Sasar Milenial, Bank Indonesia Cirebon Sosialisasi dan Edukasi Penggunaan QRIS

Cirebon,- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon kembali melakukan sosialisasi dan edukasi terkait penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS).
Kali ini, KPw BI Cirebon melakukan sosialisasi kepada pelajar SMAK BPK Penabur Cirebon sekaligus peresmian BI Corner, Senin (9/3/2020).
Kepala KPw BI Cirebon, Bakti Aranta mengatakan penggunaan QRIS ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dan juga merchant-merchant dalam pembayaran, serta bisa digunakan oleh semua pihak.
“QRIS ini bisa digunakan semua pihak, mulai dari kalangan pelajar, kalangan pedagang, kalangan agama, hingga pemerintah daerah,” ujar Bakti kepada About Cirebon di sela-sela kegiatan.
Lanjut Bakti, hari ini Bank Indonesia hadir di SMAK BPK Penabur untuk menggarap anak-anak milenial, agar mereka tahu penggunaan QRIS.
“Seperti kita tahu, bahwa saat ini anak-anak milenial semua sudah memegang handphone dan mengenal sistem pembayaran seperti Ovo, Gopay, Dana, dan lainnya. Sehingga dengan ini mereka akan tahu bahwa tidak perlu menggunakan semuanya, karena dengan QRIS semua bisa dilakukan,” terangnya.
Kegiatan sosialisasi terkait QRIS ini, kata Bakti, akan dilakukan mulai dari sekolah, kampus, pedagang, dan juga pemerintahan, mulai dari tanggal 9 sampai 13 Maret 2020.
“Kegiatan sosialisasi dan edukasi ini akan berlangsung dari tanggal 9-13 Maret 2020. Kemudian puncaknya pada tanggal 14-15 Maret 2020 di Grage City Mall,” ungkapnya.
Menurut Bakti, penggunaan QRIS begitu sangat efektif yakni dengan satu barcode QRIS bisa digunakan oleh semua sistem pembayaran, karena sistem pembayaran ini sangatlah efesien dan efektif.
“Transaksi menggunakan QRIS ini benar-benar gampang, universal, untuk semua kalangan, dan langsung masuk ke rekening merchant,” tandasnya.
Sementara, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Eti Herawati mengatakan terobosan yang diambil oleh Bank Indonesia sejak tujuh bulan ini memberikan kemudahan untuk bertransaksi.
“Dengan menggunakan barcode QRIS bisa melakukan pembayaran hanya dengan satu aplikasi pembayaran saja. Jadi ini sebuah terobosan dan tinggal menyosialisasikan untuk mempermudah,” ujarnya.
Menurut Eti, pembayaran menggunakan sistem aplikasi digital QRIS ini sangat menguntungkan dari segi keamanan dan juga efesiensi.
“Kedepan bisa saja Bank Indonesia menyosialisasikan kepada PNS kita. Dan tentu kemajuan teknologi ini kita tidak bisa lepas, karena kemajuan teknologi begitu cepat,” pungkasnya. (AC212)