Ganjal ATM

Populer

Nasabah BRI Cirebon Kartini Dapat Hadiah Mobil dari Panen Hadiah Simpedes

Cirebon,- Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cirebon Kartini menggelar undian Panen Hadiah Simpedea (PHS) periode pertama tahun 2021....

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Delapan Pelaku Penganiayaan

Cirebon,- Jajaran Satreskrim Polresta Cirebon mengamankan delapan pelaku penganiayaan. Peristiwa tersebut mengakibatkan seorang korban meninggal dunia dan dua korban...

Kecintaan Hariyani Prasetyaningtyas terhadap Dunia Perpustakaan Membuahkan Banyak Prestasi

Cirebon,- Kecintaan di bidang perpustakaan, dirasakan oleh Hariyani Prasetyaningtyas. Seorang librarian yang bekerja di BPK Penabur Cirebon sejak tahun...

BI Fast Payment Siap Diluncurkan, Biaya Transfer Antarbank Hanya Rp 2.500

Jakarta,- Pakai BI Fast Payment, transaksi antarbank untuk Rp 250 juta hanya dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. Implementasi...

Inilah Tradisi Muludan Tiap Tahun Masyarakat Argasunya Kota Cirebon

Cirebon, — Ribuan santri dan warga ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Piderma, Sumur Loa, Kelurahan...

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Cirebon Kota berhasil meringkus empat pelaku sindikat ganjal ATM. Empat pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama.

Dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku mengaku telah melakukan aksinya di 18 lokasi berbeda di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua unit mobil, handphone, belasan kartu ATM, dan tusuk gigi.

Empat pelaku yang berhasil diringkus Satreskrim Polres Cirebon Kota yakni M, P, J, dan I. Mereka ditangkap di dua lokasi di Bogor dan Lampung.

Loading...

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar mengatakan Satreskrim Polres Cirebon Kota berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan, dengan modus operandi ganjal ATM.

BACA YUK:  Lancome Tunjuk Raisa Andriana sebagai Official Brand Partner Pertamanya di Indonesia

“Pelaku merupakan sindikat yang telah melakukan beberapa kali dengan modus ganjal ATM. Dari hasil pengakuannya sudah melakukan sebanyak 18 kali,” ujar Fahri saat press rilis di Mapolres Cirebon Kota, Sabtu (18/9/2021).

Fahri menjelaskan pelaku melakukan aksinya di Kota Cirebon sebanyak 10 kali, wilayah Kabupaten Cirebon 5 kali, dan 3 kali di Indramayu. Pelaku berhasil di tangkap pada hari Selasa (14/9) di tempat persembunyiannya.

“Pelaku pertama diamankan di daerah Bogor dari inisial J. Setelah dikembangkan ke beberapa pelaku diamankan tiga orang yang berada di Lampung,” bebernya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Fahri, pelaku merupakan sindikat ganjal ATM yang berjumlah lima orang. Namun, satu orang masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena melarikan diri.

Menurut Fahri, para pelaku ini memiliki tugas masing-masing. Pelaku M bertugas melakukan rekayasa mesin ATM dengan menaruh tusuk gigi di mesin ATM.

Setelah itu, pelaku Y bertugas mengintip nomor pin korban dan mencatat di handphone. Setelah merekayasa ATM, pelaku M berpindah mesin ATM.

BACA YUK:  Yayasan Wani Amal Cirebon Gelar Khitan Massal

“Ketika ada korban yang sulit memasukan kartu ATM, pelaku M ini berpura-pura membantu korban. Dengan cepat, pelaku M menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM yang sudah disiapkan sesuai kartu ATM yang dimiliki korban,” jelasnya.

“Kemudian pelaku Y bertugas mengawasi kondisi sekitar gerai ATM dan juga J menunggu pelaku lain di dalam mobil,” sambungnya.

Korban di Kota Cirebon yang sudah melaporkan kepada pihak Polres Cirebon Kota ada dua orang. Korban mengalami kerugian sebesar Rp. 14 juta dan juga Rp. 3 juta sekian.

“Kepada tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 7 tahun penjara,” pungkasnya. (AC212)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lantik Tujuh Kepala Sekolah, Walikota Cirebon Pesan Lakukan Manajemen Pendidikan

Cirebon,- Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis melantik tujuh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cirebon....

Peringati Maulid Nabi, Masjid Al-Maksudhi Hadirkan Gus Miftah

Cirebon,- Masjid Al-Maksudhi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Desa Kedungjaya, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon menggelar pengajian, Selasa (26/10/2021) malam. Kegiatan ini berkolaborasi...

DPW Partai Nasdem Jabar Calonkan Eti Herawati sebagai Wali Kota Cirebon 2024

Cirebon,- DPW Partai Nasdem Jawa Barat menargetkan meraih dua kursi DPR RI, dua kursi DPR Provinsi, tujuh kursi DPRD Kota Cirebon pada pemilu 2024....

Kawasan Industri di Kota Cirebon Hanya 49,09 Hektar, Perlu Rencana Induk Pembangunan Industri Kota

Cirebon,- Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon menggelar Forum Group Discussion (FGD) terkait rencana pembangunan industri di Kota Cirebon....

More Articles Like This