SatBrimob Polda Jabar Ingin Majukan Pendidikan di Tengah Pandemi

Cirebon,- Satuan Brimob Polda Jabar Batalyon C Pelopor memberikan fasilitas WiFi Gratis kepada pelajar dalam rangka mendukung pembelajaran daring (dalam jaringan) atau online di tengah pandemi.

Dengan Program BRAIN (Brimob Ramah Anak Indonesia) diselenggarakan serentak di empat wilayah, yakni Desa Wanasaba Kidul, Desa Kecomberan, Desa Winong Kecamatan Gempol dan Desa Wanakerta Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.

Program BRAIN hadir untuk mendukung pemerintah dalam memajukan pendidikan di tengah pandemi kepada siswa yang terdampak.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimobda Jabar, AKBP Muhammad Andri,S.Si menjelaskan tujuan hadirnya Program BRAIN ini memberikan bagi anak-anak untuk belajar secara daring dengan menyediakan fasilitas WiFi Gratis.

Melihat situasi pandemi saat ini, menurut Andri, banyak sekali dampaknya, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu dalam mengikuti pembelajaran daring.

BACA YUK:  Libur Lebaran Idulfitri 2022, Okupansi Hotel di Kota Cirebon Capai 90 Persen

“Tidak semuanya punya handphone dan tidak semuanya tidak menyediakan kuota. Oleh karena itu, pimpinan kami memberikan peluang kepada kita untuk ikut berpartisipasi menyediakan jaringan internet secara gratis,” ujarnya saat ditemui About Cirebon di Desa Wanasaba Kidul, Kabupaten Cirebon, Selasa (25/8/2020).

“Ini juga dalam rangka mendukung pemerintah, walaupun dalam situasi seperti ini tetap berupaya memajukan pendidikan untuk anak,” tambahnya.

Pantauan About Cirebon, kegiatan BRAIN yang diselenggarakan di halaman Masjid Pubaka Gerilya, Desa Wanasaba Kidul, Kabupaten Cirebon dilaksanakan dengan protokol kesehatan

Anak-anak yang mengikuti program tersebut diwajibkan mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, dan pembatasan siswa.

BACA YUK:  IPPAT, INI dan Pemda Kota Cirebon Serahkan 400 Paket Sembako Untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Menurut Andri, program BRAIN diselenggarakan serentak di 4 titik dan setiap kompi memiliki binaan desa masing-masing. Setiap desa diberikan fasilitas yang sama yaitu jaringan internet gratis.

Dalam pelaksanaanya, petugas dari SatBrimob Polda Jawa Barat datang ke tempat yang sudah ditentukan kemudian menyediakan fasilitas protokol kesehatan termasuk memberikan jaringan WiFi gratis.

“Satu hal lagi yang menarik, bahwa kita pun akhirnya bisa berperan menjadi guru juga dalam program ini,” ungkapnya.

Andri berharap, pandemi bisa cepat berakhir, sehingga proses belajar mengajar bisa dengan baik, lancar dan tidak terganggu.

BACA YUK:  Sambungkan Senyum, Telkomsel Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat yang Membutuhkan

Sementara itu, Kepala SDN 1 Wanasaba Kidul, Juanda mengucapkan terima kasih kepada SatBrimob Polda Jabar yang telah membantu memberikan fasilitas WiFi Gratis kepada murid-murid.

“Kami sangat terbantu sekali dengan adanya fasilitas WiFi gratis ini, terutama bagi masyarakat yang tidak mampu. Dan anak-anak bisa menggunakan fasilitas WiFi ini belajar secara daring,” ujarnya.

Menurut Juanda, dalam pembelajaran daring, siswa yang tidak mampu kira-kira sekitar 25 persen dari jumlah murid 142 siswa.

“Kurang lebih ada 25 persen siswa yang tidak mampu dalam pembelajaran online dari 142 siswa. Sehingga dengan adanya bantuan WiFi gratis dari Brimob bisa sangat membantu,” pungkasnya. (AC212)

(Dilihat: 4 pengunjung)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.