Satreskrim Polres Cirebon Kota Ringkus Pelaku Modus Ganjal ATM

Cirebon,- Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Cirebon Kota berhasil meringkus empat pelaku sindikat ganjal ATM. Empat pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama.

Dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku mengaku telah melakukan aksinya di 18 lokasi berbeda di Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, serta Indramayu. Petugas juga mengamankan barang bukti berupa dua unit mobil, handphone, belasan kartu ATM, dan tusuk gigi.

Empat pelaku yang berhasil diringkus Satreskrim Polres Cirebon Kota yakni M, P, J, dan I. Mereka ditangkap di dua lokasi di Bogor dan Lampung.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Fahri Siregar mengatakan Satreskrim Polres Cirebon Kota berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan, dengan modus operandi ganjal ATM.

BACA YUK:  Komisi I DPRD Kota Cirebon Tinjau Pemanfaatan BRT Trans Cirebon, ini Hasilnya

“Pelaku merupakan sindikat yang telah melakukan beberapa kali dengan modus ganjal ATM. Dari hasil pengakuannya sudah melakukan sebanyak 18 kali,” ujar Fahri saat press rilis di Mapolres Cirebon Kota, Sabtu (18/9/2021).

Fahri menjelaskan pelaku melakukan aksinya di Kota Cirebon sebanyak 10 kali, wilayah Kabupaten Cirebon 5 kali, dan 3 kali di Indramayu. Pelaku berhasil di tangkap pada hari Selasa (14/9) di tempat persembunyiannya.

“Pelaku pertama diamankan di daerah Bogor dari inisial J. Setelah dikembangkan ke beberapa pelaku diamankan tiga orang yang berada di Lampung,” bebernya.

BACA YUK:  Peringati Hari Kemerdekaan, TNI - Polri Bagikan 1.000 Paket Sembako

Dari hasil pemeriksaan, kata Fahri, pelaku merupakan sindikat ganjal ATM yang berjumlah lima orang. Namun, satu orang masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena melarikan diri.

Menurut Fahri, para pelaku ini memiliki tugas masing-masing. Pelaku M bertugas melakukan rekayasa mesin ATM dengan menaruh tusuk gigi di mesin ATM.

Setelah itu, pelaku Y bertugas mengintip nomor pin korban dan mencatat di handphone. Setelah merekayasa ATM, pelaku M berpindah mesin ATM.

“Ketika ada korban yang sulit memasukan kartu ATM, pelaku M ini berpura-pura membantu korban. Dengan cepat, pelaku M menukar kartu ATM korban dengan kartu ATM yang sudah disiapkan sesuai kartu ATM yang dimiliki korban,” jelasnya.

BACA YUK:  Cegah Penyebaran PMK, Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Aman Nusa

“Kemudian pelaku Y bertugas mengawasi kondisi sekitar gerai ATM dan juga J menunggu pelaku lain di dalam mobil,” sambungnya.

Korban di Kota Cirebon yang sudah melaporkan kepada pihak Polres Cirebon Kota ada dua orang. Korban mengalami kerugian sebesar Rp. 14 juta dan juga Rp. 3 juta sekian.

“Kepada tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 7 tahun penjara,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 9 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.